Home » , , » Suara Burung Cedrawasih Botak

Suara Burung Cedrawasih Botak

Download mp3 bunyi burung cendrawasih botak. Burung cenderawasih botak atau nama dalam bahasa Internasionalnya ialah Wilson's bird-of-paradise (Cicinnurus respublica) ini merupakan jenis burung Cendrawasih atau secara pembagian terstruktur mengenai ilmiahnya merupakan spesies burung dari keluarga Paradisaeidae dan dikelompokkan dalam Genus: Cicinnurus. Burung ini termasuk jenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang sekitar 21cm long.
 Burung cenderawasih botak atau nama dalam bahasa Internasionalnya ialah Wilson Suara burung cedrawasih botak

Burung bagus nan montok ini merupakan burung Endemik Indonesia, yang berarti tidak dijumpai di negara lain. Cendrawasih botak ini hanya ditemukan di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta di kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat. Makanan burung Cendrawasih Botak terdiri dari buah-buahan dan aneka serangga kecil.

Penamaan ilmiah spesies ini diberikan oleh keponakan Kaisar Napoleon Bonaparte yang berjulukan Charles Lucien Bonaparte dan sempat menjadikan kontroversi. Bonaparte, seorang pengikut pemikiran republik, mendeskripsikan burung Cendrawasih Botak dari spesimen yang di beli oleh spesialis biologi Inggris berjulukan Edward Wilson beberapa bulan sebelum John Cassin, yang akan menamakan burung ini untuk menghormati Edward Wilson. Tigabelas tahun kemudian, jago binatang Jerman yang berjulukan Heinrich Agathon Bernstein menemukan habitat Cendrawasih Botak di pulau Waigeo.

Burung jantan sampaumur mempunyai bulu berwarna merah dan hitam dengan tengkuk berwarna kuning, verbal hijau terang, kaki berwarna biru dan dua bulu ekor ungu melingkar. Kulit kepalanya berwarna biru muda jelas dengan teladan salib ganda hitam. Burung betina berwarna coklat dengan kulit kepala biru muda. Cendrawasih Botak dievaluasikan sebagai spesies burung hampir terancam punah di dalam IUCN Red List. Burung ini didaftarkan dalam CITES Appendix II, jadi jangan dipelihara ya demi kelestarian burung bagus di Indonesia.

Suara burung ini cukup keras, seolah-olah dengan bunyi burung jenis poksay. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive