Home » » Ragam Manfaat Dan Cara Memandikan Burung Berkicau Yang Benar

Ragam Manfaat Dan Cara Memandikan Burung Berkicau Yang Benar

Memandikan burung merupakan pekerjaan yang umum dan rutin dikerjakan oleh para pecinta burung berkicau.Sama halnya dengan kita, burung juga wajib untuk dimandikan, mandi pada burung selain untuk tujuan kesehatan juga bertujuan untuk menyegarkan dan menghilangkan stres pada burung.ritual mandi pada burung juga sanggup memperindah dan mempercantik penampilan bulunya. Untuk cara memandikan burung ada beberapa teknik, yang paling mudah yaitu dengan cara menyemprotnya dengan sprayer setiap pagi maupun sore hari, tergantung dari kebiasaan kita memandikannya.
Cara menyemprot burung yang benar ialah dari atas dan dari depan.usahakan air jangan hingga terkena lubang hidung pada burung,hal ini akan memicu dampak yang jelek kalau berkepanjangan.
Ada juga dengan cara menyediakan kolam mandi khusus di dalam kandang.selain simple, Kedua cara ini biasa dilakukan untuk mereka yang sibuk atau tidak punya banyak waktu untuk hariannya. Namun efek negatif yang saya perhatikan dari cara ini yaitu sangkar menjadi selalu berair dan lembab, kalau hal ini dilakukan terus menerus maka kemungkinan sangkar akan gampang ringkih karna sering terkena air, kalau sangkar ringkih maka ada kemungkinkan besar burung sanggup lepas.Efek negatif berikutnya yaitu sangkar menjadi becek, sebab kotoran burungnya terkena air, selain menimbulkan anyir yang kurang sedap, hal ini juga sanggup menimbulkan tumbuhnya kuman dan basil yang sanggup mengganggu kesehatan burung. Untuk sedikit mengurangi efek negatif dari memandikan burung dengan cara tersebut di atas yaitu sebisa mungkin jangan memandikan burung di sangkar hariannya, mandikanlah burung dikandang lain. Namun kalau Anda tidak memiliki sangkar kosong, mandikan burung di sangkar hariannya, akan tetapi sangkar segera dikeringkan dengan cara di jemur dan dibersihkan dari kotorannya. Kalau sekiranya dipagi hari misal tidak punya cukup waktu untuk memandikannya, mendingan tidak usah dimandikan, sanggup sore hari saja memandikannya. Ritual mandi bekerjsama tidak ada patokan harus setiap pagi dan sore, pagi saja, sore saja, atau seminggu sekali, akan tetapi tergantung dari kebiasaan kita. Jika burung biasa dimandikan sore hari saja dan tiba-tiba kita memandikannya di pagi hari maka ada kemungkinan burung akan merasa kaget sebab belum terbiasa, maka lakukanlah ritual mandi sesuai dengan sikon waktu kita, burung juga akan terbiasa dan mengerti.
Cara yang kondusif yaitu dengan memandikannya di dalam karamba mandi, suatu daerah yang dibentuk khusus untuk daerah mandi burung.namun membutuhkan waktu yang agak usang apalagi kalau burungnya lebih dari satu. Cara ini hanya sanggup dilakukan oleh mereka yang punya banyak waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sore hari sehabis pulang kerja.Keuntungan memandikan burung di karamba mandi yaitu disamping burungnya akan lebih puas mandinya kita juga sanggup sambil membersihkan sangkar harian burung tersebut, mengganti pakan maupun minumannya, menyiapkan EF atau sambil mengerjakan kesibukan lainnya. Melatih burung mau mandi di dalam karamba mandi juga bukan merupakan hal yang mudah, memerlukan waktu yang cukup lama, sebab biasanya burung yang pertama kali masuk ke dalam karamba mandi tidak lantas pribadi mandi,akan tetapi cenderung takut dan kelabakan.Untuk melatihnya memang butuh kesabaran dan ketelatenan, yang penting rutin, maka usang kelamaan burung akan terbiasa dan dengan bahagia hati mandi di karamba mandi.
Untuk memindahkan burung ke dalam karamba mandi lebih baik jangan dipegang /ditabgkap,melainkan kita bimbing biar burung pribadi masuk sendiri ke dalam karamba, caranya dekatkan sangkar dengan karamba mandi terlebih dahulu dengan posisi pintu saling berhadapan, jarak harus rapat dan jangan ada celah, sebab takutnya burung malah lepas, kemudian bukalah pintu sangkar dan pintu karamba mandi, giring perlahan dari atas atau samping biar mau masuk ke dalam karamba mandi.

Berbeda untuk proses pemandian burung di malam hari yang sudah umum juga kita dengar.proses ini diyakini sangat ampuh menurunkan birahi burung yang hiperbola dan juga ampuh dalam proses penjinakan.
Hal yang wajib kalian perhatikan sebelum melaksanakan proses ini ialah:
1.kondisi burung
2.kondisi cuaca
Kedua kondisi tersebut sangat penting kalian amati terlebih dahulu.misalkan burung sedang sakit dan dalam proses ngurak maka pemandian malam hari perlu kalian tinggalkan.
Kondisi cuaca yang kurang baik juga berperan penting misalkan:
1.mau turun hujan
2.cuaca xtream
3.angin ribut
Jika cuaca ibarat ketiga hal di atas maka pemandian burung dimalam hari tidak perlu kalian terapkan.

Kembali pada ragam manfaat pemandian  pada burung berkicau,ragam manfaat yang baik akan hal ini antara lain:
1.meningkatkan daya tahan tubuh
2.mempercantik penampilan bulu
3.terhibdar dari penyakit kulit (jamur)
4.terhindar dari hama kutu
5.burung jadi lebih fresh
6.rajin berkicau
7.mudah jinak
8.birahi jadi stabil

Sekian dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive