Home » , » Burung Kancilan Karat

Burung Kancilan Karat

Burung kancilan karat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan rusty whistler (Pachycephala hyperythra) ini yaitu spesies burung dari keluarga Pachycephalidae. Burung ini hanya terdapat di Indonesia (khususnya bab timur) dan Papua Nugini. Habitat alaminya berada di hutan tropis dan subtropis.
Burung ini mempunyai ukuran sedang,yaitu sekitar 15 cm.Warna bulu burung ini bervariasi dan mempunyai perbedaan menurut wilayah penyebarannya atau secara geografis.
Burung kancilan karat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan  Burung Kancilan Karat

Di wilayah tenggara mempunyai badan bab bawah sawo-matang kusam, di utara dan barat mempunyai badan bab bawah merah-karat cerah. Ciri khas dari burung ini yaitu warna tenggorokan keputih-putihan (atau abu-abu pucat) dengan bab mahkota abu-abu bersih, dan punggung coklat.

Tampilan fisiknya menyerupai dengan Burung Kancilan kelabu, bedanya terdapat pada warna  mahkota dan pada burung Kancilan kelabu terdapat alis putih. Juga menyerupai Anis-bentet kecil, bedannya pada Anis-bentet kecil tidak terdapat warna putih higienis di tenggorokan yang kontras dengan badan bab bawah yang berwarna bungalan.

Suara burung ini terdengar mengalun merdu berirama dan mempunyai variasi paling banyak dibandingkan semua jenis burung Kancilan. Kicauan yang umum di antara Kancilan, dimulai dengan satu hingga delapan nada jernih, lemah, menyerupai lonceng atau siulan dengan nada yang semakin meninggi dan berakhir dengan bunyi keras, biasanya dengan bunyi “whik! Whik!”.Silahkan dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.
Suara Burung Kancilan Karat
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive