Home » » Cara Merawat Lovebird Pemula

Cara Merawat Lovebird Pemula

Cara Merawat Lovebird Pemula-Lovebird merupakan burung sosial yang gemar berdekatan dengan manusia. Burung ini sanggup hidup di banyak sekali kondisi iklim baik panas maupun kering. Selain itu, burung ini populer dengan keindahan bulunya yang bagus dan suaranya yang nyaring. 

Sangat cocok dijadikan binatang peliharaan maupun dijadikan penerima lomba dalam bersuara merdu. Bagi Anda yang tertarik memelihara burung ini, yuk ketahui trik merawat lovebird pemula berikut ini. 
Cara Merawat Lovebird Pemula 

1. Memilih sangkar yang tepat 
Cara merawat lovebird pemula yang pertama meliputi pemilihan sangkar yang tepat. Perlu diketahui bahwa lovebird merupakan burung yang ceria dan lincah sehingga sangkar yang dipakai harus luas, serta menampung daerah tangkringan dengan dua atau tiga jenis ukuran, bentuk, maupun tekstur yang berbeda untuk melatih kekuatan kaki lovebird. Pilihlah daerah tangkringan dari kayu dengan ketebalan sekitar 1,5 cm 

Kandang ideal yang direkomendasikan ialah sangkar yang berukuran 45 x 45 cm. Plihlah sangkar yang menyediakan palang horisontal di kedua sisinya untuk mencegah burung agar tidak cedera. Usahakan jarak antar palang tidak lebih dari 2 cm. 

Sebaiknya, sangkar burung diletakkan jauh dari lantai, jendela yang terbuka, dan dapur lantaran lovebird pemula masih sangat sensitif terhadap asap, angin, dan suara. Jika lovebird terlalu usang terkena angin akan merasa kedinginan dan flu. 

Jangan lupa perhatikan kebutuhan cahaya di dalam kandang. Usahakan sangkar tidak terlalu gelap agar lovebird tidak gampang gelisah yang berisiko sakit. Letakkan sangkar di bersahabat jendela dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu berpengaruh untuk menjaga asupan sinar ultraviolet. 

Anda sanggup menyiasatinya dengan memasang bohlam lampu di area kandang. Nyalakan lampu ini sekitar 80-10 jam sehari. Pastikan intensitas cahaya dari lampu tidak terlalu panas. 

2. Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup 
Cara merawat lovebird pemula yang kedua meliputi tunjangan waktu istirahat yang cukup. Pada umumnya, lovebird membutuhkan waktu tidur selama 10-12 jam sehari dengan suasana yang tenang. Oleh lantaran itu, pastikan lovebird telah berada di lokasi yang jauh dari kebisingan dan gangguan, menyerupai asap, angin, panas, dan binatang predator. 

3. Pemberian pakan yang berkualitas 
Cara merawat lovebird pemula yang ketiga meliputi tunjangan pakan yang berkualitas. Berikan pakan yang mengandung biji-bijian berkualitas yang tentunya sudah dikupas. Jangan lupa tambahkan aksesori yang juga mengandung asupan vitamin dan mineral, menyerupai pellet burung. 

Untuk seekor lovebird pemula memerlukan 2-3 sendok teh pellet atau makanan burung dalam sehari. Anda sanggup memperoleh jenis pakan tersebut di toko terdekat. Jangan lupa lakukan investigasi terhadap kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan tersebut. 

Selain menawarkan pellet dan biji-bijian sebagai materi konsumsi lovebird, Anda juga sanggup menawarkan buah dan sayuran segar. Pastikan buah dan sayuran yang dikonsumsi sudah mencapai 5-10%. Anda sanggup menawarkan buah apel, pepaya, mangga, dan lain-lain. Untuk sayuran, Anda sanggup menawarkan wortel, labu, ubi jalar matang, kangkung, dan lain-lain. 

Dalam tunjangan minum, pastikan air yang dikonsumsi yaitu air higienis yang harus diganti setrik teratur untuk mencegah tumbuhnya virus yang bila diminum sanggup membahayakan kesehatan lovebird. Sebaiknya, Anda meletakkan wadah minum dengan trik menempelnya di sisi sangkar untuk menawarkan akomodasi lovebird dalam mencapainya. 

Itulah beberapa trik merawat lovebird pemula yang harus Anda ketahui. Perawatannya pun harus diperhatikan alasannya yaitu lovebird pemula masih sangat sensitif terhadap keadaan sekitar. Semoga artikel ini sanggup membantu Anda. Selamat mencoba. 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive