Home » , » Suara Cucak Rumbai Tungging

Suara Cucak Rumbai Tungging

Burung Cucak Rumbai Tungging atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan puff-backed bulbul (Pycnonotus eutilotus) ini merupakan spesies burung pengicau dari keluarga cucak-cucak an atau Pycnonotidae family. Habitat orisinil burung ini terdapat di Asia Tenggara yang mencakup beberapa negara ibarat Brunei, Indonesia, Malaysia, Burma, Singapura dan juga Thailand.
 atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan  Suara Cucak Rumbai Tungging
img by http://orientalbirdimages.org/
Di Indonesia,spesies burung ini hanya dijumpai di Kalimantan dan Sumatera.Memiliki postur badan sedang dengan panjang sekitar (20 cm.), berwarna coklat dengan jambul. Tubuh bab atas coklat,bagian bawah keputih-putihan, tersapu abu-abu, tungging kuning-tua. Sekilas ibarat dengan Burung Kapas Tembak.

Kedua spesies burung yang terdapat di dua pulau di Indonesia mempunyai sedikit perbedaan,untuk burung Ras Kalimantan mempunyai jambul yang lebih pendek,sedangkan ras Sumatera mempunyai warna badan bab bawah lebih pucat.

Menurut salah seorang kicau mania yang pernah memelihara burung ini,ada satu keunikan tersendiri dari burung ini,yaitu saat tidur posisi bab belakangnya lebih tinggi dari pada kepala (nungging).Mungkin dari kebiasaan inilah nama burung ini berasal.

Untuk bunyi kicaun burung ini biasa saja,hanya berupa siulan nada tunggal yang diakhiri dengan nada menurun.Silahkan dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.Audio suara Cucak Rumbai Tungging dibawah ini merupakan rekaman untuk spesies Cucak Rumbai Tungging yang terdapat di Malaysia,mungkin akan ada perbedaan nada bunyi kicaunya dengan spesies yang terdapat di Indonesia.
Suara Cucak Rumbai Tungging
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive