Home » , » Suara Burung Whinchat

Suara Burung Whinchat

Burung whinchat (Saxicola rubetra) merupakan jenis burung pengicau berukuran kecil dari keluarga Muscicapidae. Spesies ini diklasifikasikan dalam Genus: Saxicola atau yang masih satu kerabat dengan Burung Decu yang ada di Indonesia. Burung ini mempunyai habitat dan berkembang biak di Eropa dan Asia barat,namun bila terjadi isu terkini dingin,burung ini akan bermigrasi ke tempat Afrika.
 merupakan jenis burung pengicau berukuran kecil dari keluarga Muscicapidae Suara Burung Whinchat
http://www.vogelwarte.ch/

Nama ilmiahnya burung ini diartikan sebagai "small rock- dweller" (burung kecil penghuni bebatuan) yang mengacu pada habitatnya. Saxicola berasal dari bahasa latin saxum ("rock") yang berarti batu+ incola ("dwelling") yang berarti tinggal atau menghuni,sedangkan rubetra yaitu istikah bahasa Latin untuk menyebut burung berukuran kecil.

Burung Whinchat ini mempunyai ukurannya yang relatif sama dengan robin Eropa (Erithacus rubecula). Panjang tubuhnya sekitar 12-14 cm dan 13-26 g berat badan. Kedua jenis kelamin burung ini mempunyai bulu di bab atas kepala kecoklatan berbintik-bintik gelap, tenggorokan dan dada, paruh pucat,perut keputihan, dan ekor kehitaman dengan warna bulu putih di bab ekor luar.

Burung jantan mempunyai warna bulu yang lebih manis ketimbang burung betina. Di bab atas tubuhnya berwarna hitam dengan kerja sama warna coklat dan sedikit terdapat warna putih di bab sayap. Di bab dada dan bawah tubuhnya coklat semu orange. Sedangkan untuk burung betina cenderung berwarna lebih kusam.

Kedua burung jantan dan betina sama-sama mempunyai garis putih di bab atas matanya. Garis putih tersebut lebih tebal untuk burung jantan,sedangkan untuk burung betina lebih tipis. Ketika isu terkini kawin atau masa perkembang biakan, warna bulu burung jantan akan terlihat lebih jelas dibanding isu terkini yang bukan isu terkini kawin. Jika pada hari-hari biasa,warna bulu burung jantan hampir ibarat burung betina,tapi masih sanggup dibedakan alasannya terdapat warna bulu putih dibagian sayap untuk burung jantan,sedangkan burung betina tidak ada.

Makanan burung ini berupa serangga kecil. Suara kicaunya juga tidak mengecewakan bagus,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive