Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Jenggot

Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Jenggot

Burung cucak jenggot yakni burung ocehan yang begitu banyak penggemarnya. Dengan bunyi yang keras dan gaya petarung yang cantik menjadi abjad tersendiri yang dimiliki oleh burung ocehan cucak jenggot. Burung cucak jenggot mempunyai nama latin Alophoxius Bres dan habitat aslinya ialah di hutan. Dan kuliner favoritnya yang tak boleh dilupakan ialah buah-buahan sebab burung cucak jenggot ketika berada di alam liar makanannya tak lepas dari buah-buahan setiap harinya.

Sedari itu, apabila anda ingin membeli burung cucak jenggot di penangkaran maka perhatikanlah jenis kelaminnya secara cermat agar tidak salah pilih. Karena burung cucak jenggot yang biasanya diikutkan perlombaan burung ocehan ialah burung cucak jenggot berkelamin jantan. Oleh sebab itu, artikel ini memaparkan perbedaan secara spesifik antara cucak jenggot berkelamin jantan dan yang berkelamin betina dari ciri-cirinya dan juga karakternya.

Perbedaannya ialah :

  1. Burung Cucak Jenggot Jantan

    • Memiliki ukuran badan jauh lebih besar dari cucak jenggot betina dan terlihat simetris dari kepalanya hingga ekor.

    • Pada bulu dadanya sanggup dilihat adanya dominasi warna kuning dan ini tidak terdapat pada burung cucak jenggot berkelamin betina.

    • Bila ingin membedakan jenis kelaminnya maka perhatikanlah bulu yang tumbuh di bawah dagunya. Burung cucak jenggot jantan terdapat jenggot yang tumbuh lebat sempurna di bawah dagunya.

    • Apabila burung cucak jenggot diadu kicauannya maka burung cucak jenggot jantan tidak akan menggetarkan sayapnya ketika berkicau melawan burung lain.

    • Burung cucak jenggot berkelamin jantan mempunyai ciri khas bunyi yang variatif dan tidak monoton.

    • Burung cucak jenggot berkelamin jantan makanannya ialah buah pepaya dan juga Voer.

    • Karakternya, Burung Cucak Jenggot berkelamin jantan mempunyai abjad yang gampang jinak dan agresor atau berkicau sekeras mungkin ketika mendengar bunyi burung ocehan lain.

    • Ketika sudah cukup umur maka burung cucak jenggot berkelamin jantan birahinya sanggup menjadi beringas.

  2. Burung Cucak Jenggot Betina

    • Burung cucak jenggot berkelamin betina mempunyai ukuran badan yang lebih kecil dibanding burung cucak jenggot yang berkelamin jantan.

    • Di penggalan dadanya untuk burung cucak jenggot berkelamin betina maka didominasi warna putih sehingga terkesan lebih anggun.

    • Burung cucak jenggot yang berkelamin betina bercirikan bulu yang tumbuh di bawah dagunya tidak terlihat menyerupai janggut.

    • Jika diadu dengan burung ocehan lain maka burung cucak jenggot yang betina akan mengepakkan sayapnya.

    • Untuk suaranya bahwa burung cucak jenggot yang betina tidak mempunyai bunyi yang variatif atau bermacam-macam sehingga burung cucak jenggot yang betina jarang diperlombakan.

    • Bila sudah cukup umur maka burung cucak jenggot betina akan bertelur dan didukung dengan kuliner extra fooding.

Nah, itulah klarifikasi mengenai ciri-ciri dan karakternya antara burung cucak jenggot yang berkelamin jantan dan yang betina. Mengetahui ciri-cirinya menciptakan anda yang menggemari burung cucak jenggot sanggup dengan sempurna memilihnya di penangkaran burung ocehan . Sehingga burung cucak jenggot yang dibeli sempurna sesuai dengan cita-cita anda dan tidak tertipu. Okey.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber :
/search?q=mengenal-burung-cucak-jenggot
/search?q=mengenal-burung-cucak-jenggot

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive