Home » , , » Burung Tesia Jawa,Si Mungil Endemik Jawa

Burung Tesia Jawa,Si Mungil Endemik Jawa

Tesia jawa (Tesia superciliaris) ialah spesies burung dari keluarga Cettiidae. Burung ini ialah hewan endemik Indonesia yang hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa. Tesia jawa ialah jenis burung Tesia berbadan kecil dengan kaki panjang nyaris terlihat menyerupai tanpa ekor.

 Tesia jawa ialah jenis burung Tesia berbadan kecil dengan kaki panjang nyaris terlihat s Burung tesia jawa,si mungil endemik jawa

Makanan burung Tesia Jawa ialah serangga kecil, tempayak, cacing, siput. Burung ini memiliki habitat di daerah pegunungan, tersebar pada ketinggian 1.000-3.000 m dpl.

Ciri-ciri tubuhnya berukuran sangat kecil (7 cm), warna abu-abu kehijauan, ekor sangat pendek, alis mata abu-abu pucat menonjol, memanjang hingga belakang, kepala kehitaman, tubuh bab atas zaitun keabu-abuan, tubuh bagian.bawah abu-abu keputihan, iris coklat, paruh atas coklat, paruh bawah kuning, kaki coklat. Hidup di atas dan akrab lantai hutan,dalam semak rimbun atau flora bawah terbuka. Melompat-lompat dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain.

Sarang berbentuk kantung bulat, dari akar, lumut, serat halus, pada semak rapat akrab permukaan tanah. Telur berwarna kemerah-jambuan berbintik merah, jumlah 2 butir, berbiak bulan April-Juni,Oktober-Desember.

Penyebaran Jawa Barat, Jawa Tengah.Di daerah lereng selatan Taman Nasional Gunung Merapi, Tesia jawa ( Tesia superciliaris) sering dijumpai di sekitar semak yang yang rapat dan tidak terkena sinar matahari pagi dan siang.Bagi yang ingin mendengarkan bunyi burung tesia jawa silahkan download dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive