Home » , » Download Mp3 Bunyi Burung Murai Batu

Download Mp3 Bunyi Burung Murai Batu

Download mp3 bunyi burung murai batu. Burung murai watu ialah burung yang mempunyai fisik,karakter dan bunyi yang sangat cantik sehingga burung ini dijadikan primadonanya kicauan burung di Indonesia dan di beberapa negara tetangga ibarat Malaysia, Singapura, Thailand dan juga vIetnam.
Burung murai watu ialah burung yang mempunyai fisik Download Mp3 Suara Burung Murai Batu

Di Indonesia, burung murai watu dikelompokkan oleh para pehobi burung menurut asal wilayahnya. Misalnya, burung murai watu Medan, Lampung, Jawa larwo, dan seterusnya. Terkadang pengelompokan ini tidak sepenuhnya akurat. Sebagai contoh, beberapa burung murai watu asal Aceh kerap juga disebut sebagai murai watu Medan. Secara umum burung murai watu yang banyak dipelihara bersumber dari Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Selain itu, ada juga yang diimpor dari Malaysia, Thailand dan Indocina.

-Burung murai watu Sumatera Murai watu Medan. Berasal dari wilayah Sumatera Utara, meliputi hutan Bohorok, dan Bukit Lawang. Burung ini juga terdapat di Taman Nasional Gunung Leuser yang meliputi wilayah Aceh.

-Murai watu Lampung. Berasal dari hutan- hutan wilayah Lampung dan sekitar Gunung Krakatau. Murai watu Lampung dikala ini sudah jarang ditemukan di alam bebas. Pasokan kadang tiba dari Jambi dan Riau dan jual sebagai asal Lampung.

Murai watu Nias. Berasal dari pulau Nias, sebuah pulau kecil di bawah Sumatera, secara administratif masih masuk Propinsi Sumatera Utara. Keunikan murai watu nias terletak pada bulu ekornya yang berwarna hitam. Oleh alasannya ialah itu sering disebut murai watu ekor hitam (Black Tail Shama), meskipun bekerjsama murai watu ekor hitam sanggup juga ditemukan di Mentawai, Sumatera Barat, dan Aceh.

-Burung murai watu Kalimantan Murai watu Palangka/ murai watu borneo. Berasal dari tempat Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Murai watu Banjar. Tersebar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Murai watu Banjar ini mempunyai ciri ekor yang cukup panjang di banding asal Palangka.

-Burung murai watu Jawa Murai watu jawa sering disebut Larwo. Kini keberadaannya di alam bebas sudah sangat jarang. Banyak yang menduga larwo bukan jenis murai batu. Pendapat itu tidak benar, Larwo masih spesies Copsychus malabaricus dari subspesies javanus. Ciri-ciri khususnya batas bulu hitam pada dada jauh ke bawah mendekati perut, sosoknya kecil, dan kadang- kadang kepalanya terlihat jabrik.

-Burung Murai watu Malaysia. Kebanyakan berasal dari tempat Kedah dan Perak. Ciri yang khas burung murai watu Malaysia ialah ekornya yang panjang, sanggup mencapai 30 cm. Mirip dengan murai watu Medan, namun badannya lebih bongsor.

-Murai watu Thailand. Berasal dari hutan- hutan perbatasan antara Thailand Selatan dan Malaysia. Ciri khas burung murai watu asal Thailand ialah bulunya yang hitam agak ke biru- biruan. Ekornya panjang menjuntai sanggup mencapai 35cm.

Pengelompokan ilmiah Pengelompokan ilmiah yang paling lengkap dilakukan oleh Universitas Cornell, Amerika Serikat, dalam The Clements Checklist of Birds of the World yang dirilis tahun 2011, setidaknya tercatat 20 subspesies burung murai batu. Berikut daftarnya lengkapnya:

1. Copsychus malabaricus malabaricus, penyebarannya di Semenanjung India
2. Copsychus malabaricus leggei , penyebarannya di Sri Lanka
3. Copsychus malabaricus indicus, penyebarannya di Nepal sampai Assam dan Timur maritim India
4. Copsychus malabaricus interpositus , penyebarannya di Barat Daya Cina sampai Myanmar,Thailand, Indocina dan Kepulauan Mergui
5. Copsychus malabaricus minor, penyebarannya di Hainan (Cina Selatan)
6. Copsychus malabaricus mallopercnus , penyebarannya di Semenanjung Malaya, Kepulauan Riau dan Kepulauan Lingga
7. Copsychus malabaricus tricolor , penyebarannya di Sumatra, Jawa, Bangka, Belitung, dan Pulau Karimata
8. Copsychus malabaricus mirabilis , penyebarannya di Pulau Prinsen (Selat Sunda)
9. Copsychus malabaricus melanurus , penyebarannya di Pulau-pulau di Barat Laut Sumatera
10. Copsychus malabaricus opisthopelus , penyebarannya di Pulau-pulau di Barat Daya SUmatera
11. Copsychus malabaricus javanus , penyebarannya di Jawa Tengah
12. Copsychus malabaricus omissus, penyebarannya di Jawa Timur
13. Copsychus malabaricus ochroptilus , penyebarannya di Pulau Anambas (Laut Cina Selatan)
14. Copsychus malabaricus abbotti, penyebarannya di Pulau Bangka dan Belitung
15. Copsychus malabaricus eumesus , Kepulauan Natuna
16. Copsychus malabaricus suavis , Kalimantan kecuali Kalimantan bab Utara
17. Copsychus malabaricus nigricauda , penyebarannya di Pulau Kangean dan Pulau Matasiri (Laut Jawa)
18. Copsychus malabaricus stricklandii , penyebarannya di dataran rendah Kalimantan bab Utara, Labuan, Balembangan dan Pulai Banggi
19. Copsychus malabaricus barbouri , penyebarannya di Pulau Maratua (di Utara Kalimantan)

Download mp3 burung murai batu dibawah ini,
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive