Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Kacial Kombo, Burung Ocehan Orisinil Indonesia

Kacial Kombo, Burung Ocehan Orisinil Indonesia

Kacial Kombo? Pasti anda bertanya-tanya mengenai jenis burung ocehan yang satu ini lantaran aku yakin kebanyakan dari para pembaca cukup abnormal mendengar nama burung yang satu ini. Kacial Kombo yaitu nama burung ocehan orisinil Indonesia yang mempunyai bunyi merdu yang kalau dilatih secara berkelanjutan maka suaranya sanggup sangat merdu dan manut pada pemiliknya.

Isap madu yaitu nama lain dari burung kacial kombo yang dekat dipanggil oleh kebanyakan orang-orang di aneka macam tempat yang terdapat spesies burung kacial kombo. Tapi yang perlu diperhatikan yaitu burung ocehan kacial kombo termasuk jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia lantaran populasinya yang terancam punah sehingga tidak diperbolehkan lagi memburunya di habitat aslinya. Burung Kacial Kombo yang merupakan burung ocehan orisinil Indonesia disebabkan tempat penyebarannya di sebelah barat garis wallace.

Yang mana daerah-daerah yang ditinggali oleh burung kacial kombo yaitu Pulau Bali dan Nusa Tenggara yang dimulai dari Lombok Timur. Dan juga burung ini mempunyai kekerabatan yang dekat dengan burung brown honeyeater (Lichmera indistincta) sehingga tampak begitu menyerupai yang habitat hidupnya di pulau Aru, Papua Nugini hingga ke daratan Australia. Melihat golongan keluarganya burung kacial kombo dikelompokkan ke dalam keluarga burung Meliphagidae yang berpostur badan kecil.

Bicara ciri-cirinya, burung kacial kombo mempunyai ciri-ciri fisik yang cukup menakjubkan untuk disimak oleh para pembaca. Ukuran rata-rata postur badan dari spesies burung isap madu termasuk di dalamnya burung kacial kombo sekitar 12 – 16 cm saja, dadanya berwarna putih dengan bercak kehitaman yang tipis, pada kedua sayapnya tampak warna kuning pada ujung sayapnya dan warna coklat pudar yang tampak di sayapnya hingga ke pundaknya. Ekornya sama menyerupai dengan burung prenjak jawa yang panjangnya tak lebih dari 5 cm yang berwarna putih polos. Sedangkan paruhnya sedikit panjang lantaran sering difungsikan untuk mengisap nektar pada putik bunga.



Burung kacial kombo jikalau berkicau maka karakteristik suaranya yang khas yaitu melengking keras dan bervariasi yang sanggup didengarkan pada burung kacial kombo jantan. Di Indonesia yang merupakan habitat aslinya biasanya burung kacial kombo gemar bertengger dan tinggal di hutan yang rindang dekat dengan mata air menyerupai di hutan bakau, perkebunan kelapa, hutan tropis, dan pinggiran sungai yang di sisinya masih terdapat pepohonan yang rindang. Makanan favoritnya di hutan ialah serangga-serangga kecil menyerupai lalat, semut, tawon kecil, dan juga ulat. Burung kacial kombo juga bahagia dengan nektar yang terdapat pada putik bunga yang masih muda. Menarik untuk dibaca ialah dari gayanya berburu serangga di hutan dengan melaksanakan aneka macam gaya terbang akrobatik supaya sanggup menemukan aneka macam jenis serangga kecil untuk dilahapnya.

Di hutan burung kacial kombo jantan akan membangun sarangnya di atas pepohonan tinggi yang mencapai 5 meter. Bahan yang dipakai untuk membangun sarangnya ialah ranting pohon, bulu-bulu halus, dan rerumputan yang sudah kering. Pada demam isu kawin burung kacial jantan akan mati-matian menjaga tempat kekuasaannya dan sarangnya dengan berkicau merdu di atas sarangnya untuk memikat burung kacial kombo betina.

Yup, inilah catatan singkat mengenai burung kacial kombo yang merupakan jenis burung ocehan orisinil Indonesia. Sehingga bagi anda yang tertarik dengan burung kacial kombo sebaiknya membelinya di penangkaran dan tidak menangkapnya di hutan lantaran burung ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia disebabkan populasinya yang sudah terancam. Dari itu kalau anda mendapat burung kacial kombo yang anda inginkan semoga sanggup dilatih menjadi burung master yang sanggup berkicau merdu dan patuh kepada anda.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2012/12/31/burung-kecial-kombo-kecil-kecil-bagus-juga-ocehannya/
http://www.kicaumania.or.id/forums/showthread.php?50287-rawatan-kecial-combo
Gambar:
http://jenisburung.com/wp-content/uploads/2013/05/cucak-kombo.jpg

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive