Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Burung Namdur, Si Burung Ocehan Yang Kreatif

Burung Namdur, Si Burung Ocehan Yang Kreatif

Mengenal nama burung Namdur niscaya sedikit abnormal kedengarannya lantaran berbicara burung ocehan yang populer tidak pernah nama burung Namdur ikut dibicarakan. Tapi jangan salah, burung Namdur di banyak artikel dikatakan bahwa memiliki tingkat kecerdasan yang tak kalah tinggi dibanding burung ocehan yang lain terutama burung namdur yang berkelamin jantannya. Di samping itu tersimpan pula sedikit kelucuan yang dimiliki oleh burung namdur lantaran kecerdikannya dalam memikat lawan jenisnya dengan menciptakan sarang yang sangat cantik. Dan tetap jangan dilewatkan juga bahwa burung namdur juga memiliki kicauan yang cukup bagus. Oleh lantaran itu simaklah artikel ini hingga tuntas untuk mengenal burung namdur secara lebih dekat.

Kepintarannya

Disebutkan bahwa burung namdur yaitu jenis burung ocehan yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Ini terbukti dari bentuk sangkarnya, burung namdur jantan akan menghias sangkarnya seapik mungkin dengan menggunakan apa saja yang dijumpainya menyerupai ranting pohon, ilalang, peralatan manusia, tulang, batu, dan lain sebagainya. Tujuan dikumpulkan itu semua tak lain untuk berbagi sarang yang bisa memukau si namdur betina untuk menentukan kandang burung namdur jantan mana yang terbaik. Lama menciptakan kandang tersebut yaitu berbulan-bulan dan bisa mencapai sembilan bulan sebelum trend kawin tiba. Dan bila kandang yang dibentuk selama berbulan-bulan tidak mendapat hasil yang bagus maka si betina akan pergi begitu saja untuk mencari kandang burung namdur jantan yang lain.

Kepintarannya tidak hanya tampak dari kepiawaiannya menciptakan kandang yang bisa mengecoh insan tetapi Di samping itu inteligensi burung namdur juga terlihat dari kicauannya untuk merayu si betina. Burung namdur jantan bisa menirukan suara-suara hewan yang didengarnya menyerupai kucing, anjing, dan burung ocehan lain. Suara yang didengarnya terus dilatihnya hingga jago sesudah itu ia akan mengeluarkan bunyi yang ditirukannya dikala si betina tiba menyinggahi sangkarnya. Ini tentu tidak dimiliki oleh burung ocehan lain bukan. Dan inilah nilai plus yang terdapat pada burung namdur terutama pada si jantan.



Habitat dan ciri-ciri

Disebutkan bahwa burung namdur terdapat di Indonesia dan hanya ada di daratan hijau pulau Papua sehingga dari itu populasinya harus dijaga dari kepunahan akhir perburuan liar. Di dataran hijau papua burung namdur sangat banyak ditemukan dan ia masuk dalam keluarga Ptilonorhynchidae. Dan untuk spesiesnya burung namdur ada sekitar 20 spesies yang sebagian ada di Indonesia dan sebagian lagi ada di negara Australia. Mengenai ciri-cirinya burung Namdur secara umum memiliki ukuran badan yang sedang yakni sedikit lebih besar dibanding ukuran badan burung merpati. Warnanya tergantung dari jenis spesiesnya yaitu ada yang berwarna hitam kebiruan, ada yang bulunya berwarna kuning, dan ada yang berwarna coklat, dan merah serta bintik-bintik. Dan di tanah Papua burung Namdur dari aneka macam jenis sanggup dijumpai di tempat pegunungan Arfak, Tamrau, dan Wandammen di tempat Kepala Burung.

Di alam liar burung namdur gemar memakan buah-buahan dan beberapa jenis serangga dan juga burung ini tergolong burung menetap yang berarti ia tidak akan melaksanakan migrasi selama habitatnya tidak rusak. Biasanya sarang yang dibangun oleh burung namdur jantan berukuran tidak mengecewakan besar sekitar satu meter lebih baik dari tinggi sangkarnya hingga kepada pintu masuknya. Burung cerdas ini tergolong hidup berpoligami tapi ada juga penelitian yang menjelaskan bahwa burung namdur jenis burung yang monogami yakni membesarkan anaknya bersama-sama.

Inilah dongeng singkat mengenai burung namdur yang di cap sebagai burung yang cerdas dalam memikat pasangannya. Dan juga menjadi pujian bagi kita bangsa Indonesia alasannya yaitu kebanyakan spesiesnya hidup di tanah Papua, Indonesia. Dari itu menjaga populasinya yaitu kiprah kita supaya tidak hingga punah. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/namdur-polos/
http://id.wikipedia.org/wiki/Namdur
Gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik0kdHFrDI-CPXOOe889ffNrciAHyahtxEL0kjQo2SDrj9mM54Ymg4qcuIrgcv3wyGL9TCsh9esmdbUCrmlg_TP5bMj9OtfvlXzW2wcttN8qwBESleWqp_Bqy0pIlBfC6ZDwUzQ3LrW0EM/s1600/namru.jpg

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive