Home » » Cara Memandikan Cendet Yang Takut Air

Cara Memandikan Cendet Yang Takut Air

Cara memandikan cendet - Burung cendet memang populer sebagai burung predator yang agresif  sehingga memandikan cendet merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain agresif, burung cendet juga mempunyai abjad bunyi yang keras dan kasar serta cerdik menirukan suara-suara burung lainnya. Itulah sebabnya kenapa hingga kini masih banyak yang meminati burung cendet, dan masih banyak pula dibuka gantangan kelas cendet disetiap perlombaan. Satu hal yag menjadi permasalahan bagi kebanyakan cendet mania yakni mengenai agresifitas burung cendet, dimana burung yang satu ini cenderung mempunyai abjad ataupun kebiasaan salto, oncling, dan ngelabak. Itulah sebabnya tak jarang atau bahkan kebanyakan burung cendet mempunyai luka dibagian atas paruh. Selain itu, biasanya ekor burung cendet juga tidak sanggup sempurna/ gampang rusak lantaran sering ngelabak didalam sangkar.

Saya sendiri sebagai penggemar cendet juga pernah mengalami hal serupa, dimana cendet saya sangat berangasan sekali, sehingga terdapat luka yang cukup parah diatas paruhnya. Yang lebih parah lagi cendet saya takut air, entah trauma atau kenapa yang niscaya ketika dimandikan selalu ngelabak tidak karuan, sehingga luka diatas paruhnya semakin parah, pun dengan ekornya yang semakin rusak. Sedangkan perawatan cendet yang benar yakni dengan trik memandikan cendet hingga berair kuyup, semoga cendet sanggup nagen atau anteng di tangkringan ketika berkicau.

 Burung cendet memang populer sebagai burung predator yang berangasan Cara Memandikan Cendet Yang Takut Air

Tips trik memandikan cendet yang takut air


Dari pengalaman itulah balasannya saya mencoba mencari warta bagaimana trik memandikan cendet yang takut air, sekaligus saya juga melaksanakan eksperimen sendiri hingga butuh waktu yang cukup usang untuk menemukan trik memandikan cendet takut air ini. Nah disini saya akan membagikan tips hasil eksperimen dan pencarian saya selama ini kepada sahabat cendet mania yang mungkin pernah mengalami hal serupa mirip yang pernah saya alami.
BACA JUGA: Cara memandikan burung yang benar

Penyebab cendet takut air 

Ada beberapa hal yang menjadikan cendet menjadi takut air dan tidak mau dimandikan. Penyebab pertama yakni lantaran trauma terhadap air, lantaran mungkin pernah mengalami kesakitan atau ketakutan yang disebabkan oleh air.

Penyebab kedua cendet takut mandi yakni lantaran tidak dibiasakan mandi semenjak kecil, sehingga ketika sampaumur biasanya akan takut dengan air. Oleh alasannya yakni itu, perawatan cendet yang benar yakni sudah mulai dimandikan sedini mungkin, bahkan ketika masih trotol, sehingga ketika sampaumur nanti cendet sudah terbiasa dengan mandi dan tidak akan takut dengan air, bahkan akan sangat menyukai mandi. Sebab ketika dialam liar, cendet juga terbiasa dengan mandi di sungai atau dikubangan/ daerah yang terdapat air yang bersih.
BACA JUGA: Cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan
Cara memandikan cendet takut mandi air

  • Pertama letakkan burung cendet dibawah sinar matahari pagi, yaitu sekitar jam 7 hingga jam 9, yang penting matahai sudah mulai hangat tapi belum terlalu terik.
  • Bersihkan sangkar dari kotoran, keluarkan wadah pakan dan wadah minum untuk nantinya diganti dengan yang baru/ yang bersih.
  • Semprot burung cendet dengan menggunakan sprayer settingan pancuran/ bukan settingan embun lho, lantaran trik penyemprotannya berbeda dengan trik memandikan cendet/ burung pada umumnya.
  • Semprot dari atas dengan jarak sekitar 2 meter dari burung, buat semoga air semprotan mirip hujan.
  • Terus semprot hingga kira-kira habis 1 botol kemudian agarkan cendet didis dahulu.
  • Setelah cendet sudah mau didis, barulah anda mulai menyemprot dengan settingan agak halus s dari jarak yang lebih dekat, alasannya yakni ketika sudah mau didis, biasanya cendet sudah merasa nyaman dan mau dimandikan setrik normal.
  • Mandikan cendet hingga berair kuyup kemudian jemur dibawah sinar matahari hingga sekitar jam 10an, atau menyesuaikan cuaca (kondisi sinar matahari).
  • Jangan lupa untuk menunjukkan EF (ekstra fooding) berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto, atau sesuai dengan kebiasan EF yang anda berikan.
Lakukan pemandian cendet dengan metode tersebut setrik rutin hingga cendet tidak lagi takut dengan air, dan jikalau cendet sudah tidak takut air lagi, maka anda sudah boleh memandikan cendet dengan trik memandikan cendet mirip pada umumnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive