Home » » Tips Bikin Suara Kicau Lovebird Ngekek Panjang dan Berirama

Tips Bikin Suara Kicau Lovebird Ngekek Panjang dan Berirama


Tips Bikin Suara Kicau Lovebird Ngekek Panjang dan Berirama


Suara kicau lovebird atau oleh para kicau mania lebih sering disebut dengan ‘ngekek’,  dikenal bagus dan menarik bagi para pecintanya. Mereka umumnya akan sangat senang jika lovebird miliknya mampu mengeluarkan suara ngekek dengan durasi panjang dan bervariasi.
Tak hanya itu, lovebird yang bisa ngekek panjang memiliki peluang bagus memenangkan perlombaan. Lovebird juga bisa dijadikan masteran untuk memancing burung kicau lainnya.

Sementara itu, ‘ngekek panjang’ sendiri merupakan istilah umum yang digunakan para pecintanya untuk menggambarkan kemampuan lovebird mengeluarkan suara dalam satu tarikan nafas secara terus-menerus tanpa jeda. Hal ini tentu berbeda-beda antara lovebird satu dengan yang lainnya.Nah, untuk membuat lovebird memiliki kemampuan ngekek panjang, sang pemilik harus paham betul tentang burung lovebird. Minimal mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi lovebird bisa ngekek panjang dan bagaimana melatihnya.

Faktor yang Pengaruhi Lovebird Ngekek Panjang

Terdapat 2 faktor dominan yang diketahui dapat mempengaruhi lovebird mampu ngekek panjang, antara lain:

Faktor garis keturunan

Bagi orang awam, tidak mudah mengetahui garis keturunan seekor lovebird secara kasatmata. Hal ini karena diperlukan perlengkapan khusus yang biasanya dimiliki peneliti untuk melakukan identifikasi. Misalnya saja untuk menguji DNA, RNA dan sebagainya.

Meski demikian, garis keturunan biasanya bisa diprediksi para pecintanya dari penampilan luar (fenotipe) seperti warna bulunya, kualitas suara dan sejenisnya. Selain itu, ketika membeli lovebird di penangkaran kualitas genetik juga bisa diprediksi dari performa kedua induknya.

Faktor lingkungan

Faktor lingkungan mencakup berbagai aspek pendukung agar lovebird ngekek panjang. Diantaranya, perkandangan, manajemen kesehatan, pakan, suhu/cuaca hingga perawatan yang termasuk dalam proses latihan dan pemasteran.

Menurut pengamatan para penggemar lovebird, faktor lingkungan jauh lebih besar memiliki pengaruh ketimbang faktor genetis dengan perbandingan 70:30. Faktor lingkungan yang paling banyak mempengaruhi ialah pakan berkualitas dan pola perawatannya.

Untuk pakan, pilihan seperti jagung muda terbukti baik untuk lovebird. Pemberian multivitamin juga diperlukan agar bisa merangsang pembentukan hormon testosteron, memiliki daya tahan prima dan mental yang baik.

Sedangkan untuk pola perawatan yang wajib ialah mandi dan berjemur. Hasil yang lebih baik bisa di dapat jika perawatan dilakukan sejak masih peranakan.

Tips Bikin Lovebird Ngekek Panjang dan Punya Ragam Variasi Suara

Untuk membuat lovebird memiliki irama lagu yang panjang dengan variasi suara dibutuhkan latihan yang tepat dan baik. Khususnya jika lovebird dipersiapkan untuk mengikuti suatu perlombaan. Caranya dengan menggabungkan tiga unsur sebagai berikut:

Tarikan nafas

Cara ini akan mempengaruhi tinggi-rendahnya vokal lovebird dan latihan dimulai dengan:

Mandi basah kuyup dan menambah durasi berjemur

Melepas di kandang umbaran yang secara alami akan melatih nafas dan tarikan vokal (atau bisa disebut berolahraga). Ini juga akan membuat sayapnya menyilang sebagai tanda lovebird sehat fisik dan membakar lemak ditubuhnya.

Latihan vokal

Ini adalah hal yang paling penting dan untuk melatihnya ialah dengan:

Pemasteran suara lain yang memiliki kapasitas suara dan volume panjang. Lovebird akan meniru suara tersebut, untuk itu pilihlah pemasteran yang tepat dan disesuaikan dengan karakter vokalnya.

Pemasteran sesama lovebird. Hal ini juga bisa memancing vokal loverbird untuk meniru. Pemasteran dilakukan siang dan malam.

Tengkek, hewan ini memiliki suara dengan volume panjang, kasar dan berirama. Pemasteran dengan ini sangat baik jika ingin suara lovebird jadi kasar dan bersuara keras.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive