Home » » Jalak Mutiara/Common Starling

Jalak Mutiara/Common Starling

Burung jalak mutiara,begitu penyebutan lokal burung yang mempunyai nama common starling ( Sturnus vulgaris) ini yang juga dikenal sebagai European starling atau disebut Starling saja bagi orang Inggris. Burung ini merupakan jenis burung jalak atau dalam keluarga Sturnidae dan species dari Genus: Sturnus. Berukuran sedang sekitar 19-23cm dan mempunyai warna bulu yang indah.
begitu penyebutan lokal burung yang mempunyai nama  Jalak Mutiara/Common Starling

Berwarna hitam mengkilap dengan paduan warna antara hijau,biru,merah dan ungu yang semu dan akan terlihat kemolekan warna-warna tersebut juga terkena sinar ataupun cahaya. Selain itu juga diselingi dengan semburat warna coklat di bab sayap dan bintik-bintik putih kecoklatan yang menghiasi seluruh bab tubuhnya dan berparuh kuning.

Sama menyerupai burung jalak pada umumnya, masakan burung ini ialah serangga dan buah-buahan. Sering terlihat berpasangan dan bergerombol dalam jumlah yang banyak. Bersarang pada lubang-lubang pohon dan lubang-lubang bebatuan di area perbukitan.

Wilayah penyebaran burung ini terdapat di New Zealand, Australia, Afrika selatan, Amerika Utara, Fiji dan ada beberapa terlihat di pulau Caribbean. Juga bermigrasi hingga ke wilayah Asia menyerupai Thailand, negara di Asia bab barat bahari dan juga hingga ke Indonesia bab timur,khususnya di Papua Barat.

Suara burung ini hampir sama dengan burung jalak keling. Namun disaat berkicau suaranya lirih menyerupai ngriwik saja. Tidak menyerupai jenis burung jalak berukuran besar menyerupai jalak bali,jalak hongkong, jalak nias dan sebagainya yang mempunyai bunyi cukup keras.

Silahkan bagi yang mau download mp3 bunyi burung jalak mutiara dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive