Home » , » Tekhnik Khusus Perawatan Burung Yang Sedang Ngurak Semoga Cepat Tuntas

Tekhnik Khusus Perawatan Burung Yang Sedang Ngurak Semoga Cepat Tuntas

Burung mabung,ngurak atau moulting ialah proses alami yang niscaya mutlak akan di alami oleh semua jenis burung atau unggas.dalam proses tersebut burung dapat dikatakan sedang sakit alasannya kondisi tubuhnya akan berkurang hingga 50% dari kondisi sehat sebelumnya.yang dimaksut mabung,ngurak atau moulting ialah proses dimana bulu burung akan rontok secara alami dan akan tumbuh bulu gres kembali secara alami pula.

(Gambar Burung Green Turaco)
Kesalahan dalam teladan perawatan akan berakibat fatal pada performa burung untuk kedepannya alasannya perawatan burung yang sedang mengalami proses ngurak berbeda dengan perawatan burung sehat menyerupai biasanya dan kesalahan tersebut tidak sedikit di alami oleh pera kicau mania baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.
Semua jenis burung sebetulnya mempunyai kesamaan dalam teladan perawatannya ketika sedang ngurak,hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu pada jenis makanannya.

Durasi dalam tahap proses ngurak hingga benar-benar tuntas pada setiap jenis burung berfariasi,akan tetapi teladan perawatan yang baik dan benar juga kuat besar supaya burung yang sedang ngurak tersebut dapat cepat sembuh dan peformanya juga semakin meningkat.burung yang dikenal usang dalam proses ini hingga memakan waktu berbulan-bulan ialah burung murai,cendet dan punglor sehingga banyak yang mengeluhkan bahwa ketiga jenis burung tersebut sering mengalami penurunan performa secara drastis ketika proses ngurak sudah tuntas.hal tersebut sebetulnya dipengaruhi oleh teladan perawatan yang salah dan setelan pakan yang tidak sesuai.

Ciri-ciri burung dimana akan mengalami proses ngurak biasanya di awali dengan proses nyulam terlebih dahulu.yang dimaksut nyulam ialah bulu halus pada badan burung senantiasa akan rontok dan berjatuhan akan tetapi tidak semuanya.ketika proses nyulam berakhir selanjutnya giliran bulu pada bab sayap dan ekor yang akan berjatuhan secara bergantian hingga benar-benar habis dan hal tersebut di artikan proses ngurak.

Beberapa tekhnik perawatan khusus untuk burung yang sedang ngurak sangat diharapkan supaya proses ngurak yang berlangsung capat tuntas.dari beberapa penuturan oleh pihak yang mempunyai hobi sama tentunya ada perbedaan dan kesamaan yang sulit dipahami kebenarannya khususnya bagi para pemula.akan tetapi merangkum dari pernyataan tersebut team kami belakangan ini menemukan dan menyimpulkan kebenaran dari pernyataan tersebut melalui pemantuan dan penelitian yang sudah kita terapkan pada beberapa jenis burung yang memang mengalami hal serupa.penilaian yang membawa hasil positif tersebut akan aku beberkan kepada kalian semua yang mempunyai hobi sama dan kerap mengalami kesalahan dalan merawat burung yang sedang ngurak.

Pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan beberapa cara mengenai teladan perawatan khusus untuk burung yang sedang mengalami proses ngurak supaya cepat tuntas dan performanya semakin meningkat.untuk kalian yang kebetulan sedang mencari rujukan atau cara untuk hal tersebut silahkan kalian simak klarifikasi dibawah ini.

TEKHNIK KHUSUS PERAWATAN BURUNG YANG SEDANG NGURAK AGAR CEPAT TUNTAS.


  •  Dalam kesehariannya burung ngurak,mabung atau moulting wajib di full kerodong.ketebalan kerodong juga diharapkan supaya kondisi badan burung senantiasa selalu tetap hangat.
  •  Alas sangkar dibersihkan setiap hari supaya bebas dari kotoran dan sisa masakan serta bulu yang berjatuhan.saat yang sempurna pada tahapan ini ialah di pagi hari saja.
  •  Gantang burung ngurak didalam ruangan yang sepi dan bebas dari jangkauan burung lain atau sejenisnya.sebaiknya pilih ruangan yang sirkulasi udaranya membaik.
  •  Tambah porsi sumbangan pakan berupa EF dari biasanya.misalnya sebelum ngurak porsi pakan EF 3×3 di genjot menjadi 5×5.
  •  Agar burung membawa bahan lagu gres maka dalam kesehariannya burung yang sedang ngurak kita master dengan bunyi burung paforit dengan volume pelan saja (jangan lupa berikan jeda pada setiap bunyi masteran minimal tiga menit).
  •  Stop pemandian terlebih dahulu hingga burung benar-benar sudah tuntas dari proses ngurak.akan tetapi sediakan cepuk agak besar berisi air supaya burung dapat mandi sendiri ketika ia membutuhkan.jangan lupa air minum selalu kalian ganti dengan yang gres atau yang lebih fresh.
  •  Penjemuran cukup dua kali dalam seminggu dengan durasi cukup satu jam saja dalam keadaan sangkar tetap di kerodong dan bebas dari jangkauan burung lain atau sejenisnya.
  •  Tiga kali dalam seminggu berikan pakan EF embel-embel berupa keroto segar,ulat sangkar dan ulat hongkong supaya badan burung tetap hangat dan mempercepat proses perontokan serta kecukupaan gizinya tetap terkontrol.
  •  Jangan terlalu sering atau hiperbola memantau burung,cukup pada ketika diharapkan saja menyerupai mau memberi masakan dan minuman.
  •  Agar burung tidak mengalami stres tanggapan dikarantina yang berkepanjangan,pada ketika pagi hari datang sebaiknya burung kalian gantang di luar ruangan dengan posisi kerodong dibuka separuh sembari membersihkan bantalan sangkar.
  •  Jika suatu ketika ada sebagian bulu burung yang membandel atau sulit mau rontok,maka dengan segera burung kalian therapy sauna dengan cara dijemur pada terik sinar matahari eksklusif dengan keadaan sangkar dukerodong selama satu jam saja (sebelum penjemuran kerodong kalian basahi tipis-tipis dengan air bersih.waktu yang sempurna untuk melaksanakan therapy sauna ialah jam 09.00 pagi hingga jam 10.00 pagi.
  • Tetap sabar dan selalu konsisten serta sempurna waktu pada setiap tahapan penting yang sangat di perlukan oleh burung yang sedang ngurak.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive