Home » , » Fakta Dan Opini Dibalik Kualitas Burung Cendet Madura

Fakta Dan Opini Dibalik Kualitas Burung Cendet Madura

Burung cendet dari dulu hingga kini peminatnya kian meningkat,ini bisa di buktikan dalam arena perlombaan yang selalu ada kelas dan gantangan yang kian ramai peserta.Burung cendet merupakan burung fighter yang paling pandai menirukan bunyi burung lain,bahkan bunyi yang di hasilkan oleh benda matipun bisa ditiru juga.Selain gampang di master,burung cendet tidak terlalu sulit dalam teladan perawatan dan juga gampang menyesuaikan diri sehingga bisa bertahan hidup usang jikalau kita rawat dengan baik.
Penilaian juri akan burung cendet pada arena lomba yang di nilai ialah gaya faighter yang nagen/ngotot,suara isian berspeed rapat dan bervariasi.

Burung cendet juga mempunyai nama lain, menyerupai bentet, pentet,toet dan nama latin lanius vittatus.Burung ini merupakan burung petengger dan pemangsa yang agresif.paruh tajam dan kokoh serta cengkraman yang berpengaruh di manfaatkan untuk menangkap mangsa. Gaya menangkap mangsa pada burung cendet bisa dibilang menyerupai mirip gaya pada burung elang.
Burung cendet yang berasal dari Famili Laniidae meliputi 74 spesies yang dibagi dalam 4 subfamili. Cendet yang umum termasuk dalam subfamili Laniidae dan Genus Lanius.Jenis cendet sendiri majemuk yang tersebar di beberapa wilayah di dunia. Salah satunya yaitu cendet abu-abu besar (Lanius excubitor).Spesies ini mempunyai ukuran badan terbesar dengan panjang hingga 25 cm. Cendet ini berkembang biak di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.
Burung cendet dari dulu hingga kini peminatnya kian meningkat FAKTA DAN OPINI DIBALIK KUALITAS BURUNG CENDET MADURA

Perlu kalian ketahui bahwa setiap jenis burung berkicau pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,seperti halnya pada burung cendet.Burung cendet yang banyak dibawa ke dalam arena kontes/lomba dan banyak di pelihara oleh semua kalangan pecinta burung berkicau di indonesia ialah cendet lokal jawa.Namun cendet lokal jawa juga terdapat beberapa jenis berbeda yaitu cendet blangkon,bando,sembur,dan cendet bambu/hijau.dari beberapa jenis burung cendet lokal jawa tersebut bekerjsama mempunyai ciri fisik yang tidak jauh berbeda,hanya saja ada sedikit perbedaan pada warna badan dan warna hitam pada kepalanya.

Burung cendet yang marak jadi incaran ialah burung cendet lokal jawa yang berasal dari madura.Burung cendet lokal madura di kenal mempunyai mental yang kuat,power pada bunyi yang lantang,pandai merekam bunyi burung lain,bentuk badan yang panjang dan ramping,sehingga tidak heran jikalau burung cendet madura semakin hari harganya kian naik dan sulit kita temukan di pasaran.Harga anakan burung cendet madura jaminan jantan berkisar 300.000-500.000 rupiah,sedangkan untuk anakan yang di jual secara acak berkisar 150.000-300.000 rupiah dan lain lagi jikalau cendet madura tersebut sudah memilki banyak piagam penghargaan (tiap kawasan harga berbeda).Akibat perkara ini banyak atau ketap kita temukan para pedagang bandel yang mencoba bahkan sengaja mengelabuhi para kicau mania khususnya para pemula mengenai burung cendet madura.hal ini di sebabkan karna burung cendet madura mempunyai kualitas yang lebih baik serta populasi pada kawasan madura itu sendiri yang semakin langka.

Sebenarnya saya pribadi kurang oke akan pendapat pada kualitas tersebut,karna pada arena lomba burung cendet yang berasal dari madura belum tentu juara. Mental dan bunyi pada burung jenis apapun bisa kita poles oleh perawatan dan pemasteran yang benar dan konsisten. Banyak yang menyampaikan kalau warna hitam pada kepala burung cendet madura mayoritas full hitam atau dengan istilah blangkon,hal tersebut sangat tidak benar,masalahnya burung cendet yang terdapat pada kawasan madura bekerjsama sama persis menyerupai burung cendet pada kawasan lainnya,misalkan cendet ikat rambut dan sembur sama-sama ada pada kawasan madura.jadi dalam hal ini kalian jangan terlalu yakin dan eksklusif membawa pulang apabila membeli burung cendet pada pedagang yang bilang kalau burung cendet tersebut berasal dari madura asli,perlu kalian tinjau lebih dalam lagi.Burung cendet madura tidak bisa kita tentukan melalui warna pada bulunya saja,kecuali kalian mendapat burung cendet eksklusif dari kawasan madura itu sendiri.

Cendet madura merajai dunia perburungan khususnya untuk bulat burung cendet.hal tersebut karna adanya perbincangan dan adanya salah satu cendet madura yang memang benar-benar berkualitas dan tanpa disadari beritanya menyebar luas kepada masyarakat,hingga balasannya burung cendet madura di kenal dengan burung cendet yang paling baik dan berkualitas.perlu saya ingatkan kembali bahwa hal tersebut tidak bisa kita jadikan patokan.
Menyimpulkan makna dari kalimat di atas ialah kita tidak perlu tertuju pada cendet madura jikalau ingin merawat burung cendet sebagai burung gacoan,burung cendet yang berasal dari kawasan mana saja tetap mempunyai peluang kualitas yang besar dan baik,dengan kata kunci jikalau kita rawat dengan benar dan di imbangi dengan pemasteran yang rutin.

Kepandaian burung cendet madura merekam bunyi burung lain juga dimiliki burung cendet jenis lainnya,karena intinya burung cendet memang dikenal dan termasuk burung cerdas yang bisa menirukan bunyi burung lain.kualitas dan pemilihan isian bunyi untuk master cendet tetap menjadi faktor yang paling penting.meskipun burung cendet kalian berasal dari kawasan madura orisinil jikalau isian ocehannya biasa-biasa saja tidak bisa dipungkiri akan tersingkir oleh cendet murahan yang mempunyai bunyi isian yang berkualitas.Jadi kunci sukses untuk mengakibatkan burung cendet berkualitas ialah pemilihan bunyi masteran yang tepat.
Suara masteran cendet yang dari dulu hingga kini tetap di lirik para juri ialah bunyi burung gereja tarung,cililin dan lovebird.Perdengarkan ketiga bunyi burung tersebut hingga pada balasannya bisa di bawakan dengan faseh,niscaya burung cendet jenis apapun akan mempunyai kualitas dan harga jual yang tinggi.

KESIMPULAN : .......

FAKTA :
*Burung cendet madura dikenal burung jendet yang paling berkualitas dari burung cendet lainnya.
*Burung cendet madura mempunyai harga yang paling mahal dari harga burung cendet lainnya.
*Kerap menjadi incaran.
*Sulit kita jumapai di pasaran.

OPINI :
*Mengenai kualitas yang paling baik.
*pandai menirukan bunyi burung lain.
*Kerap menjadi juara dalam arena perlombaan.
*Penampilan yang sedap dipandang mata.

Sekian dan jangan lupa bantu share kepada yang lain.
Terima kasih dan biar bermanfaat.



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive