Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Mengenali Macam-Macam Penyakit Burung Love Bird

Mengenali Macam-Macam Penyakit Burung Love Bird

Burung love bird merupakan jenis burung ocehan yang tidak hanya mengatakan bunyi yang merdu tetapi keindahan bulu-bulunya juga menjadi daya tarik tersendiri yang jarang dimiliki oleh burung ocehan lain. Dari harga dari burung love bird tidak ada yang murah sehingga menjadikan para pembudidaya dan pemilik burung love bird menjaga kesehatannya selalu biar tidak terserang penyakit.

Nah, setiap makhluk hidup niscaya pernah terserang oleh penyakit yang majemuk dan itu juga menyerang semua jenis burung termasuk burung love bird. Bagi para pemilik atau pembudidaya burung love bird sangat penting untuk mengenali macam-macam penyakit yang umumnya menyerang burung love bird sehingga burung love bird cepat menerima pengobatan. Maka dari itu, artikel ini menjabarkan macam-macam penyakit yang biasanya menyerang burung love bird kesayangan anda.


  • Berak Kapur Berak Kapur yaitu jenis penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan burung love bird. Nama yang lazim untuk penyakit berak kapur yaitu pullorum yang sifatnya gampang menular dari burung yang satu ke burung yang lain. Agar sanggup memastikan burung love bird telah terkena penyakit berak kapur ada beberapa tanda-tanda yang sanggup dicermati yakni: lihat kotoran yang dikeluarkannya biasanya akan berwarna putih dan bentuknya encer menyerupai kapur. Lalu nafsu makannya tiba-tiba saja menurun sehingga menciptakan tubuhnya lemas dan tidak bersemangat untuk berkicau. Pada kondisi tertentu, burung love bird yang terkena penyakit berak kapur akan susah mengeluarkan kotorannya sehingga sanggup dilihat pada bulu bab lobang duburnya akan tampak kotoran yang melekat menyerupai kapur.

    Jika sudah mengetahui burung love bird terkena penyakit berak kapur segera pisahkan burung tersebut dari burung yang lain biar penyakitnya tidak menyebar dan bersihkan kandangnya setiap hari biar terhindar dari kuman yang sanggup menginfeksi penyakit itu kembali.

  • Gangguan pernapasan

    Gangguan pernapasan yaitu jenis penyakit yang sangat berbahaya kalau terserang ke burung love bird alasannya yaitu burung love bird akan susah bernapas kemudian hidungnya gampang mengeluarkan cairan kental. Penyakit ini kalau cukup akut diderita oleh burung love bird maka sanggup menjadikan kematian. Penyakit gangguan pernapasan pada burung love bird timbul akhir penyebaran kuman e-coli dan virus mycoplasma yang banyak dijumpai dari buah dan sayuran yang tidak dicuci higienis kemudian dimakan oleh burung love bird. Gejala umum yang sanggup kita perhatikan pada burung love bird yang terkena penyakit gangguan pernapasan adalah: pada malam hari burung love bird akan mendengkur keras menyerupai ada yang mengganjal di jalan masuk pernapasannya, hidungnya tampak berlendir dan terus mengeluarkan cairan kental, keaktifannya menjadi menurun bahkan lebih banyak diam, dan setiap hari burung love bird selalu bersin-bersin.

    Penanggulangannya terang bahwa penyakit ini sangat gampang sekali menular kepada burung ocehan lainnya maka dari itu burung love bird yang terserang penyakit gangguan pernapasan harus diasingkan tempatnya dari burung-burung yang lain, bersihkan kandangnya, beri vitamin yang cukup setiap harinya, dan basuh higienis makanannya menyerupai buah atau sayuran.

  • Bubul

    Adalah jenis penyakit yang menyerang bab kulit kaki burung love bird sehingga kulit kaki tampak membengkak, pertumbuhan kukunya yang memanjang secara tidak wajar, dan sisik pada kakinya akan melebar. Penyakit bubul timbul akhir dari kuman staphylo coccus yang berada pada sangkar yang tidak dirawat higienis sehingga dengan gampang kulit kaki burung love bird terserang penyakit bubul. Penyakit ini cukup berbahaya bila tidak ditangani dengan cepat alasannya yaitu kaki burung love bird yang terserang penyakit bubul akan terus membengkak dan menjadikan burung love bird sanggup mati. Dari itu kebersihan sangkar menjadi prioritas utama yang harus dijaga oleh para pemilik burung love bird.

  • Kutu burung

    Burung love bird yang jarang sekali dimandikan dan dirawat kondisi kandangnya maka akan terkena penyakit kutu burung. Penyakit kutu burung menyerang semua jenis burung yang tidak terawat higienis sehingga mengganggu kualitas suaranya dan kulitnya. Burung love bird yang sudah terkena penyakit kutu burung gejalanya ialah: suka mematuki tubuhnya sendiri alasannya yaitu ia merasa gatal, burung tampak gelisah dan tidak mau membisu di dalam sangkar, dan kekerasan suaranya akan menurun dari biasanya ia berkicau.

Yups, itulah penyakit-penyakit yang umumnya menyerang burung love bird sehingga kesehatannya akan terganggu dan kicauannya pun tidak akan merdu lagi. Oleh alasannya yaitu itu, menjaga kondisi tubuh, kandang, dan pakannya yaitu pencegahan yang efektif untuk menghindarkan burung love bird terhindar dari penyakit-penyakit yang mengerikan.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://buka-usaha.com/macam-penyakit-lovebird
gambar:
juallovebirdternak.wordpress.com

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive