Home » , » Burung Remetuk Bidadari

Burung Remetuk Bidadari

Setelah mengenal wacana burung remetuk bahari dan remetuk rawa,masih ada satu lagi jenis burung remetuk yang sayang untuk ditinggalkan yaitu remetuk bidadari. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan nama Fairy Gerygone (Gerygone palpebrosa) yang mempunyai ukuran badan dengan panjang sekitar 10 cm. Pada burung jantan, bab muka dan tenggorokan (atau kepala) kehitaman dengan setrip putih di bab pipi, dan bintik putih di belakang mata; badan bab bawahnya berwarna kuning.

Pada burung betina tidak terdapat warna hitam di bab muka dan tenggorokan, tenggorokannya berwarna putih, kontras dengan dada dan perut yang berwarna kuning-pucat. Seluruh ekornya berwarna hitam. Burung muda menyerupai burung betina dengan tenggorokan berwana kuning. Burung betina menyerupai Remetuk perut-emas, dibedakan oleh tidak adanya bintik putih pada bab kekang dan warna putih yang hingga bab dada; tidak hanya di tenggorokan menyerupai pada betina Remetuk bidadari. Burung betina juga menyerupai Remetuk tunggir-hijau, dibedakan oleh ekornya yang lebih pendek.
Setelah mengenal wacana burung remetuk bahari dan remetuk rawa Burung Remetuk Bidadari
http://www.bushpea.com/

Suara burung remetuk bidadari terdengar menyerupai bunyi burung jenis Remetuk lain dan juga beberapa vareasi bunyi dari jenis Kerak basi. Suara dengan lagu pendek diulang beberapa kali, disertai dengan vareasi lainnya, dan disusul dengan teladan yang berbeda kembali, dan demikian seterusnya. Juga melantunkan kicauan yang berirama sederhana, naik-turun, dan diulang-ulang.

Berikut ada 2 audio bunyi burung remetuk bidadari,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Spesies burung ini sanggup dijumpai di Pulau papua dan pulau-pulau kecil disekitarnya, serta juga sanggup dijumpai di Australia. Terdiri dari enam ras atau sub spesies yang tersebar dengan wilayah yang berbeda,diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Gerygone palpebrosa palpebrosa (Wallace, 1865): bab barat pulau Papua (termasuk Kelompok Pulau Papua Barat) dan Kep. Aru.
  2. Gerygone palpebrosa wahnesi (A. B. Meyer, 1899): P. Yapen dan bab utara pulau Papua. Ciri: mahkota hingga tengkuk burung jantan berwarna sama dengan bab mantel/punggung.
  3. Gerygone palpebrosa tarara (Rand, 1941): bab selatan pulau Papua dari sungai Morehead ke timur hingga sungai Fly.
  4. Gerygone palpebrosa inconspicua (E. P. Ramsay, 1878): bab tenggara pulau Papua dari timur hulu sungai Fly. Ciri: mahkota hingga tengkuk burung jantan berwarna hitam.
  5. Gerygone palpebrosa personata (Gould, 1866): bab timur-laut Queensland (Semenanjung Cape York ke selatan hingga sungai Mitchell dan wilayah Townsville), di Australia timur-laut.
  6. Gerygone palpebrosa flavida (E. P. Ramsay, 1877): pesisir bab tengah Queensland dari sekitar Cooktown ke selatan hingga Gin Gin.
Di habitat aslinya,burung ini kerap terlihat dalam kelompok kecil yang sering bergabung dalam kelompok adonan banyak sekali jenis. Sering teramati dikala terbang melayang di antara dedaunan pada kanopi dan lapisan tengah hutan primer, hutan sekunder yang lebih tua, dan hutan monsun hingga ketinggian 1450 mdpl.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive