Home » , » Suara Burung Sikatan Bubik

Suara Burung Sikatan Bubik

Burung Sikatan Bubik atau Asian Brown Flycatcher (Muscicapa dauurica) Pallas, 1811.Ini juga termasuk jenis burung sikatan yang sanggup dijumpai di indonesia.Burung ini mempunyai bunyi yang tidak mengecewakan bagus,tapi mempunyai warna bulu yang kurang menarik untuk dipandang. Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya hanya 12 cm., berwarna coklat keabu-abuan. Iris coklat, paruh hitam dengan pangkal rahang bawah kuning, kaki hitam.
Ini juga termasuk jenis burung sikatan yang sanggup dijumpai di indonesia Suara Burung Sikatan Bubik
img credited to https://www.hbw.com

Tersebar luas, terdiri dari 4 sebagai berikut:
  • Muscicapa dauurica dauurica (Pallas, 1811): berbiak di Siberia bab tengah dan Rusia bab tenggara (ke timur hingga Amurland dan Ussuriland), Mongolia bab utara, Cina bab timur-laut, Korea bab utara, P. Sakhalin, Kep. Kuril bab selatan dan Jepang; dikala isu terkini cuek bermigrasi ke Cina bab selatan (Yunnan, Guangdong, Hainan), Asia bab tenggara (sampai Myanmar barat), Filiphina, dan Sunda besar. Ciri: badan bab atas coklat abu-abu; badan bab bawah keputih-putihan; sisi-dada dan sisi-tubuh abu-abu kecoklatan, lingkar-mata putih.
  • Muscicapa dauurica poonensis (Sykes, 1832): berbiak di Pakistan bab barat-laut (Perbukitan Murree) dan kaki perbukitan Himalayan ke timur hingga Nepal bab timur, juga India bab tengah dan selatan (Vindhya dan Wilayah Satpura, Western Ghats, mungkin juga di Eastern Ghats); dikala isu terkini cuek bermigrasi ke Semenanjung India (utamanya di selatan wilayah Vindhya), Sri Lanka, Kep. Andaman dan Kep. Nicobar.
  • Muscicapa dauurica siamensis (Gyldenstolpe, 1916): Myanmar bab selatan (Tenasserim utara), Thailand bab barat-laut dan Vietnam bab selatan (Annam selatan, Cochinchina).
  • Muscicapa dauurica umbrosa (Wells, 1982): Kalimantan bab timur-laut. Ciri: ukuran lebih kecil dan lebih gelap, terutama pada kepala.
Burung ini sanggup ditemukan pada kawasan dengan ketinggian hingga 1.500 mdpl. di wilayah barat dan tengah di Negara kita. Menyukai pinggir hutan atau hutan perbukitan, tetapi kadang kala juga ditemukan di hutan terbuka dan kebun. Sebagian mengunjungi hutan-hutan lepas pantai. Umumnya hidup sendirian atau bergabung dalam kelompok jenis campuran.

Suara Getaran “crr” lembut dan nyanyian lemah yang tenang, tetapi biasanya diam.Silahkan  dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive