Home » , , , » Suara Burung Purple-Rumped Sunbird

Suara Burung Purple-Rumped Sunbird

Purple-rumped sunbird (Leptocoma zeylonica) ialah spesies burung madu (sunbird) endemik Sub Benua India. Burung ini berukuran kecil, masakan utamanya ialah nektar tetapi kadang kala juga memakan serangga, terutama dikala memberi makan anaknya. Mereka sanggup melayang-layang untuk jangka waktu pendek tetapi biasanya hinggap untuk mengisap nektar dari bunga. Mereka membangun sarang kantong gantung yang terbuat dari jaring laba-laba, lumut dan materi tanaman.Burung jantan berwarna cerah tetapi sedangkan betina berwarna zaitun di atas dan kuning.

Purple-rumped sunbird berukuran kecil dengan panjang kurang dari 10 cm. Mereka mempunyai paruh tipis yang melengkung ke bawah dan pengecap tubular berujung kuas.Seperti sebagian besar burung madu,spesies ini juga termasuk dimorfik seksual,yang artinya antara burung jantan dan betinanya sanggup dibedakan menurut tampilan fisiknya/warna bulunya.
 masakan utamanya ialah nektar tetapi kadang Suara Burung Purple-rumped sunbird
IMG CREDITED TO http://jlrexplore.com

Pada burung jantan warna bulunya lebih cerah, bahu hijau jelas dan tambalan ungu / ungu yang umumnya tersembunyi di bawah sayap. Bagian bawahnya berwarna keputihan dengan tenggorokan gelap, pita bab dada merah marun, dan tambalan ungu di tenggorokan yang terlihat dalam beberapa sudut. Iris matanya berwarna kemerahan.

Sementara untuk burung betina dibagian tenggorokan berwarna putih diikuti warna kekuningan dibagian dadanya dan badan bab bawah. Bagian atasnya berwarna zaitun atau kecoklatan. Bagian belakang atas sempurna diatas pangkal ekornya berwarna hitam.

Suara burung ini cukup anggun dengan beberapa vareasi lagu kicauan.Nada panggilan burung ini terdengar menyerupai kata ptitee ptsit, ptsiee ptsswit atau tityou twittering tajam, titou, trrrtit, tityou.Berikut ialah audio bunyi burung Purple-rumped sunbird di habitat aslinya yang sanggup kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive