Home » , » Ciri Akurat Cucak Jenggot Jantan Dengan Betina

Ciri Akurat Cucak Jenggot Jantan Dengan Betina

Sekilas burung cucak jenggot terlihat menyerupai burung yang tidak berkualitas.itu di pengaruhi oleh warna pada tubuhnya yang biasa-biasa saja atau tanpa ada adonan warna yang mencolok.namun tidak untuk akan kualitas suaranya,dimana dari sekian banyak para kicau mania sudah tidak merasa absurd lagi akan kualitas suaranya yang tajam dan bisa memekakkan telinga.Burung cucak jenggot biasa di jadikan burung master yang handal dan juga kerap di jadikan gacoan untuk di bawa ke arena perlombaan.
meskipun belakangan ini kelas untuk burung cucak jenggot masih belum tenar menyerupai dulu,namun burung cucak jenggot tetap menjadi burung incaran para penghobi.semua itu tidak lepas akan bunyi kicauannya yang sangat bermanfaat untuk isian burung lomba atau peliharaan lainnya.

Kebanyakan dari semua jenis burung berkicau yang biasa di bawa pada arena lomba ialah burung yang berkelamin jantan.namun berbeda dengan burung cucak jenggot,dimana yang menjadi andalan yaitu burung yang berkelamin betina.sebenarnya bukan burung cucak jenggot saja yang meniliki perkara demikian,melainkan masih banyak lagi burung yang kualitasnya lebih unggul si betina.namun hal tersebut tidak semua para kicau mania meyakininya,begitupun juga dengan saya pribadi.karna banyak juga dari para kicau mania yang lebih menyukai burung cucak jenggot yang berkelamin jantan untuk di bawa pada arena lomba dan di jadikan burung masteran.perlu kalian ketahui dari dua jenis kelamin burung cucak jenggot niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing serta mempunyai daya tarik tersendiri.selama ini burung cucak jenggot betina memang di yakini lebih aktif berkicau dengan nada monoton yang khas serta besetan yang tajam.sedangkan cucak jenggot jantan bunyi kicauannya cenderung berfariasi,kurang aktif dan besetannya tidak sekasar betina.pada arena lomba memang kerap di temukan bukti bahwa cucak jenggot yang berkelamin betina sering unggul di banding jantan,dan si betina kerap mendapat gelar juara.namun burung cucak jenggot jantan bukan tidak pernah demikian,melainkan ada juga yang mendapat gelar juara meskipun bisa di bilang minim.kalau saja di simpulkan antara kualitas kedua jenis kelamin tersebut 30% lebih unggul si betina.

(Burung Cucak Jenggot)
Jika kalian mempunyai burung cucak jenggot yang kasatmata berkelamin betina maka jangan terlalu antusias akan bisa membanggakan di lapangan terlebih dahulu,semuanya tetap memerlukan proses dan perawatan yang baik serta mental dari burungnya itu sendiri.jadi yang mempunyai cucak jenggot berkelamin jantan jangan berkecil hati,karna juga bisa mempunyai peluang besar burungnya akan tampil prima jikalau di terapkan pola perawatan yang sempurna dan benar.jika di lihat dari segi postur,cucak jenggot jantan lebih unggul,dimana burung cucak jenggot jantan postur lebih besar,panjang dan lebih terkesan gagah.
hal semacam ini bahwasanya sudah banyak bermunculan bukti,sementara kita bisa ambil tumpuan melalui burung lovebird,burung paruh begkok ini cerita kualitasnya sama persis menyerupai burung cucak jenggot,dimana burung lovebird betina kualitas kicauannya lebih unggul dari lovebird jantan.namun menyerupai yang kalian ketahui jikalau akhir-akhir ini lovebird yang berkelamin jantan kerap menjuarai lomba di aneka macam ivent nasional,salah satu tumpuan lovebird yang berjulukan jalal milik om ade sulistio.
Jika kalian ingin mengenal lebih dalam ciri-ciri antara cucak jenggot jantan dengan betina,mungkin maksut dan tujuan kalian sebagai komplemen pelajaran untuk penangkaran serta untuk di rawat dan kelak akan di bawa pada arena lomba,maka bisa kalian pahami uraian kalimat di bawah ini.

*CIRI BURUNG CUCAK JENGGOT JANTAN*

•Memiliki ukuran badan yang cenderung lebih besar dari cucak jenggot betina,serta lebih terlihat proposional dari kepala hingga ekor.
•Posisi ketika bertengger lebih tegap kisaran 80 derajat.
•Lebih aktif atau sering melaksanakan gerakan.
•Burung cucak jenggot jantan mempunyai ciri khas bunyi kicauan yang berfariasi dan cenderung banyak jeda.
•Warna bulu pada dada hingga ke perut sanggup dilihat adanya dominasi warna kuning yang tampak begitu jelas.dan ini juga terdapat pada burung cucak jenggot berkelamin betina,namun hanya tampak semu.
•Warna bulu pada punggung dan sayap tampak lebih gelap yaitu hijau tua.
•Apabila sedang di adu,biasanya burung cucak jenggot jantan kelakuannya over aktif dengan gerakan,sehingga mengabaikan untuk berkicau.
•Burung Cucak Jenggot jantan terdapat bulu berupa jenggot yang tumbuh lebat sempurna di bawah dagunya serta jambul di atas kepalanya.si betinapun juga demikian,namun tidak selebat dan setebal bulu jenggot dan jambul burung cucak jenggot jantan.
•Birahi cucak jenggot jantan sulit di kontrol dan cenderung beringas tanpa ada proses perkawinan dengan betinanya.
•Tumbuh bulu halus yang panjang antara 3 hingga 5 helai pada belakang kepala.

*CIRI BURUNG CUCAK JENGGOT BETINA*

•Burung Cucak Jenggot berkelamin betina mempunyai ukuran badan yang cenderung lebih kecil dan agak lingkaran dibanding yang berkelamin jantan.
•Bulu jenggot pada dagu dan jambul di kepala tidak terlalu lebat dan tebal.
•Warna bulu pada kepingan dada hingga perut lebih banyak didominasi higienis berwarna putih sehingga terkesan lebih anggun.
•Warna hijau pada punggung dan sayap lebih terkesan muda.
•Postur badan agak membungkuk ketika bertengger.
•Kesehariannya lebih aktif berkicau dari pada gerakan.
•Saat di gandeng dengan yang jantan, maka burung Cucak Jenggot betina akan nglepper dan mengepakkan sayapnya jikalau birahi.
•Bila sudah cukup umur burung Cucak Jenggot betina akan bertelur meskipun tanpa ada proses perkawinan dengan cucak jenggot jantan.tentunya jikalau didukung dengan masakan extra fooding yang baik.
•Di lihat dari segi suaranya,burung cucak jenggot betina berkicau dengan nada monoton yaitu besetan tajam dengan durasi yang lebih panjang dari pejantan.

Demikianlah artikel dari saya yang membahas mengenai ciri-ciri burung cucak jenggot jantan dengan betina.
Perlu kalian ketahui ciri menurut cara di atas memerlukan kejelian mata dan keakuratan fikiran.semuanya belum tentu bisa menjamin 100% kebenarannya,karna ciri menurut warna bulu bisa di sebabkan masakan sehari-hari yang biasa di konsumsi.ciri postur dan bulu tergantung kesehatan dan juga di pengaruhi ketika burung dalam proses mabung serta tumbuh bulu baru.jadi pada dasarnya sebelum kalian menerawang alangkah baiknya kalian pantau atau kenali dulu kesehatan dan kebiasaan burung terlebih dahulu.
Baiklah itu saja dan jangan lupa bantu share kepada yang lain.

Terima kasih dan supaya bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive