Home » , » Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau


Daun sirih yaitu tanaman orisinil indonesia,yang mulai turun temurun biasa di manfaatkan oleh banyak orang sebagai obat antiseptik tradisioanal untuk menyembuhkan segala macam penyakit.
Manfaat daun sirih bukan hanya untuk manusia,melainkan dapat juga kita manfaatkan kepada burung peliharaan.
Seperti yang kita ketahui penyakit pada burung banyak di sebabkan oleh virus,bakteri dan jamur.ke tiga hama tersebut niscaya ada di sekitar kandang bila kita jarang menjaga contoh kebersihan kandang pada burung tersebut.
Namun timbulnya ke tiga hama tersebut bukan hanya di karnakan kita malas membersihkan kandang saja,melainkan ada juga pemicu lain semisal saling tukar kerodong,penukaran sangkar,saling tukar tempat pakan dan akhir penyebaran lewat udara.karna intinya ke tiga hama tetsebut gampang menular dan berkembang.

Penyakit pada burung yang kerap di alami akhir hama di atas ialah kutuan,kaki bubulan dan bunyi serak.
Ketiga penyakit tersebut bila dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak jelek bagi burung kita ke depannya.

Burung yang terkena kutu biasanya malas mau berkicau,kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga mengakibatkan bulu rusak dan rontok bukan pada waktunya.burung yang terserang kutu juga merusak penampilannya,sehingga tidak sedap di pandang mata.

Kaki bubulan pada burung memicu burung sulit untuk bertengger dan selalu berada di bantalan sangkar.jika di biarkan berangsur usang akan mengakibatkan kelumpuhan dan berujung pada kematian.

Sedangkan bunyi serak pada burung akhir basil dan jamur yang menyerang pada tenggorokan.rasa sakit ketika burung berkicau akan menciptakan burung tersebut diam permanen apabila tanpa ada penanganan yang cepat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyebarkan tips kesehatan bagi burung berkicau dengan materi utama daun sirih.
Sebelum kalian menerapkan alangkah baiknya kalian baca dengan teliti terlebih dahulu langkah-langkah yang akan saya sampaikan berikut ini:

PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah bau tanah dengan ciri-ciri warna hijau kecoklatan,kemudian kalian basuh hingga bersih.
Rebus 3 lembar daun sirih tersebut ke dalam panci atau wadah merebus air lainnya dengan 3 gelas air bersih.
Lamanya merebus usahakan hingga 5 menit selama air mendidih.setelah simpulan diamkan dulu air rebusan sirih hingga tersa dingin.
Tuangkan air rebusan sirih ke dalam sepray atau semprotan buat memandikan burung.
Mandikan burung dengan air sirih tersebut dua kali dalam sehari (pagi dan sore).
Jika burung sudah lembap kuyub namun air rebusan masih ada,kalian semprotkan pada kawasan kandang semisal jeruji,tangkringan dan bantalan kandang biar basil yang menempel pada kandang juga dapat terbunuh.
Kalian tidak perlu kuatir bila air rebusan daun sirih terkena mata dan tertelan oleh burung,karna daun sirih banyak mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan dan juga tidak beracun bagi burung.
Lakukan dengan rutin cara di atas biar burung kalian terhindar dari kutu dan menciptakan bulu burung tumbuh dengan elok kembali.
Jika kalian menggunakan keramba untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih untuk gabungan air di seimbangkan.misalkan kalian mau mengisi air pada pada keramba sebayak 10 gelas, maka daun sirih untuk gabungan sebanyak 10 lembar.

PENYEMBUHAN KAKI BURUNG BUBULAN

Siapkan 6 lembar daun sirih dan basuh hingga bersih biar lebih higienis.
Rebus ke 6 lembar daun sirih tersebut ke dalam 1 (satu) gelas air.
Lamanya perebusan di usahakan air dalam panci yang semula satu gelas hingga tersisa setengah gelas.
Jika sudah simpulan tuang pada wadah yang sudah kalian siapkan.campurkan setengah sendok garam beryodium kemudian aduk hingga larut seutuhnya.diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sirih namun jangan hingga terasa dingin,melainkan hingga terasa hangat.
Cuci kaki burung sambil lakukan pemijatan lembut pada kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih selagi masih hangat.
Lakukan cara ini minimal satu kali dalam sehari hingga kaki burung benar-benar sembuh dari bubulan.
Dalam proses penyembuhan ini alangkah baiknya bila tangkringan dalam kandang kalian basuh bersih setiap hari dan diganti satu ahad sekali.
Kelembapan kandang juga harus di jaga,setiap hari kandang selalu di jemur pada terik matahari eksklusif biar tetap kering.

PENYEMBUHAN SUARA SERAK PADA BURUNG

Siapkan 4 lembar daun sirih,jahe sebesar ibu jari,1 lembar daun mengkudu yang masih muda,kemudian basuh terlebih dahulu ke tiga materi di atas.
Rebus 2 gelas air bersih dengan besar api sedang.setelah mendidih tuangkan ketiga materi di atas namun sebelum di tuang jahe di peyet terlebih dahulu.lamanya perebusan cukup 10 menit saja.jika sudah simpulan tuangkan pada wadah dan diamkan hingga dingin.
Cara pinjaman pada burung usahakan menggunakan inisiatif biar burung senantiasa meminumnya.
Misalnya: ketika burung lagi di jemur,satu jam sebelum burung mau di gantang dalam ruangan air minum dalam kandang kalian ambil terlebih dahulu.
Intinya buat burung merasa haus kemudian boleh kalian berikan air rebusan ramuan di atas.
Perlu di ingat untuk inisiatif ini perlu kalian pantau biar burung tidak merasa kekurangan cairan tubuh hiperbola yang akan berakibat fatal.

Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat.jangan lupa bantu share kepada yang lainnya.terima kasih.



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive