Home » , » Burung Cikarak Telinga-Putih

Burung Cikarak Telinga-Putih

Burung Cikarak telinga-putih atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan white-eared myza maupun greater Sulawesi honeyeater (Myza sarasinorum) ini yakni spesies burung dari keluarga Meliphagidae yang dikelompokkan kedalam Genus: Myza. Sama ibarat Burung Cikarak Sulawesi ,spesies burung ini juga merupakan spesies burung endemik Sulawesi yang keberadaannya sanggup ditemukan di Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah.
putih atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Burung Cikarak telinga-putih
img-credited to http://orientalbirdimages.org/

Cikarak telinga-putih berukuran sekitar 20 cm. Bercak indera pendengaran gundul gelap, pucat; paruh agak panjang, melengkung ke bawah; bercak indera pendengaran ungu. Ras chionogenys : bercak-telinga putih. badan bab atas bercoret hijau zaitun (bukan abu-abu), badan bab bawah bercoret hitam lebih tebal. Ras pholidota : agak ibarat sarasinorum, tetapi badan bab bawahnya lebih abu-abu kecoklatan dengan coretan hitam lebih tebal.

Terdiri dari 3 sub-spesies, dengan tempat persebaran yang berbeda,yaitu:
  1. sarasinorum A. B. Meyer & Wiglesworth, 1895 – Sulawesi bab utara.
  2. chionogenys Stresemann, 1931 – Sulawesi bab tengah utara dan tengah selatan.
  3. pholidota Stresemann, 1932 – Sulawesi bab tenggara.
Burung ini sanggup diketemukan di Sulawesi secara umum,kecuali di Sulawesi selatan.Menghuni hutan dengan ketinggian 1700-2800 mdpl (tetapi di Sulawesi tengah-selatan tidak di bawah 2200 m dan di Sulawesi tenggara 2000 mdpl).Suara burung ini sanggup didengar melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive