Home » , » Suara Burung Jalak Kapas

Suara Burung Jalak Kapas

Burung jalak kapas atau ada yang menyebutnya dengan burung jalak sutera ini merupakan jenis burung jalak-jalakan atau Sturnidae yang mempunyai postur badan sedang. Dalam bahasa Inggrisnya disebut purple-backed starling atau daurian starling (Agropsar sturninus). Panjang tubuhnya sekitar 18 cm, dengan punggung gelap, kepala dan dada abu-abu, sayap hitam-hijau berkilau dengan garis sayap putih mencolok.

Antara burung jantan dan betina nyaris sama persis kalau dilihat sekilas. Burung jalak kapas jantan dan betina sanggup dibedakan dari warna bulu pada bab punggung atau badan bab atas. Pada burung jantan, warna punggung hitam mengkilap dengan kilauan ungu. Selain itu, sayapnya berwarna hitam kehijauan berkilau dengan garis-garis sayap berwarna putih. Sedangkan kepala dan bab dada berwarna abu-abu dengan bercak hitam pada tengkuk dan perut berwarna putih.
atau ada yang menyebutnya dengan burung jalak sutera ini merupakan jenis burung jalak Suara Burung Jalak Kapas
pinterest
Pada burung betina,di bab punggungnya berwarna abu-abu gosong atau karat. Di bab tengkuk terdapat bintik cokelat. Sayap dan ekor hitam. Burung dewasa berwarna cokelat pucat dengan badan bab bawah berwarna bintik-bintik cokelat, iris cokelat, paruh kehitaman dan kaki yang berwarna hijau.

Burung ini sanggup ditemukan di Kamboja, Cina, Fiji, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Norwegia, Pakistan, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Yaman. Habitat aslinya menghuni daerah hutan tropis dan hutan subtropis. Habitat orisinil burung ini ada di daerah Siberia, China, dan kaki Pegunungan Himalaya. Menjelang demam isu dingin, mereka bermigrasi ke wilayah selatan, terutama Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, jalak kapas lebih sering berada di daerah Sunda Besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Keberadaannya di pasar burung biasanya juga musiman,nah pada demam isu jelang tamat tahun ibarat ini biasanya banyak dijumpai di pasar burung alasannya ialah burung ini sudah mulai bermigrasi ke Indonesia.

Makanan burung ini juga sama dengan burung jalak yang lainnya,yaitu berupa serangga dan buah-buahan. Untuk bunyi kicaunya ,berikut ini ada 2 audio bunyi burung jalak kapas,namun tidak bagus,kalau mau dengarkan silahkan klik saja link audio mp3nya dibawah ini.
  1. Suara burung jalak kapas
  2. Suara burung jalak kapas
Sumber audio bunyi burung jalak kapas diatas dikutip dari situs xeno-canto.org. Kami edit dengan sedikit polesan untuk mengurangi pengaruh bising dalam audio rekaman di alam tersebut. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive