Home » , » Burung Madi Hijau Perut Biru

Burung Madi Hijau Perut Biru

Madi hijau perut biru atau Hose’s Broadbill adalah salah satu jenis burung passerin yang berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 20cm berbentuk bulat, berwarna hijau dengan dada biru. Mirip dengan burung Madi-hijau kecil, tetapi pada burung ini dibagian dada berwarna biru terperinci (jantan) atau biru muda untuk yang betina. Pada sayap terdapat bintik hitam membulat,iris coklat gelap, paruh hijau kehitaman, kaki hijau zaitun.

Burung ini merupakan spesies burung Endemik di Kalimantan. Dari daerah utara dan tengah, terpencar dari Gn Kinabalu ke selatan hingga Muller Range dan Kayan Mentarang. Menghuni hutan pegunungan hingga dengan ketinggian 1000 m. Kebiasaan menyerupai burung Madi-hijau kecil, tetapi biasanya hidup di tempat yang lebih tinggi.
adalah salah satu jenis burung passerin yang berukuran sedang Burung Madi Hijau Perut Biru

Memakan buah-buahan kecil, juga memakan serangga dan kutu daun. Burung ini termasuk jenis burung penetap yang pergerakan lokalnya mengikuti ekspresi dominan buah-buahan. Terlihat berpasangan atau dalam kelompok kecil, biasanya pada kanopi bawah hutan. Musim berbiak pada bulan April-Oktober. Sarang menggantung pada cabang bawah flora bawah hutan dan tampak rapuh, tersusun dari seresah daun, sekitar 1,5 m dari permukaan tanah.

Suara burung ini lembut menyerupai bunyi punai, diikuti dengan anggukan kepala. Berikut ada 1 buah file audio bunyi burung madi hijau perut biru rekaman hutan. Silahkan dengarkan audionya melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive