Home » » Beberapa Kebiasaan Yang Salah Dalam Merawat Lovebird

Beberapa Kebiasaan Yang Salah Dalam Merawat Lovebird

Beberapa Kebiasaan yang Salah Dalam Merawat Lovebird -Saat awal membeli lovebird, burung ini memang terlihat indah terutama bulu-bulunya yang menawan. Untuk menjaga keindahan burung ini memang tidak mudah, beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird kerap menjadi penyebab burung ini sakit dan kulitnya tampak kusam. 

Hal menyerupai ini biasanya dialami oleh para pemula alasannya ialah kurang memahami pengetahuan ihwal trik merawat lovebird yang benar. Agar hal itu tidak terjadi, yuk simak beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird berikut ini. 

Beberapa Kebiasaan yang Salah Dalam Merawat Lovebird 

1. Perawatan Mandi 
Perawatan mandi yang tidak sempurna sanggup jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, perawatan mandi yang diberikan pada lovebird anakan dan lovebird sampaumur harus dilakukan setrik teratur hingga seluruh badan lovebird berair kuyup. 

Usahakan ketika mandi, cuilan indera pendengaran dan lubang hidung tidak terkena air. Jika hingga kemasukan air, suara ngekek yang dihasilkan akan berkurang sehingga lovebird sanggup terancam sakit. Selain itu, jangan hingga malas memandikan burung lovebird alasannya ialah usang kelamaan burung ini akan tampak tidak sehat dan terancam mati. Lakukan pemandian dua kali sehari. 

2. Pemberian Pakan yang Tidak Tepat 
Pemberian pakan yang tidak sempurna juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, untuk perkembangan dan pertumbuhannya, lovebird memang membutuhkan nutrisi dengan asupan yang seimbang dengan jenis pakan bervariasi. 

Jika pakan yang diberikan berlebihan atau tidak sesuai dengan kadar sanggup mengakibatkan proses pencernaan badan lovebird tidak lancar dan mengakibatkan kegemukan. Agar lovebird tumbuh dengan baik, berikan asupan seimbang dan bervariasi, berupa cacahan daun kangkung, jagung muda, wortel, sawi, dan lain-lain. 

3. Kebutuhan Cahaya yang Tidak Tercukupi 
Kebutuhan cahaya yang tidak tercukupi juga salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird selanjutnya. Pasalnya, burung ini membutuhkan asupan cahaya matahari untuk proses pertumbuhannya. Kondisi cahaya yang gelap justru membuat lovebird menjadi gelisah sehingga berisiko sakit. 

Sebaiknya, lokasi sangkar diletakkan di bersahabat jendela dengan intensitas cahaya matahari yang tidak terlalu terik. Pastikan sangkar juga sudah jauh dari gangguan berupa asap, angin, kebisingan, dan predator alasannya ialah binatang jenis ini sangat sensitif terhadap hal-hal tersebut. 

4. Tidak Adanya Burung Sejenis 
Tidak adanya burung sejenis juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, binatang ini populer dengan kehidupannya yang berkoloni atau bersosial. Meskipun berada di sangkar, pastikan burung ini sudah mempunyai sobat dari jenis yang sama untuk menghindari kejenuhan. 

5. Kebersihan Kandang yang Kurang 
Kebersihan sangkar yang kurang juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Kandang yang higienis tentunya menjadikan tumbuh kembang lovebird menjadi nyaman sehingga dengan gampang merangsangnya untuk berkembang biak. 

Jangan hingga malas untuk membersihkan kandang, terutama kotorannya yang ada di bantalan kandang. Selain itu, lakukan pencucian juga pada sisi-sisi kandang, bila terdapat jamur, Anda sanggup pribadi membersihkannya dengan memanfaatkan minuman bersoda bila kandangnya berbahan besi. Yang paling penting jangan lupa juga membersihkan wadah pakan dan minumnya. 

6. Pengawasan yang Kurang Intensif 

Pengawasan yang kurang intensif juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Akibat kurang pengawasan, sanggup saja lovebird milik Anda mengalami sakit dan lemah. Untuk itu, Anda harus membiasakan mengusut kondisi lovebird setrik rutin. Jika ada yang sakit, segera pisahkan dari kumpulan lovebird lain agar virus tidak menyebar. 

Itulah beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Hal ini tentunya menghambat Anda dalam menikmati keindahan burung jenis ini. Untuk itu, lakukan perwatan dengan baik dan tepat. Semoga artikel ini sanggup membantu Anda. Selamat mencoba. 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive