Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Apakah Ada Manfaat Memandikan Burung Tekukur?

Apakah Ada Manfaat Memandikan Burung Tekukur?

Mandi ialah sesuatu yang lumrah dilakukan oleh siapapun termasuk burung. Biasanya beberapa jenis burung yang tinggal di hutan melaksanakan ritual mandi bahu-membahu dengan mencari air yang tergenang. Dan itu juga dilakukan oleh burung tekukur yang tinggal di hutan. Burung tekukur ialah jenis burung ocehan yang banyak digemari oleh para pecinta burung ocehan. Tapi burung ini dipilih bukanlah dijadikan sebagai burung ocehan yang diperlombakan melainkan dijadikan sebagai burung peliharaan lantaran bunyi kicauannya sangat lembut dan mempesona siapapun yang mendengarnya.

Nah, burung tekukur ialah jenis burung yang suka mandi sewaktu tinggal di habitatnya apalagi kalau ia dipelihara maka pemiliknya jangan pernah melupakan untuk memandikannya lantaran dapat menciptakan tungau dan kutu hinggap di bulunya dan merusaknya. Pastinya memandikannya memiliki banyak manfaat tapi sebelum menuliskan mengenai keuntungannya terlebih dahulu dijelaskan cara untuk memandikannya. Dan itu ialah:

  • Sekali seminggu paling sedikit waktu untuk memandikannya dan dapat mencampurkan bunga dan daun-daun dalam air lantaran ampuh untuk membersihkan tungau dan kutu yang melekat di bulunya.

  • Pilih wadah yang tidak mengecewakan besar untuk kawasan air yang dipakai memandikan burung supaya bulunya tidak hingga rusak dicelupkan ke dalam wadah tersebut.

  • Kalau takut burung tekukur akan kabur sewaktu dimandikan maka dapat dipegang lehernya dengan jari telunjuk dan ibu jari, kakinya diapit diantara jari bagus dan jari kelingking, sedangkan untuk dadanya ditahan dengan jari telunjuk.

  • Basahi terlebih dahulu badannya sebelum dicelupkan ke dalam wadah berisi air tadi gres sehabis itu masukkan kepalanya yang pertama-pertama ke dalam wadah air tersebut selanjutnya badannya dengan pelan-pelan.

  • Bulu-bulunya dibersihkan semuanya, sayapnya dibentangkan bergantian dan dibasuh supaya basil yang melekat terlepas sehingga kesehatannya terjaga. Setelah final dimandikan jangan lupa badannya dikeringkan dengan dilap pakai handuk selanjutnya suapi burung tekukur vitamin supaya ia tidak hingga sakit.

  • Setelah semuanya final masukkan burung tekukur kembali ke sangkarnya.


Itu tadi ialah klarifikasi mengenai cara memandikannya dan selanjutnya dijelaskan mengenai manfaat dari memandikan burung tekukur.

  • Tungau dan kutu akan berkumpul dan merusak bulu burung tekukur bila tidak dimandikan oleh lantaran itu dengan memandikannya maka dapat menghilangkan tungau dan kutu tersebut.

  • Memandikannya dapat untuk menjaga kesehatannya terutama pada bulu dan sayapnya sehingga ia dapat berkicau dengan leluasa dan merdu lantaran bulunya higienis dari debu dan kutu.

  • Burung tekukur yang dimandikan mengakibatkan bulunya tampak mengkilap dan rapi lantaran bila tidak pernah dimandikan maka bulunya akan kusam dan bulu di sayapnya akan rontok disebabkan keseringan dipatuki untuk mencari kutu yang menempel.

  • Menghindarkannya dari penyakit pilar bulu yang dapat merusak bulu-bulunya yang indah.

Baiklah, telah dijelaskan dengan detail mulai cara memandikannya hingga kepada manfaat memandikan burung tekukur. Dari itu bila ditanya adakah manfaat memandikannya maka jawabnya ada dan anda dapat membuktikannya sehabis memandikan burung tekukur anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.indobird.com/article/article_detail.asp?cat=1&id=203
Gambar:
Planetburung.com

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive