Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Burung Ocehan Kolibri Dan Jenis-Jenisnya

Burung Ocehan Kolibri Dan Jenis-Jenisnya

Burung kolibri merupakan burung ocehan yang mempunyai paduan bunyi yang bervariatif ibarat burung ocehan lainnya. Burung kolibri sangat menyukai nektar sebagai masakan kesukaannya dan burung ini hidup berkelompok dalam mencari makanan. Bahwa ukuran badan burung kolibri hanya sepanjang 6,5 cm saja dan itu mengakibatkan burung kolibri tergolong burung yang bertubuh kecil sedunia. Melihat warna bulunya maka akan terpukau alasannya warna bulu di tubuhnya begitu cerah dan bisa memantulkan sinar matahari yang mengenainya.

Kelebihan yang ada pada diri burung kolibri yaitu dengan bisa terbang melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya mencapai 12-90 kali per detik dan juga itu hanya bisa dilakukan oleh kawanan jenis burung kolibri saja. Ketika meninjau burung kolibri di hutan maka kerjanya tidaklah terbang sepanjang hari untuk terus mencari makan melainkan burung kolibri menentukan lebih banyak membisu dan bertengger di ranting pohon sehabis puas menyerap nektar dari bunga. Burung kolibri mempunyai alunan bunyi yang merdu ibarat mirip kicauan burung pleci dan ketika burung kolibri yang dirawat sudah bisa berbunyi maka bisa dipakai untuk memancing burung yang lain mau berkicau juga.

Burung kolibri tidaklah hanya satu jenis saja tetapi banyak jenisnya dan tersebar di sepanjang benua amerika dan juga benua asia. Dan artikel ini memaparkan beberapa jenis dari burung kolibri yang telah familiar dikenal maupun belum. Dan jenis-jenisnya ialah:

  1. Burung Kolibri Sepah Raja

    Burung ini biasanya terlihat sendirian ataupun berpasangan terbang mengunjungi pohon dadap dan pohon yang berbunga lainnya yang tumbuh di hutan ataupun di perkebunan. Ciri-ciri burung kolibri sepah raja yaitu terdapat warna kuning dari bawah paruh hingga setengah dadanya dan warna putih dari pertengahan dadanya hingga kepada kemaluannya dan ukuran badan yang hanya 6,5 cm. Biasanya makanannya yaitu nektar bunga dan juga beberapa serangga kecil.

  2. Burung Kolibri Tasik

    Ciri-cirinya yaitu paruh yang panjang dan warna bulunya terdapat warna merah di bab dada, warna hitam di bab pundaknya. Biasanya burung kolibri tasik memakan nektar bunga, biji-bijian kecil, serangga dan juga laba-laba. Burung Kolibri Tasik sering bertengger di tempat pinggiran hutan dan juga di kebun karet. Hidupnya terkadang sendirian dan juga sering tampak juga berpasangan ketika mencari makan.

  3. Kolibri Kelapa

    Umumnya burung kolibri kelapa suka tinggal menetap pada pohon kelapa dan di hutan bakau. Burung ini mempunyai sifat beringas atau kasar dengan mengusir burung madu yang lain yang menempati tempat yang disukainya. Ciri-cirinya mempunyai ukuran panjang badan yang kecil dengan warna bulu yang lebih banyak didominasi yaitu warna kuning di bab dadanya dan paruh yang panjang berfungsi untuk menyedot nektar dari bunga. Biasanya burung kolibri kelapa makanannya variatif yang banyak yakni nektar dari kuntum bunga, buah pisang yang sudah matang, serangga-serangga kecil, ulat, laba-laba, dan buah-buahan yang lembut.

  4. Kolibri Jawa

    Kolibri jawa selalu hidup berpasangan ketika mencari masakan di hutan dan ribut apabila terganggu oleh binatang yang lain. Biasanya burung kolibri jawa mencari nektar mendatangi bunga parasit alasannya bunga parasit mempunyai nektar yang disukai oleh burung kolibri jawa. Makanan lainnya yang digemari oleh burung kolibri jawa selain nektar yaitu laba-laba, biji, dan juga serangga.

Itulah beberapa jenis dari burung kolibri dan tidak semuanya bisa dimuat dalam goresan pena ini tetapi empat jenis burung kolibri tersebut sejatinya telah mewakili dari burung-burung kolibri yang lain. Dan kalau anda membaca artikel ini dan tertarik dengan burung kolibri maka tak salah untuk mencoba memelihara burung kolibri dan melatihnya hingga bisa berbunyi.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
file:///G:/kepnulisan/Pengenalan%20dan%20perawatan%20burung%20kolibri%20terpopular%20di%20Indonesia.htm
/search?q=burung-kolibri
http://id.wikipedia.org/wiki/Kolibri

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive