Home » » Ciri Dan Cara Menentukan Indukan Lovebird Yang Manis Untuk Diternak

Ciri Dan Cara Menentukan Indukan Lovebird Yang Manis Untuk Diternak

Indukan lovebird yang bagus merupakan salah satu faktor penunjang dan penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak lovebird. Sebab dalam dunia ternak lovebird faktor trah dan keturunan dari indukan masih mempunyai tugas yang sangat besar sekali. Indukan yang manis akan menghasilkan anakan yang manis pula, begitu sebaliknya indukan yang kurang manis biasanya anak-anaknya juga akan kurang berkualitas. Oleh alasannya yaitu itu dalam beternak lovebird anda harus tahu ciri-ciri indukan lovebird yang manis dan anda juga harus bisa membedakan dan mengetahui trik menentukan indukan lovebird yang bagus, sehingga ternak lovebird akan sukses dan cepat panen.

Banyak lovebird mania percaya bahwa faktor keturunan atau faktor trah merupakan penentu kualitas dari lovebird anakan. Indukan lovebird trah jawara ngekek panjang, bila diternak kemungkinan besar juga akan menghasilkan anakan yang bisa ngekek panjang dan menjadi jawara ibarat induknya, bahkan mungkin lebih manis lagi dari induknya. Sebaliknya lovebird sayur yang hanya ngekek kurang dari 5 detik, kemungkinan besar juga hanya akan menghasilkan anakan yang sanggup ngekek serupa dengan induknya. Meskipun tidak menutup kemungkinan lovebird sayur juga bisa menghasilkan anakan jawara yang bisa ngekek panjang.

 merupakan salah satu faktor penunjang dan penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak l Ciri Dan Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Bagus Untuk Diternak
BACA JUGA: Cara budidaya ternak lovebird untuk pemula
Pemilihan indukan lovebird yang bagus bukan hanya dilihat dari faktor anakannya saja, tetapi juga dilihat dari bagaimana indukan lovebird tersebut nantinya bisa berproduksi atau tidak ketika diternak. Sebab banyak juga para breeding lovebird pemula dan kecil-kecilan yang gagal lantaran indukannya tidak mau betelur, atau mau bertelur tapi tidak mau menetas. Ada juga indukan lovebird yang mau bertelur dan menetas tapi kemudian justru mematuk anakannya sendiri hingga mati, hal ini biasanya terjadi pada indukan lovebird yang terlalu galak dan mengalami stress.

Ciri-ciri indukan lovebird yang manis untuk ternak

Jika anda peternak lovebird pemula tentu masih sangat membutuhkan acuan dalam hal ciri-ciri indukan lovebird yang baik, tapi bila anda seorang breeder lovebird berpengalaman, tentu hal ini sudah tidak anda butuhkan lagi. Adapun ciri dari indukan lovebird yang baik untuk diternak yaitu sebagai berikut:

1. Indukan lovebird harus sehat

Artinya indukan lovebird yang akan anda ternak harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang sakit, lantaran lovebird yang sakit tentu tidak akan bisa untuk produksi, kalaupun bisa produk biasanya anakannya tidak akan tepat atau tertular penyakit dari induknya. Bahkan selain itu penyakit lovebird terkadang juga akan gampang menular pada indukan lovebird yang lainnya. Makara sebaiknya anda jangan menimbulkan lovebird yang sedang sakit untuk menjadi indukan, sebaiknya pisahkan dari lovebird yang lainnya (karantina) agar penyakitnya tidak menular ke lovebird lain..

2. Indukan lovebird tidak cacat

Jika anda ingin beternak lovebird maka sebaiknya jangan setengah-setengah, jadi pilihlah indukan yang baik dan tidak cacat. Jangan memaksakan lovebird cacat untuk dijadikan indukan, lantaran selain susah untuk produksi nanti hasil dari anakannya juga bisa tidak sempurna.

3. Indukan dihentikan stress

Sangat tidak disarankan untuk beternak lovebird dengan indukan yang sedang stress, lantaran hanya buang-buang waktu, tenaga, dan uang saja. Indukan stress kok diternak? Mendingan dirawat dulu agar sembuh, kalau sudah benar-benar sembuh barulah bisa diternak.

4. Indukan lovebird tidak ngelemak

Lovebird yang ngelemak atau kegemukan akan susah sekali untuk diternak, lantaran jangankan untuk produksi, untuk berkicau dan ngekek saja sangat sulit sekali, lantaran lovebird sudah terlanjur ngelemak dan kegemukan. Makara sebaiknya diterapi dulu agar lovebird tidak ngelemak, untuk triknya silahkan baca disini: Cara mengatasi lovebird ngelemak dan kegemukan

5. Indukan pejantan tidak gestang (gesek tangkringan)

Lovebird pejantan yang sering gesek tangkringan sebaiknya anda hindari untuk diternak, alasannya yaitu pejantan jenis ini akan lebih suka menggesek tangkringan daripada mengawini si betina. Makara biasanya indukan lovebird yang jantannya suka gestang akan lebih usang untuk bertelur.

Itulah ciri-ciri indukan lovebird yang manis untuk diternak, kini kita menuju ke trik menentukan indukan yang baik untuk ternak, lantaran bila anda sudah mengetahui ciri-cirinya, kini saatnya anda untuk mengetahui trik memilihnya.

Cara menentukan indukan lovebird yang manis untuk diternak


1.  Pilih indukan lovebird yang berbadan bongsor tapi proporsional, artinya antara kepala, leher, badan, ekor, dan kaki terlihat seimbang dan proporsional, tidak angkuh atau besar badan.

2. Pilih indukan lovebird yang lincah, agresif, aktif, galak, dan bernafsu makan, lantaran itu membuktikan lovebird dalam keadaan sehat wal afiat.

3. Pilih indukan lovebird yang bulunya bersih, halus, tidak kusam, dan tidak rontok. Jika anda beternak lovebird menurut warna, maka pilihlah indukan lovebird yang mempunyai warna menarik dan mempunyai harga jual yang tinggi.

4. Pilih indukan lovebird yang mempunyai sayap mengapit/ menyilang (tidak terbuka), selain itu pilih juga indukan lovebird yang mempunyai mata yang besar dan tajam (tidak sayu)

5. Pilih indukan lovebird yang rajin ngekek atau bahkan bisa ngekek panjang, sehingga nanti keturunannya juga akan bisa ngekek panjang.

6. Pilih indukan lovebird yang sudah memasuki masa produksi dan sudah dalam keadaan birahi, agar lebih cepat bertelur dan menetas. Lovebird yang sudah siap produksi biasanya berusia 8 bulan untuk jantan, dan 1 tahun untuk betina.

7. Pilih indukan lovebird yang sudah berjodoh dan mau kawin, lebih baik lagi bila anda menentukan dan membeli lovebird yang sudah pernah produksi, dan lebih manis lagi indukan lovebird yang sedang produks (sedang bertelur/ meloloh anak)

Catatan ciri dan trik menentukan indukan lovebird yang baik:


1. Jika anda seorang pemula lebih baik anda membeli indukan lovebird dari peternak eksklusif yang sudah anda kenal/ dipercaya, lantaran untuk menghindari adanya penipuan penjual lovebird yang nakal.

2. Jika anda ingin bereksperimen, anda bisa membeli lovebird jantan dan betina setrik terpisah kemudian mejodohkannya sendiri, lantaran bila berhasil merupakan sebuah kepuasan dan kebanggan tersendiri.

3. Anda bisa membeli indukan lovebird siapan, artinya sudah berjodoh dan sudah siap produksi tapi belum pernah produksi, tapi resiko kegagalan dan keberhasilan masih 50:50

4. Paling aman, mudah, dan ceoat yaitu dengan membeli indukan lovebird yang sudah pernah produksi atau bahkan sedang berproduksi (sedang bertelur/ meloloh anaknya), resiko kegagalannya sangat kecil, asal anda tahu trik merawatnya dengan benar.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai ciri-ciri indukan lovebird yang manis serta trik menentukan indukan lovebird yang manis yang sanggup aku tuliskan, semoga bermanfaat dan menambah acuan anda sebelum beternak lovebird.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive