Home » , » Srigunting Burung Unik Bersuara Merdu

Srigunting Burung Unik Bersuara Merdu

Burung SRIGUNTING merupakan jenis burung dengan tampilan bulu yang berwarna hitam. Burung srigunting mempunyai banyak spesies dan salah satu spesies burung srigunting yang menarik serta unik yakni burung srigunting gunung,yang mana mempunyai ekor panjang menggantung ibarat antena.ekor tersebut bisa di artikan sebagai tanda ia berkuasa atau hidup di alam liar,semakin panjang ekornya maka umurnya bisa di katakan sudah mapan ataupun sudah tua.
Di indonesia burung srigunting kerap di temukan di seluruh hutan dan pegunungan dengan masakan utamanya berupa serangga dan binatang berukuran kecil.Burung ini populer dengan bunyi kicauannya yang menarik dan kerap di buru oleh para pecinta burung berkicau guna sebagai binatang peliharaan. Burung srigunting mempunyai ukuran badan -+30 cm (dari kepala hingga ujung ekor) dengan balutan bulu-bulu hitam mengkilap.


Selain bersuara merdu dan ekornya yang unik,ada hal yang menarik sekaligus unik lainnya dari burung ini, dimana burung srigunting populer dengan sifatnya yang jahil kepada burung lainnya dan juga rakus. ada salah satu kebiasaan unik dari burung srigunting yang mungkin tidak terdapat pada jenis-jenis burung lainnya di indonesia. adapun keunikan burung srigunting yang sudah diketahui banyak orang yakni kebiasaanya yang suka menakut-nakuti burung lain yang sedang mendapat masakan dan mencoba merampas masakan itu dengan cara yang cukup lincah.
Ketika melihat ada burung lain yang sedang terbang membawa masakan maka burung srigunting akan mencoba merebut masakan tersebut dengan cara menakut-nakuti memakai suaranya yang ibarat burung predator ganas, mirip bunyi burung elang dan burung pemangsa lainnya. Pada dikala mendengar bunyi tersebut, burung lain akan menerka bahwa bunyi itu benar-benar berasal dari burung elang si pemburu sadis,maka sejurus kemudian burung yang sedang membawa masakan tersebut akan kabur terbirit-birit sembari menjatuhkan dan meninggalkan makanannya. Setelah masakan terjatuh maka dengan cepat burung srigunting mengambil masakan tersebut.
Sebenarnya hal tersebut bisa kita artikan sebagai catatan bahwa burung srigunting merupakan burung yang mempunyai keahlian dalam menirukan beberapa jenis bunyi burung lain. Karena keahliannya inilah burung srigunting menjadi salah satu burung kicau pavorit yang banyak di minati para kicau mania untuk di jadikan burung master.

Menurut para ahli,diperkirakan ada 12 spesies burung srigunting yang tersebar di wilayah indonesia. Burung srigunting sanggup ditemukan di seluruh benua Asia Afrika dan Australia.Beberapa jenis burung srigunting yang baisa ditemukan di negara kita yaitu srigunting sulawesi, sigunting sumatera, srigunting kerdil,srigunting jambul,srigunting kelabu,srigunting hitam,srigunting gagak,srigunting gunung/bukit,srigunting batu,srigunting wallacea, srigunting lencana,dan srigunting keladi.Diantara jenis burung srigunting tersebut yang mempunyai ekor ibarat antena yang menggantung ialah burung srigunting gunung/bukit.

Sebenarnya popularitas burung srigunting sudah di kenal semenjak dahulu kala,burung liar kerap bersuara lantang saling memanggil antara satu dengan yang lainnya,bahkan sering bersuara gaduh apabila ada pertikaian sesama kawanannya.dalam demam isu kawin induk betina biasa bertelur dengan jumlah antara 3-4 butir dan di erami secara bergantian oleh induk jantan dan betina dengan masa inkubasi hingga menetas selama -+2 minggu.membedakan jenis kelamin burung srigunting amatlah sulit,pasalnya warna dari kedua jenis burung ini sama-sama hitam serta tidak ada perbedaan fisik yang mencolok.burung srigunting jantan dan betina sama-sama bisa berkicau dengan merdu dan peniru yang handal.

Bagi para penghobi,burung srigunting di rawat dan kerap di jadikan guru vocal gacoan andalannya.di yakini bisa memberi pelajaran yang baik serta mengakibatkan mental burung gacoan menjadi lebih berani.anggapan tersebut bisa yakini kebenarannya,pasalnya burung srigunting memang termasuk burung yang ganas dan cerdas menirukan bunyi burung lain layaknya burung cendet.kualitas dari suaranya sudah tidak bisa kita ragukan lagi,dimana bisa berkicau dengan lantang serta fariasi yang bisa di bilang merdu.jika kalian ingin beranjak memelihara burung ini maka tidak perlu khawatir akan tingkat kesulitan dalam perawatannya.merawat burung srigunting sama persis mirip merawat burung lainnya.yang terpenting persediaan air serta masakan harus selalu terpenuhi.makanan utama dari burung ini ialah serangga dan binatang kecil lainnya.bisa kalian latih biar mau memakan voer biar perawatannya senantiasa lebih mudah.

Mengingat ekor burung ini yang panjang dan ekor berupa antena yang sedikit rapuh,maka penerapan kandang yang lebih besar sangat di anjurkan biar penampilan burung tidak rusak,karna ekor dari burung srigunting merupakan daya tarik tersendiri dan juga menunjukan kalau kondisi burung tersebut selalu dalam keadaan sehat.kalian bisa memkai kandang dengan bentuk lingkaran dan kotak,yang terpenting pahami terlebih dahulu problem ukuran sebelum di terapkan.di alam bebes ekornya ini biasa di jadikan alat untuk mengelabuhi mangsa serta sebagai keseimbangan di dikala ia terbang.sebenarnya ekornya ini bisa saja kalian potong,namun kesan uniknya akan hilang dan membutuhkan waktu yang usang untuk tumbuh kembali selama burung tersebut belum memasuki masa ngurak.

Demikian ulasan singkat mengenai burung srigunting.dalam hal ini alam menunjukkan satu bukti lagi bahwa makhluk yang indah dan bersuara merdu patut kita lestarikan biar kelak anak cucu kita senantiasa bisa mencicipi alunan merdu nyanyiannya.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive