Home » , , , » Perbedaan Dan Cara Menentukan Pleci Jantan Dan Betina

Perbedaan Dan Cara Menentukan Pleci Jantan Dan Betina

selalu menjadi hambatan pagi para pleci mania pemula Perbedaan Dan Cara Memilih Pleci Jantan Dan Betina
Perbedaan pleci jantan dan pleci betina
Perbedaan pleci jantan dan betina selalu menjadi hambatan pagi para pleci mania pemula, pasalnya burung pleci termasuk dalam kategori burung "monomorfik" dimana burung tersebut antara yang jantan dan betina mempunyai kemiripan baik dari segi bentuk, warna, dan postur tubuh. Hal itulah yang terkadang membuat kita kesulitan dalam membedakan jenis kelamin pleci jantan dan betina. Tapi anda tidak perlu khawatir, meskipun tampak sama, tapi tentu saja niscaya ada perbedaannya. Asalkan anda jeli, teliti, dan sudah biasa memelihara serta mengamati burung pleci, usang kelamaan anda niscaya akan dengan gampang mengetahui perbedaan mana pleci jantan dan mana pleci betina.

Terdapat beberapa trik menentukan pleci jantan dan betina yang sanggup kita jadikan acuan, lantaran trik tersebut sudah sering dipakai oleh para pleci mania, baik itu pemain, penangkar, ataupun pencetak dan penjual burung pleci. Cara memilih burung kacamata tersebut yaitu dengan memperhatikan perilaku, ciri fisik, serta bunyi kicauannya. Untuk burung pleci jantan biasanya akan mempunyai bunyi kicauan yang lebih merdu dan indah, bahkan dalam waktu yang cukup singkat, pleci jantan biasanya sudah sanggup ngeriwik dan buka paruh. Itulah kenapa para pleci mania lebih menentukan untuk memburu pleci jantan daripada pleci betina.

Pleci jantan biasanya dipakai untuk kicauan, baik untuk lomba ataupun hanya untuk kicauan rumahan, selain itu harga pleci jantan jauh lebih mahal dari pleci betina, bahkan bila sudah gacor dan mempunyai prestasi yang cukup mentereng, harga pleci jantan sanggup mencapai puluhan juta rupiah. Berbeda dengan pleci betina yang mempunyai bunyi kicauan yang relatif monoton dan hanya itu-itu saja. Itulah sebabnya kenapa pleci betina harganya jauh lebih murah, hanya hingga puluhan ribu rupiah saja. Biasanya pleci betina hanya dijadikan "unthulan" untuk pleci jantan, atau sanggup juga dijadikan indukan bagi para peternak pleci.

Cara menentukan pleci jantan dan betina

selalu menjadi hambatan pagi para pleci mania pemula Perbedaan Dan Cara Memilih Pleci Jantan Dan Betina

Setrik mendasar, perbedaan pleci jantan dan betina terletak pada kualitas kicauannya menyerupai yang telah saya jelaskan diatas. Selain itu juga terdapat perbedaan yang terletak pada ciri fisiknya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak ulasan saya berikut ini.

Pleci jantan setrik fisik mempunyai belahan yang berwarna hitam pada sisi kanan dan sisi kiri yang terdapat pada rongga tenggorokannya. Kaprikornus pastikan anda melihat dengan seksama warna rongga tenggorokan pada burung pleci yang akan anda pilih. Jika anda menentukan yang jantan, maka carilah pleci yang didalam rongga tenggorokan, khususnya pada belahan sisi kanan dan kirinya terdapat warna hitam. Tapi bila anda menentukan pleci betina, maka pilihlah yang tidak terdapat warna hitam pada rongga tenggorokannya, tetapi pilihlah yang mempunyai rongga tenggorokan yang berwarna merah muda, tanpa ada warna hitamnya.

Ciri-ciri pleci jantan dan betina

Selain ciri fisik diatas, masih ada ciri fisik lainnya yang sanggup anda amati dari burung pleci yang akan anda beli, khususnya bila anda membeli burung pleci dalam sangkar ombyokan.

selalu menjadi hambatan pagi para pleci mania pemula Perbedaan Dan Cara Memilih Pleci Jantan Dan Betina

Ciri burung pleci jantan
  1. Warna bulu pada pleci jantan jauh lebih cerah dan tampak mencolok, sedangkan pleci betina warna bulunya tampak lebih kusam.
  2. Body atau ukuran badan pleci jantan tampak lebih panjang dan besar daripada pleci betina.
  3. Pleci jantan mempunyai ukuran paruh yang lebih pendek dan tebal.
  4. Bentuk kepala pleci jantan tampak lebih lingkaran dengan ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran kepala pleci betina.
  5. Kaca mata atau klep mata pada pleci jantan berwarna putih tebal dan belahan bawahnya tampak putus-putus.
  6. Dubur atau pen pada pleci jantan tampak lebih besar memanjang dan ditumbuhi banyak bulu.
  7. Ekor pleci jantan lebih panjang dari pleci betina, dan pada ujungnya biasanya membentuk karakter V.
Ciri burung pleci betina 
  1. Warna bulu pada pleci betina tampak lebih kusam dari pleci jantan.
  2. Body atau ukuran badan pleci betina cenderung lebih pendek dan bulat.
  3. Ukuran dan bentuk paruh pleci betina lebih kecil dan memanjang.
  4. Bentuk kepala pleci betina cenderung lebih kecil dan ramping.
  5. Kaca mata atau klep pleci betina berwarna putih tebal tanpa adanya belahan yang terputus-putus pada belahan bawahnya.
  6. Pen atau dubur pleci betina cenderung lebih kecil dan hanya sedikit ditumbuhi bulu, hal ini bertujuan untuk memudahkan penetrasi dikala kawin.
  7. Ekor pleci betina cenderung lebih pendek, dan ujungnya hanya berbentuk rata.

Cara menentukan pleci jantan dan betina

Selain dengan melihat ciri fisiknya, trik lain untuk menentukan pleci jantan dan betina yaitu dengan memperhatikan tingkah laris serta gerak-gerik dari burung kacamata tersebut. Dimana setrik agresifitas dan kelincahan, burung pleci jantan cenderung lebih lincah dan agresif, sedangkan untuk pleci betina cenderung pendiam dan kurang agresif.

Saat disemprot dengan air/ dikala dimandikan dengan trik disemprot, pleci jantan biasanya pada belahan bulu kepalanya agak tampak menjambul, dan pupil matanya agar terlihat mengecil. Sedangkan untuk pleci betina dikala disemprot, bulu kepalanya tidak akan menjambul, dan tidak ada perubahan pada pupil matanya. Cara ini biasanya dipakai untuk menentukan pleci jantan dan betina yang masih dalam ombyokan.

Itulah perbedaan, ciri-ciri, dan trik menentukan pleci jantan dan betina yang sanggup anda praktekkan dikala memantau pleci, khususnya yang masih materi tangkapan hutan yang masih dijual dalam bentuk ombyokan. Jika anda ingin membeli materi anakan pleci, anda sebaiknya membaca terlebih dahulu ulasan saya berikut ini: Cara menentukan anakan pleci yang baik dan prospek.
Sekian dan semoga bermanfaat. 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive