Home » , , » Suara Burung Caladi Tikotok

Suara Burung Caladi Tikotok

Burung caladi tikotok ialah salah satu jenis burung Woodpecker yang umum disebut Pelatuk yang mempunyai warna bulu yang eksotis dan berpenampilan unik. Dalam bahasa Inggrisnya, burung ini dikenal dengan grey-and-buff woodpecker (Hemicircus sordidus). Spesies ini sanggup dijumpai di daerah Asia Tenggara menyerupai Brunei,Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura , dan Thailand.

Berukuran kecil (antara 13-14 cm) dan berjambul unik. Punggung bersisik, kepala dan dada abu-abu. Pada burung Jantan, jambulnya panjang dengan dahi berwarna merah. Sedanhkan pada burung Betina dan remaja, dahi berwarna abu-abu. Perut kuning tua, tunggir putih. Punggung dan epilog sayap hitam dengan warna putih-kuning bau tanah pada sisi sayap.Iris coklat, paruh abu-abu gelap dan kaki abu-abu.
Burung caladi tikotok ialah salah satu jenis burung Woodpecker yang umum disebut Pelatuk  Suara Burung Caladi Tikotok

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  1. sordidus (Eyton, 1845) – Myanmar selatan (Tenasserim selatan) dan Semenanjung Thailand ke selatan hingga Sumatera (termasuk P. Mentawai utara dan P. Bangka), dan Kalimantan.
  2. concretus (Temminck, 1821) – Jawa bab barat dan tengah. Banyak terdapat secara lokal di Kalimantan dan Sumatera, tetapi tidak umum terdapat di Jawa.
Menyukai daerah terbuka, hutan sekunder, pekarangan, dan perkebunan. Hidup pada lapisan tajuk. Kadang-kadang berperilaku menyerupai gelatik, bergantungan mencari serangga dan buah-buahan.

Suara bergetar sewaktu terbang “wikawik” yang nyaring, getaran “ci-ci-ci-ci-ci” dan “ciuw”. Berikut ini ada 3 file audio bunyi burung caladi tikotok. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Informasi perihal spesies burung caladi tikotok diatas dikutip dari wikipedia bahasa Indonesia, kutilang.or.id dengan sumber rekaman audio dari xeno-canto. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive