Home » » Mengenal Burung Kolibri Sriganti Dan Burung Kemade Jawa

Mengenal Burung Kolibri Sriganti Dan Burung Kemade Jawa

Burung Kolibri Sriganti Atau Sogok Ontong
(Gambar Burung Kolibri Sriganti)
Burung-madu kolibri sriganti atau sogok ontong dengan bahasa Latin Nectarinia jugularis ialah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Nectarinia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar yang didapat dari sari pati bunga,tumbuhan dan buah serta memakan serangga berukuran kecil.Sebagian besar burung kecil yang indah ini biasa kita jumpai karna mempunyai habitat di pekarangan,kebun,semak pantai dan hutan mangrove.Burung kolibri sriganti mempunyai badan berukuran kecil berkisar 8-10cm dan mempunyai paruh lancip melengkung serta panjang sebagai ciri khas burung pemakan nektar,hidup berkelompok,berdarah panas, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
kolibri sriganti jantan mempunyai ciri warna pada badan bab bawah kuning terang,Dagu dan dada berwarna ungu metalik mengkilat,Punggung hijau zaitun.
Kolibri sriganti Betina mempunyai warna badan bab bawah kuning tanpa warna ungu pada dagu dan dada,alis biasanya kuning muda. Iris coklat tua,paruh hitam, kaki hitam dan Sering ribut dalam kelompok kecil.

Burung kolibri sriganti mempunyai kebiasaan berpindah-pindah dari satu pohon atau semak ke yang lain. Jantan sering berkejaran dengan sriganti yang lain berebut sibetina dan kawasan kekuasaan.
Sarang burung sriganti berbentuk kantung dari rumput yang dikombinasi dengan kapas alang-alang atau kapuk pada dahan yang rendah.Telur berwarna keputih-putihan, berbintik abu-abu putih,dengan jumlah telur 2-3 butir,
Berkembang biak sepanjang tahun.
Merawat burung kolibri sriganti atau sogok ontong semoga rajin bunyi tentu diharapkan perawatan yang rutin dan konsisten setiap harinya, terutama dari segi pemberian makanan utamanya yang sanggup membangkitkan stamina serta rajin berkicau.maka dari itu jangan pernah abaikan pemberian pakan utamanya yang berupa nektar.untuk ketika ini nektar sanggup kalian beli yang sudah banyak beredar dan tersedia di kios burung terdekat.atau sanggup kalian buat sendiri dalam bentuk serbuk atau cairan.Nektar buatan sanggup kalian bikin dengan cara mencampurkan 1 gelas air putih matang dengan 4 sendok makan gula pasir dan tambahkan madu murni satu sendok makan.
Dalam beberapa penelitian, manfaat dan kandungan yang ada dalam nektar buatan tidak jauh berbeda dengan yang terdapat dalam nektar alami, jikalau memakai bahan-bahan yang higienis dan bebas dari materi kimia.
Selain menunjukkan nektar, air putih higienis juga harus diberikan sebagai air minum pendampingnya, alasannya ialah d sini cairan nektar tersebut berfungsi sebagai pakan.Burung kolobri sriganti atau sogok ontong yang sudah remaja biasanya mempunyai huruf yang sangat giras, sehingga sebelum melatihnya semoga rajin bunyi, anda harus melatih burung untuk jinak terlebih dahulu (mininal jinak lalat).

Selain pakan utama yang berupa nektar dan air minum, sogok ontong harus juga dikonsumsikan dengan pakan serangga kecil lainnya, ibarat jangkrik kecil,ulat kandang,ulat hongkong dan kroto.
Sedangkan perawatan lain yang sanggup dilakukan ialah rutin memandikan sriganti pada pagi dan sore har (bila perlu) kemudian setelahnya burung diangin-anginkan, gres kemudian dijemur sebentar saja semoga bulu kering dan merasa hangat kembali.Dengan melaksanakan perawatan rutin ibarat tersebut, maka sogok ontong akan jadi lebih rajin bunyi dan cepat jinak.
Suara khas burung sriganti melengking serta tajam yang yummy didengar serta sangat baik untuk di jadikan isian/master buat burung lain.

Burung Kemade Atau Cabai Jawa
(Gambar Burung Kemade)
Burung kecil yang satu ini mempunyai sebutan nama yang beragam,diantaranya yaitu burung  cabai jawa,cabe-cabean,kemade,prenjak ceri,tongcit,ceri-ceri dan emprit endas abang.Burung ini sosoknya sering terlihat di pekarangan rumah, hutan mangrove, kebun, dan sangat menyukai pohon-pohon yang sedang mempunyai banyak buah atau berbunga ibarat pohon mangga, jambu, rambutan, kersen dan lain-lain.

Daerah penyebaran burung ini cukup luas yakni di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sumatra.Burung yang berukuran sekitar 8 cm ini mempunyai nama latin Dicaeum Trochileum dan termasuk dalam keluarga Dicaeidae, bergotong-royong keberadaan burung kemade ini mempunyai peranan penting dalam sistem ekologi,karna sanggup membantu penyebaran biji-bijian dari sisa buah-buahan yang telah ia makan, hal ini biasa disebut dengan Ornithokori (pohon/tanaman yang membutuhkan derma dari binatang untuk membuatkan biji-bijinya).
Di alam liar atau habitatnya burung ini memakan buah-buahan dan juga serangga yang berukuran kecil.Buah yang paling digemari burung ini ialah buah kersen/ceri jawa sehingga banyak yang menyebut nama burung ini prenjak ceri dan ceri-ceri.

Burung kemade mempunyai bunyi kicauan yang khas dengan tembakan dan crecetan yang tajam dan juga berspeed rapat,sehingga pamor burung kemade akhir-akhir semakin meningkat dan banyak di buru para penghoby Burung berkicau.
Burung kemade kebanyakan diburu untuk  di jadikan sebagai burung master,selain gampang dalam segi perawatan burung kemade mempunyai harga yang cukup terjangkau dan populasinya masih banyak di alam liar.

Untuk membedakan jenis kelamin dari burung ini tidaklah terlalu sulit untuk burung yang sudah dewasa.
Burung kemade jantan memikiki ciri-ciri Pada bulu bab kepala,leher dan punggung berwarna merah, pantat/pangkal ekor juga  berwarna merah.sementara sayapnya berwarna hitam dan perutnya berwarna putih ke abu-abuan.
Sedangkan ciri burung kemade betina mempunyai cara Pada bab pantat/pangkal ekor juga berwarna merah tetapi pada bab kepala sampai punggungnya berwarna coklat ke abu-abuan.

Perawatan burung ini cukup simple dan tidak ada trick khusus dalam kesehariannya.kalian cukup sediakan makanan utamanya berupa buah segar,serangga kecil dan kroto.air minum di ganti setiap hari dengan yang baru.pemandian pada waktu pagi dan sore hari juga penting kalian terapkan ibarat halnya merawat burung kicauan lainnya,selesai pemandian di lanjut dengan penjemuran.
Terapkan juga pemakaian kerodong di ketika burung lagi beristirahat semoga sanggup tidur dengan nyaman dan terhindar dari gigitan nyamuk bahkan binatang yang membehayakan lainnya.

Sekian artikel mengenai burung kolibri sriganti/sogok ontong dan burung kemade jawa.semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan kalian.terima kasih dan wassalam.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive