Home » , , » Burung Ciung Air Coreng

Burung Ciung Air Coreng

Burung Ciung-air Coreng/Bold-striped Tit-Babbler yang mempunyai nama latin Macronus bornensis ini ialah spesies burung pengicau yang berukuran kecil dengan panjang seluruh tubuhnya sekitar 13 cm.Tubuhnya berwarna merah. Mahkota, punggung, sayap dan ekor coklat berangan, pipi abu-abu. badan bab bawah kuning kehijauan hingga putih, dengan coretan hitam mencolok (terutama pada dada). Tubuh bab bawah beragam: keputih-putihan dengan coretan gelap tebal (Kalimantan), abu-abu lebih menyeluruh coretannya (Jawa). Iris kuning pucat, paruh coklat gelap dengan bab bawah lebih pucat, kaki kebiruan.
ini ialah spesies burung pengicau yang berukuran kecil dengan panjang seluruh tubuhnya se Burung Ciung Air Coreng
Img credited to http://orientalbirdimages.org

Burung ini termasuk dalam jenis burung penetap yang umum dan tersebar luas menghuni semak belukar dan flora bawah di hutan tropis, hutan meranggas, rumpun bambu, hingga perkebunan dan tegalan. Di Kalimantan masih dijumpai hingga pada ketinggian 1200m, sedangkan di Jawa hingga 250m.. Mengunjungi semak untuk mencari serangga dan buah. Biasanya dijumpai sendirian atau berpasangan dikala isu terkini berbiak, sanggup berkelompok hingga 12 individu diluar isu terkini berbiak, kadang bergabung dengan spesies lain.

Terdiri dari 8 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • Macronus bornensis zopherus ( Oberholser, 1917) – Kep. Anamba, lepas pantai timur Semenanjung Malaysia.
  • Macronus bornensis everetti ( E. J. O. Hartert, 1894) – Bunguran, di Kep. Natuna utara.
  • Macronus bornensis zaperissus ( Oberholser, 1932) – Kep. Natuna (kecuali Bunguran).
  • Macronus bornensis argenteus ( Chasen & Kloss, 1930) – P. Banggi & P. Malawali, lepas pantai utara Kalimantan.
  • Macronus bornensis cagayanensis ( Guillemard, 1885) – Cagayan Sulu, di Filipina.
  • Macronus bornensis bornensis ( Bonaparte, 1850) – Kalimantan (kecuali daerah Gn Kinabalu), termasuk Pulau Laut, Bangka & Belitung (lepas pantai timur Sumatera).
  • Macronus bornensis montanus ( Sharpe, 1887) – Gn Kinabalu, di Kalimantan bab utara.
  • Macronus bornensis javanicus ( Cabanis, 1851) – Jawa bab barat & tengah.
Suara burung ini berupa nada panggilan yang khas dengan vareasi lagu kicauan yang ibarat dengan bunyi Burung Ciung Air Jawa yang terdengar ibarat kata chunk,,chunk yang diulang.Berikut timkicau sertakan file audio bunyi burung ciung air coreng yang sanggup kalian dengarkan melalui link dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive