Home » , » Manfaat Bunga Kitolod Untuk Penyakit Snot Dan Katarak Burung Lovebird

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Penyakit Snot Dan Katarak Burung Lovebird

Manfaat bunga kitolod -Sobat kicau mania, Pernahkah anda mendengar, melihat, atau bahkan menyentuh tumbuhan kitolod? Pasti banyak yang sudah, tapi banyak juga yang belum. Tanaman kitolod ialah salah satu jenis tumbuhan liar yang sering tumbuh di tempat yang lembab menyerupai selokan, parit, pinggiran sungai, pematang sawah, dan tempat yang lembab lainnya. Untuk Anda yang tinggal di kawasan pedesaan mungkin sering menjumpai tumbuhan kitolod, tapi untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan kini ini mungkin sudah sangat jarang ditemukan tumbuhan kitolod.

Meskipun tumbuhan atau daun kitolod hanyalah salah satu tumbuhan liar, namun mempunyai beberapa manfaat khususnya bagi kesehatan, baik itu kesehatan insan maupun kesehatan binatang, termasuk salah satunya untuk hewan peliharaan (burung kicauan).

Ciri-ciri tumbuhan kitolod


 Tanaman kitolod ialah salah satu jenis tumbuhan liar yang sering tumbuh di tempat yang l Manfaat Bunga Kitolod Untuk Penyakit Snot Dan Katarak Burung Lovebird
Gambar bunga kitolod

Tanaman kitolod mempunyai nama latin Isotoma Longiflora atau juga sering disebut Laurentia Longiflora. Tanaman ini mempunyai ciri khas bunga berwarna putih yang muncul di sela-sela ketiak daun. Bunga kitolod mempunyai tangkai yang panjang sedangkan daun kitolod berbentuk tunggal meruncing dan bergerigi. Pada pangkal batang tumbuhan kitolod mempunyai getah yang beracun, sehingga pada ketika menggunakan bunga kitolod sebagai obat jangan hingga tercampur dengan batangnya yang mengandung racun tersebut.

Kandungan dalam tumbuhan kitolod

Di dalam tumbuhan kitolod tersebut mengandung senyawa saponin,  alkaloid, dan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menyembuhkan penyakit iritasi mata menyerupai katarak, sakit gigi, asma kanker,  dan lain sebagainya. Sedangkan untuk burung biasanya dipakai sebagai obat katarak dan penyakit snot mata.

Manfaat tumbuhan kitolod untuk burung berkicau


Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa tumbuhan kitolod tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan insan saja, melainkan juga bermanfaat untuk mengobati penyakit mata pada burung kicauan contohnya menyerupai burung lovebird, murai batu, kacer, kenari, dan lain sebagainya.

Makara ketika burung lovebird peliharaan anda terjangkit penyakit snot, jangan lantas mengalah dan putus asa. Anda sanggup mencoba untuk menyembuhkannya dengan menggunakan ramuan bunga kitolod tersebut, atau sanggup juga dengan menggunakan air seni/ urine menyerupai yang pernah saya bahas pada posting sebelumnya. Silahkan baca: Manfaat air seni untuk menyembuhkan penyakit snot lovebird

Daun kitolod untuk mengobati penyakit snot mata lovebird


Banyak obat untuk menyembuhkan penyakit snot mata yang beredar di pasaran ternyata merupakan hasil dari pengolahan tumbuhan kitolod tersebut.

 Tanaman kitolod ialah salah satu jenis tumbuhan liar yang sering tumbuh di tempat yang l Manfaat Bunga Kitolod Untuk Penyakit Snot Dan Katarak Burung Lovebird
Gambar burung lovebird yang terkena penyakit snot mata

Cara penggunaannya adalah: 

1. Ambil 1 bunga kitolod hingga pangkal paha yang masih segar higienis dan terbebas dari pestisida

2. Cuci bunga kitolod tersebut dengan menggunakan air higienis untuk menghilangkan kotoran yang menempel

3. Masukkan bunga kitolod ke dalam 1 gelas air higienis dan rendam selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

4. Selanjutnya teteskan air rendaman bunga kitolod dari ujung tangkai bunga sebanyak 2 hingga 3 tetes.

5. Pengobatan dilakukan sebanyak tiga kali sehari yaitu pada pagi hari siang hari dan sore hari.

6. Lakukan setrik rutin hingga penyakit snot pada lovebird sembuh

Daun kitolod untuk menngobati penyakit katarak burung


Cara penggunaan bunga kitolod untuk menyembuhkan penyakit katarak burung ialah hampir sama menyerupai trik menyembuhkan penyakit snot, yaitu dengan merendam bunga kitolod ke dalam segelas air lalu meneteskan air rendaman tersebut ke mata burung setrik rutin. Yang terpenting ialah jangan hingga tercampur dengan getah yang terdapat pada pangkal batang kitolod yang mengandung racun tersebut.

Sebaiknya pilihlah bunga kitolod yang berasal dari perkebunan atau pertanian sehingga lebih kondusif dari gangguan hama dan tentunya mempunyai kualitas bunga yang lebih baik.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive