Home » , , , » Suara Kicau Burung Anis/Punglor Sulawesi

Suara Kicau Burung Anis/Punglor Sulawesi

Anis sulawesi (Cataponera turdoides ) yaitu spesies burung kicau yang tergolong dalam kelompok burung jenis Punglor atau anis yang dalam pembagian terstruktur mengenai ilmiahnya disebut kelompok burung Thrush dari famili Turdidae.Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.
 yaitu spesies burung kicau yang tergolong dalam kelompok burung jenis  Suara Kicau Burung Anis/Punglor Sulawesi

Burung Anis Sulawesi atau Sulawesi Thrush berukuran sedang. Panjang tubuhnya berkisar antara 20-25 cm. Bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat. Mahkota berwarna coklat renta dengan garis berwarna hitam di atas mata. Paruh dan bulat mata berwarna orange (merah kekuningan),termasuk kulit kaki yang juga berwarna orange.

Jika dilihat secara fisiknya,tampilan burung Anis sulawesi ini lebih seolah-olah dengan burung-burung jenis Garrulax atau yang biasa disebut Burung Poksay. Lihat saja gambar diatas disaat bertengger di batang pohon,ekornya lebih panjang dibanding dengan Anis merah,Anis kembang dan Song Thrush,tampilannya lebih seolah-olah dengan anis biru.

Mungkin perbedaan inilah yang menciptakan para pakar mengelompokkan burung Sulawesi thrush kedalam genus tersendiri yaitu Cataponera yang dalam nama latinnya yaitu ( Cataponera
turdoides ). Makara artinya,dalam genus Cataponera itu hanya ada satu species burung dan satu-satunya species tersebut hanya berada di Sulawesi.

Mungkin banyak teman kicau mania yang belum tahu dengan burung ini,suara kicaunya mantab lho. Ini aku punya satu koleksi,namun sayang kualitas bunyi mp3nua kurang bagus. Sejauh ini gres ada 2 bunyi yang di upload ke situs file sharing bunyi burung internasional,di youtube juga tidak ada. Makara silahkan dengarkan apa adanya dulu,biar kemresek tapi bisa didengar kemampuan burung ini dalam berkicau.
Sejauh ini belum ada data khusus wacana jumlah burung Anis sulawesi ini,meskipun belum termasuk dalam daftar species burung yang dilindungi,saya berharap biar para penduduk,masyarakat sekitar tetap menjaga kelestarian burung ini di alam bebas,mengingat species ini hanya berada di Indonesia. Sekian semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive