Home » , , » Jenis-Jenis Burung Jagal

Jenis-Jenis Burung Jagal

Burung Jagal atau umum disebut dengan Jagal Papua ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras. Ukuran tubuhnya besar dengan ciri yang identik yaitu berparuh tebal dan panjang. Yang unik dari burung ini yaitu saat berkicau,yaitu sembari membuka dan menutup kedua sayapnya. Suaranya sangat keras dengan aneka macam vareasi lagu,burung jantan dan betina sanggup berkicau dan juga sama-sama bersuara keras. Namun biasanya bunyi burung betina lebih sedikit vareasi suaranya atau terdengar monoton. Baca juga Perbedaan Jagal Papua Jantan dan Betina.

Burung jagal papua atau Butcherbird ini merupakan spesies burung keluarga Artamidae yang dikelompokkan kedqlam Genus: Cracticus. Ada 7 spesies burung Jagal yang hanya sanggup dijumpai terbatas di Indonesia bab Timur, Papua Nugini dan Benua Australia untuk habitat aslinya. Berikut yaitu daftar jenis burung jagal beserta wilayah penyebarannya.

Jagal Papua (Hooded Butcherbird)
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Burung inilah yang orisinil disebut Jagal Papua. Dalam bahasa Inggrisnya disebut hooded butcherbird (Cracticus cassicus). Deskripsi wacana burung ini sanggup kalian baca lebih lanjut di artikel sebelumnya wacana Burung Jagal Papua. Burung ini sanggup dijumpai di Indonesia dan Papua Nugini.

Jagal Hitam
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Spesies burung ini terdiri dari 5 sub-spesies, dengan daerah persebaran di Pulau papua dan beberapa pulau didekatnya yang juga tersebar di Australia. Kelima ras tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • quoyi (Lesson & Garnot, 1827): Kelompok Pulau Papua Barat (Waigeo, Salawati dan Misool), Yapen (di teluk cendrawasih) dan seluruh daratan Pulau Papua, kecuali Trans-Fly.
  • alecto (Schodde & Mason, 1999): Pulau Papua bab tengah sisi selatan (Wilayah Trans-Fly dari selat Princess Marianne di timur hingga Pulau Daru), Kepulauan Aru, dan Pulau-pulau di selat Torres utara (Boigu dan Saibai). Ciri Pembeda: Memiliki bunyi yang berbeda “ currawong” , terdiri dari rangkaian 15 nada yang kompleks.
  • spaldingi (Masters, 1878): Western Australia utara (Cambridge Gulf) di timur sepanjang pantai, termasuk Kepulauan Tiwi (Pulau Bathurst dan Pulau Melville), hingga pantai Arnhem Land (termasuk teluk Blue Mud, di Gulf Carpentaria).
  • jardini (Mathews, 1912): daerah tepi pantai di Semenanjung Cape York di selatan hingga sungai Mitchell di barat dan hingga Cooktown di timur.
  • rufescens (De Vis, 1883): Timur maritim pantai Queensland dari wilayah Cooktown di selatan hingga Broad Sound utara (selatan Mackay), dengan jeda di sungai Burdekin.
Jagal Leher Putih (Jagal Papua Mini)
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Persebaran dan ras burung ini terdapat di savana di Trans-Fly dan Port Moresby, Pulau Papua. Juga di Australia bab utara. Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda yaitu:
  • mentalis (Salvadori & D’Albertis, 1876): Pulau Papua bab selatan di wilayah Trans-Fly selatan (Merauke di sisi timur hingga Balimo) dan tenggara Semenanjung (Hall Sound di sisi timur hingga Kupiano dan dataran hingga dataran tinggi Sogeri).
  • kempi (Mathews, 1912): Semenanjung Cape York, di Australia bab timur-laut.
Jagal Punggung Hitam (Jagal Australia)
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Spesies burung ini terdiri dari 9 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • papuanus ( Bangs & J. L. Peters, 1926): Pulau Papua bab selatan (Wilayah Trans-Fly selatan dari Selat Princess Marianne di timur hingga sungai Oriomo).
  • eylandtensis ( H. L. White, 1922): Western Australia utara (Wilayah Kimberley) di timur, melewati Northern Territory (termasuk Groote Eylandt) hingga Queensland barat laut.
  • longirostris ( Milligan, 1903): Western Australia dari Dampier Land di selatan paling tidak hingga di wilayah Pilbara (keberadaannya di daratan yang lebih dalam masih belum pasti).
  • dorsalis (A. J. Campbell, 1895): Western Australia bab barat daya (almost timur hingga Eucla, di selatan Great Victoria Desert).
  • telonocua (Schodde & Mason, 1999): Northern Territory selatan dan South Australia.
  • terraereginae (Mathews, 1912): sebagian besar di Queensland (kecuali daerah Gulf dan ujung tenggara) dan New South Wales di barat wilayah Great Dividing (termasuk sebagian besar lembah Murray-Darling) di selatan hingga South Australia timur (L Eyre selatan dan timur hingga sungai Murray) dan Victoria utara.
  • tibicen ( Latham, 1801): Pesisir bab tenggara Australia.
  • tyrannicus ( Schodde & Mason, 1999): Victoria utara dan timur (terutama di timur wilayah Great Dividing).
  • hypoleucus (Gould, 1837): setengah bab timur Tasmania.
Burung Jagal Kelabu
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Jagal Kelabu atau Grey butcherbird (Cracticus torquatus) yaitu salah satu spesies burung jagal yang merupakan jenis burung endemik benua Australia . Yang berarti spesies ini hanya sanggup ditemui di daerah Australia. Ada spesies jagal papua mini yang seolah-olah dengan burung ini yang sanggup dijumpai di Indonesia,yaitu jagal papua mini atau jagal leher putih.

Pied Butcherbird
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) yaitu jenis burung Jagal yang ukuran tubuhnya sedang. Burung ini sanggup dijumpai di Australia. Berukuran sekitar 35 cm panjang dengan warna bulu yang hampir seolah-olah Jagal Papua atau Hooded Butcherbird namun komposisi warna hitam di sayapnya lebih banyak dan lebih ngeblok.

Tagula Butcherbird
 ini termasuk jenis burung yang mempunyai bunyi sangat keras Jenis-jenis Burung Jagal

Burung jagal yang mempunyai nama latin Cracticus louisiadensis) ini merupakan spesies burung Endemik Pulau Tagula du Papua Nugini. Silver-Backed Butcherbird silver-backed butcherbird (Cracticus argenteus) ini grey butcherbird ( C. torquatus ) of which it considered by some authorities to be a subspecies, C. torquatus argenteus .

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive