Home » » Manfaat Sayur-sayuran, Buah-buahan dan Ekstra Fooding untuk burung berkicau

Manfaat Sayur-sayuran, Buah-buahan dan Ekstra Fooding untuk burung berkicau


20 Manfaat Sayur-sayuran, Buah-buahan dan Ekstra Fooding untuk burung berkicau

1. Sawi Hijau / Sawi Bakmie / Caisim

Sawi Hijau adalah jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia dan mempunyai kandungan gizi berupa vitamin A, B, C, E, dan K. Dan juga sawi mengandung Karbohidrat, Kalsium, Kalium, Mangan, Folat, Zat Besi, dan Magnesium. Itulah kandungan vitamin dan zat-zat lainnya yang terdapat dalam sayur sawi sehingga sangat baik untuk diberikan kepada burung kenari. kandungan gizinya dapat dicerna dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan burung ocehan dan memperkuat stamina tubuhnya.

2. Selada air / Selada Keriting

Sayur selada memiliki Kandungan gizi yang sangat penting utk kenari yaitu Fosfor, Zat besi, Tembaga, Kobal, Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin K. Dan untuk burung kenari daun selada sangat baik untuk dikonsumsi sebab kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun selada dapat menjaga kesehatan tubuh burung ocehan. Yang di mana matanya tidak cepat lelah, tulang menjadi lebih kuat, dan membantu dalam meningkatkan kecerdasan burung kenari dalam menangkap bunyi untuk ditirunya.

3. Sayur Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan gizi yang sangat baik utk seekor kenari yaitu Vitamin A, B, C, dan K. Sedangkan untuk kandungan mineralnya terdapat berbagai jenis zat seperti Kalium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi, Mangan, dan Seng. Bagi burung kenari yang diberikan pakan sayur bayam maka manfaatnya banyak sekali di antaranya dapat mengembalikan tenaga burung yang baru sembuh dari sakit, memperkuat tulang pada tubuhnya, dan menjaga corak warna pada burung agar tidak mudah lelah dalam waktu bertanding.

3. Oyong atau Gambas

memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi. Sebelum di berikan kepada burung harus di belah supaya burung dapat memakan isinya. Rasanya agak manis,banyak mengandung air dan mudah dicerna. Dipercaya khasiatnya Bisa membuat kenari rajin bunyi tapi jangan terlalu sering di berikan terus menerus terutama di musim hujan sebab bisa membuat burung menderita mencret atau diare.

4. Mentimun atau Timun

Sangat di gemari oleh kenari karena banyak mengandung air, sangat baik diberikan pada musim kemarau, bisa juga di berikan untuk pengiriman burung dengan jarak tempuh kurang dari 12 jam,bisa mengurangi lemak pada burung yang kegemukan dan bisa meredam atau menurunkan tingkat birahi pada kenari jantan burung lomba.

5. Sawi Hijau / Sawi Bakmie / Caisim

Sawi Hijau adalah jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia dan mempunyai kandungan gizi berupa vitamin A, B, C, E, dan K. Dan juga sawi mengandung Karbohidrat, Kalsium, Kalium, Mangan, Folat, Zat Besi, dan Magnesium. Itulah kandungan vitamin dan zat-zat lainnya yang terdapat dalam sayur sawi sehingga sangat baik untuk diberikan kepada burung kenari. kandungan gizinya dapat dicerna dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan burung ocehan dan memperkuat stamina tubuhnya.

6. Wortel lokal / import

Selain khasiatnya yang baik juga zat warna merah (karotein) juga ada pada wortel itu dapat mempengaruhi warna-warna merah pada bulu. Karena itu selalu dipakai oleh peternak-peternak untuk menambah merah bulu-bulu burung yang berwarna merah. Adapun cara memberikannya, wortel dikukur parut kemudian diperas. Airnya dicampur dengan seperempat bagian yang belum diperas. Kemudian diberi gula pasir supaya agak manis (burung-burung kenari sangat gemar rasa manis . Dengan demikian burung-burung sambil meminum airnya, dapat mengisap-isap ampasnya. Untuk mengukur supaya praktis dan bersih, pakailah kukur keju. Wortel juga bisa di sajikan dgn terlebih dahulu di rebus.

7. Apel Merah / Apel Wahington / Apel Red

Buah Apel Untuk kenari memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh burung untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Manfaat Apel adalah kaya akan serat, sehingga baik untuk burung yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat. Selain itu manfaat serat di buah Apel yaitu mengurangi lemak dan kolesterol. Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang. kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Kaya mineral Manfaat ketiga dari buah Apel yaitu mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Fitokimia Manfaat Apel berikutnya yaitu mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Tanin Manfaat apel selanjutnya yaitu memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan saluran tenggorokan, sehingga dapat mencegah serak pada burung. baron Manfaatnya untuk mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh. Flavoid Manfaatnya untuk mencegah dan menurunkan resiko terkena berbagai macam Penyakit, terutama kangker. Asam D-Glucaric Asam D-Glucaric adalah ZAT untuk menurunkan Kolesterol. Quercetin Merupakan Zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan Antioksidan. sehingga tubuh lebih sehat dan mencegah penyakit. Asam Tartar Fungfsinya untuk menyehatkan pencernaan.karna kandungan dalam Asam Tartar mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencerna. Itulah mengapa Apel SANGAT membantu tingkat kesehatan burung, menstabilkan performa dan menjaga stamina tetap prima.

8. Daun Mengkudu / Daun Pace

Kalau seorang kenarimania memberikan daun mengkudu kepada momongannya, biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit infeksi tenggorokan, serak, membantu kenari bakalan supaya lebih rajin bunyinya. Membantu melancarkan fungsi pencernaan pada burung. Membantu menjaga stamina burung. Memberi rasa tenang dan nyaman pada burung (antistres). Membantu mengatasi burung yang kegemukan (obesitas). Bersifat antialergi, sehingga mampu mengusir berbagai gejala alergi yang dialami burung akibat asupan pakan tertentu maupun polusi udara.

9. Buah mengkudu / Buah cangkudu / Buah Pace

Buah mengkudu memiliki beberapa khasiat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi peradangan dan antialergi, membunuh bakteri penyebab infeksi, dan meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh. Khasiat-khasiat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Para penggemar burung pun meyakini pemberian buah mengkudu pada burung kenari bisa menambah stamina sehingga kenari tidak pernah gembos saat di arena lomba. Buah mengkudu dipilih yang sudah matang atau jatuh dari pohonnya. Buah dibersihkan dengan air bersih. Masukkan buah mengkudu ke dalam panci yang sudah diisi air bersih, lalu rebus hingga matang. Setelah buah tampak lembek dan menyatu dengan air, angkat dan saring air rebusan mengkudu menggunakan saringan. Setelah dingin, air rebusan buah mengkudu siap diberikan kepada burung kenari.

10. Sayur kubis

Sayur kubis dipercaya dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan bulu. Karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Juga dapat membantu proses penurunan birahi pada seekor kenari dengan waktu yg sangat cepat. Berikan 1 minggu 3 kali saja kepada kenari.

11. Buah Pear

Buah Pear dipercaya memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Juga dipercaya dapat membantu proses penurunan birahi jika diberikan secara rutin.

12. Brokoli

Sayur Brokoli diperkaya dengan kandungan gizi yang sangat baik utk seekor kenari yaitu Vitamin A, B, C, dan K. Sedangkan untuk kandungan mineralnya terdapat berbagai jenis zat seperti Kalium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi, Mangan, dan Seng. Brokoli sgt baik diberikan kepada burung kenari yang baru saja sembuh dari sakit / posisi drop. Membantu menggacorkan kenari dalam waktu singkat.

13. Sawi Putih / Sawi Capcai

Sawi Putih memiliki kandungan gizi berupa vitamin A, B, C, E, dan K. Dan juga sawi mengandung Karbohidrat, Kalsium, Kalium, Mangan, Folat, Zat Besi, dan Magnesium. Itulah kandungan vitamin dan zat-zat lainnya yang terdapat dalam sayur sawi sehingga sangat baik untuk diberikan kepada burung ocehan seperti kenari dan love bird. Pemberiannya dapat dengan memetikkan daun muda yang terdapat di bagian dalam lembaran daun sawi. Sehingga kandungan gizinya dapat dicerna dan bermanfaat untuk meningkatkan stamina kenari dan mempercepat proses penurunan birahi.

14. Pisang Kepok Putih

Memiliki kandungan vitamin yang paling lengkap. Diperkaya vitamin C utk peningkatan metabolisme tubuh dan mempercepat pertumbuhan bulu2 yang rusak. Sangat cocok utk kenari yang memiliki masalah botak di leher atau istilahnya ngeDONUT. Dan juga menurunkan birahi dalam waktu berkala.

15. Buah Pepaya

Pepaya sgt baik utk diberikan ke seekor kenari untuk masa2 istirahat atau masa mabung. Karena dipercaya sangat cepat membantu proses mabung dan membantu kondisi burung pada saat mabung. Supaya tetap fit dan tidak macet bunyi. Berikan cukup 3 kali dalam seminggu.

16. Pare

Pare sgt baik diberikan utk kenari yang memiliki masalah mabung abadi atau kenari yang sulit mabung. Berikan secukupnya saja dan jangan cuci getahnya. Karena nutrisi yang terkandung di getahnya yang sangat berguna utk seekor kenari.

17. Daun Ginseng

Daun Ginseng kaya akan nutrisi dan Vitamin K. Jd sangat berguna utk mengkondisikan burung ke kondisi sgt prima dan pemulihan dari masa sakit / drop. Sgt ideal digunakan 3 hari menjelang kontes. Juga merupakan sayur yg memiliki serat sangat tinggi.

18. Zinnia Bird Seed / Biji Zinnia

Bijian ini sangat langka ditemukan di Indonesia. Karena dilindungi oleh negara Paman Sam Amerika Serikat. Biji ini sdh terbukti sangat baik untuk meningkatkan stamina, tenaga dan Suara. Sama halnya dengan biji fumayin. Perbedaannya hanya fumayin digunakan dalam jangka waktu yang lama akan merusak pita suara burung dan keindahan bulu. Sedangkan Biji Zinnia tdk bersifat panas dan merusak.

19. Buah Lemon

Buah Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat sangat tinggi. Jika diberikan secara rutin kepada kenari kesayangan anda akan membantu daya tahan tubuh dari berbagai penyakit dan membantu menjernihkan suara burung kenari kesayangan anda. Kandungannya terdapat pada salah satu merk vitamin terkenal di dunia. Seperti Vitasol, Beaphar Vinka, Soluvet, Vornabac, Versele laga dan Vitobel.

20. Daun Ginseng


Daun Ginseng kaya akan nutrisi dan Vitamin K. Jd sangat berguna utk mengkondisikan burung ke kondisi sgt prima dan pemulihan dari masa sakit / drop. Sgt ideal digunakan 3 hari menjelang kontes. Juga merupakan sayur yg memiliki serat sangat tinggi.

Semoga Bermanfaat dan selamat mencoba. Salam kicaumania senusantara. Dikutip dari berbagai sumber

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive