Home » , , » Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin

Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin

Cara menjodohkan kenari - Memelihara burung kenari memang menyenangkan, alasannya yaitu burung yang satu ini selain mempunyai bunyi kicauan yang ngeroll, indah, dan lantang, trik perawatannya pun cukup mudah. Begitu pula dengan pakan yang cukup simple, mudah, dan murah. Selain memelihara kenari sebagai burung ocehan, anda juga sanggup mencoba mengembangbiakkannya (beternak kenari). Disamping menyalurkan hobby, sekaligus mencari pemanis penghasilan yang tidak mengecewakan menjanjikan. Sebab beternak kenari triknya juga sangat mudah, bahkan sanggup dilakukan oleh siapa saja. Selain itu juga tidak butuh modal yang cukup besar, lantaran anda sanggup mencoba satu pasang kenari terlebih dahulu. Jika sudah berhasil, barulah anda menambah jumlahnya, atau beternak dalam skala yang lebih besar lagi.
 Memelihara burung kenari memang menyenangkan Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin
Image by: Pixabay.com
Hal utama yang perlu dipelajari sebelum beternak kenari yaitu bagaimana trik menjodohkan kenari jantan dan betina, alasannya yaitu tidak semua burung kenari sanggup berjodoh, kawin, dan menghasilkan keturunan. Makara sebelumnya anda harus menjodohkan dua ekor kenari jantan dan betina yang tadinya belum saling mengenal semoga saling kenal dan menjadi sepasang kenari yang berjodoh. Selain itu anda juga harus sanggup harus sanggup membedakan kenari jantan dan betina, baik itu yang sudah remaja atau yang masih anakan, untuk selengkapnya silahkan baca:
Cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa
Cara membedakan anakan kenari jantan dan betina
Setelah anda memahami kedua hal diatas, kini saatnya anda mencoba untuk menjodohkan kenari jantan dan betina yang sanggup anda beli dari pasar, kios burung, atau peternak burung kenari yang ketika ini masih banyak diminati. Meskipun harga jual kenari mengalami pasang surut, turun dan naik, tapi tetap saja peminat burung pemakan biji dan sayuran yang satu ini masih cukup banyak.

Cara menjodohkan kenari jantan dan betina

  1. Siapkan satu ekor kenari jantan dan betina dalam dua kandang yang berbeda ( dalam kandang masing-masing)
  2. Dekatkan kedua burung kenari jantan dan betina tersebut tetap dalam kandang masing-masing
  3. Biarkan kedua ekor kenari berlainan jenis tersebut salin mengenal terlebih dahulu
  4. Amati perilakunya, bila burung kenari jantan sudah mulai agresif, rajin, berkicau dan mulai menabrak jeruji kandang untuk mengejar si kenari betina, besar kemungkinan si jantan sudah mulai jatuh cinta.
  5. Amati pula dengan sikap kenari betina, bila ia lebih sering membisu membungkuk sambil mendengarkan bunyi kenari jantan, itu tandanya si betina juga sudah mulai jatuh cinta, yang artinya kedua burung kenari anda sudah berjodoh.
  6. Selanjutnya masukkan sepasang kenari yang sudah berjodoh tersebut kedalam satu sangkar, amati perilakunya, bila keduanya sudah saling meloloh, berarti proses penjodohan sudah berhasil.Tapi bila dalam kurun waktu 2-3 hari ternyata keduanya masih suka bertarung, sebaiknya segera pisahkan, dan cobalah untuk menjodohkan kembali, atau menjodohkannya dengan kenari yang lain.
Oiya sebelum menjodohkan kenari jantan dan betina, pastikan kedua ekor kenari tersebut sudah masuk pada tahap siap kawin, ini bertujuan semoga ternak kenari lebih cepat produksi. Sebab bila anda menjodohkan dua ekor kenari yang belum siap kawin, tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih usang untuk produksi, alasannya yaitu kenari tersebut belum masuk usia yang siap kawin. Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya ulas ciri-ciri kenari yang sudah siap kawin.
 Memelihara burung kenari memang menyenangkan Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin
Image by: Pixabay.com

Ciri-ciri kenari jantan yang siap kawin
  1. Kenari jantan yang siap kawin tentu yang sudah masuk usia mapan/ bukan lagi paud
  2. Kenari jantan siap kawin biasanya ditandai dengan rajin berkicau sambil menurunkan kedua sayapnya.
  3. Kicauan kenari jantan siap kawin suaranya lebih keras, dan lebih panjang tanpa terputus-putus.
  4. Kenari jantan siap kawin akan terlihat sering naik-turun kandang ketika melihat atau didekatkan dengan kenari betina.
Ciri-ciri kenari betina siap kawin
  1. Kenari betina siap kawin akan tampak gelisah, mengepakkan kedua sayap sambil mencicit atau bersuara kecil cit cit ketika melihat atau mendengar bunyi kicauan kenari jantan
  2. Kenari betina siap kawin akan tampak dari perilakuknya yang suka ngunjal/ mengangkut benda-benda kecil dan ringan yang terdapat didalam sangkar, ibarat daun, ranting kecil, kertas, rontokan bulu, dan lain sebagainya.
  3. Pada kenari betina bila alat kelaminnya sudah terlihat membengkak dan berwarna merah, itu tandanya sudah siap kawin.
Itulah ulasan mengenai ciri kenari jantan dan betina siap kawin serta trik menjodohkan kenari jantan dan betina yang sanggup saya tuliskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam kicau mania...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive