Home » , » Burung Pijantung Tasmak

Burung Pijantung Tasmak

Burung pijantung yakni jenis burung dari keluarga pemakan nektar yang masih berkerabat dengan burung kolibri maupun burung madu.Ukuran tubuhnya lebih besar dengan paruh yang lebih panjang dibanding dengan burung madu.Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis burung pijantung ibarat Pijantung Bukit,Pijantung Gunung,Pijantung Kalimantan.Di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan cukjantung.
Burung pijantung yakni jenis burung dari keluarga pemakan nektar yang masih berkerabat de Burung Pijantung Tasmak

Burung yang mempunyai nama dalam bahasa Inggris Spectacled Spiderhunter dan nama latinnya Arachnothera flavigaster (Eyton, 1839) ini mempunyai badan yang berukuran besar (sekitar 21 cm). Memiliki warna bulu lebih banyak didominasi berwarna zaitun, epilog indera pendengaran dan lingkar mata kuning. Perbedaan dengan Pijantung Telinga-kuning: ukuran lebih besar, paruh lebih pendek, epilog indera pendengaran lebih kecil, lingkar mata lebih lebar, garis pada dada dan tenggorokan lebih sedikit. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat kekuningan.

Penyebaran dan Ras burung ini sanggup dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Burung ini sanggup dijumpai di hutan terbuka di daerah Sumatra dan Kalimantan. Juga sanggup ditemui di perkebunan kelapa, kebun pedesaan, dan belukar hingga pada ketinggian 1300 m.Kebiasaannya sering terbang sangat cepat diantara pepohonan yang rindang.

Di Kalimantan masih sanggup ditemui hingga pada ketinggian 1800 m. Secara umum sanggup ditemui di hutan sekunder. Sangat bergairah dalam mempertahankan teretori mencari makan.Suara burung ini hanya berupa bunyi panggilan-panggilan pendek.Silahkan sanggup kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan bila ada undangan bunyi burung lainnya bila kalian cari di situs ini tidak ada,silahkan hubungi kami melalui facebook atau Email yang tertera pada kontak form diatas.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive