Home » » Jenis-Jenis Burung Murai Kerikil Medan Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Burung Murai Kerikil Medan Dan Penjelasannya

Mengenal Jenis-jenis Kumpulan Burung Murai Batu Medan -Murai kerikil mempunyai aneka macam jenis alasannya ialah memang keberadaannya tersebar luas di Indonesia bahkan di daerah asia. Namun murai yang paling banyak di cari dan di kenal di indonesia ialah yang berasal dari trah medan. Hal itu alasannya ialah postur burung yang menarik dan suaranya yang melengking keras. Burung ini semakin banyak diburu oleh masyarakat sehingga semakin sulit ditemui di habitat aslinya. Hal itu tentu membuat harga burung murai kerikil medan ini semakin mahal saja. Jika anda berminat untuk membeli burung murai kerikil medan maka anda harus sanggup membedakannya dengan jenis lainnya supaya anda tidak hingga salah pilih. 
Beberapa hal berikut perlu anda perhatikan ketika akan membeli burung murai kerikil medan sehingga nada tidak salah dengan membeli jenis lainnya. 

1. Usia 
Jika anda membeli burung murai kerikil medan maka lebih baik bila anda membeli yang umurnya sudah mencapai kurang lebih 4-6 Bulan. Hal itu alasannya ialah dibawah usia tersebut kebanyakan murai kerikil masih agak sedikit susah untuk membedakannya. Selain itu, bila anda membeli yang masih terlalu kecil burung tersebut masih sangat rentan mengalami kematian. Dari pada anda membelinya mahal-mahal namun mati lebih baik anda membeli yang sudah agak besar. 

2. Ekor 
Hal gampang yang sanggup anda lihat dari burung ini ialah ekornya. Hal itu alasannya ialah umumnya burung murai kerikil medan mempunyai ekor yang panjang dengan rata-rata mencapai 19-25 cm atau bahkan lebih. Bentuk ekornya kebanyakan melengkung, tetapi ada juga yang bentuknya lurus serta tidak begitu panjang. Hal itu tergantung dengan indukan burung tersebut. Ekor Murai Batu Medan umumnya mempunyai empat pasang bulu ekor yang berwarna putih tegas yang terdapat pada sisi kanan kiri ekor. 

3. Dari Postur Badan 
Burung murai kerikil medan termasuk dalam kelompok murai yang mempunyai postur tubuh besar. Hal ini sanggup anda lihat dari posturnya yang lebih tegap dan lebih besar dari jenis murai kerikil lainnya. Meskipun begitu, bentuk tubuh tersebut tetap tampak ideal alasannya ialah sangat harmonis dengan ekornya yang panjang. Pada bab kepala Murai Batu Medan juga mempunyai bentuk yang sangat cantik dan terlihat lebih tepat ketika burung murai kerikil medan tubuh bangun tegak. 

4. Warna bulunya 
Wana bulu Burung murai kerikil medan sepintas akan terlihat hitam kelam serta sedikit mengkilap pada burung jantan. Tetapi bila bulunya tersengat sinar matahari maka akan tampak sedikit kilatan kebiru-biruan. Burung ini mempunyai bulu berwarna putih membentuk aksara “U” yang terpotong di bab tengah ekornya. Selain itu, burung ini juga mempunyai warna oranye di bab dadanya yang semakin menambah keindahannya. 

5. Warna kaki 
Warna kaki burung murai kerikil medan umumnya merah gelap dan cenderung kecokelatan, hal itu menunjukkan bahwa murai tersebut masih muda. Namun tentu tidak jarang dijumpai kaki murai kerikil yang berwarna hitam. Bila telah berilmu balig cukup akal kakinya akan bersisik serta mempunyai lekukan menyerupai buah belimbing. 

Jika anda sudah mengetahui bagaimana perbedaan burung murai kerikil medan dengan burung murai kerikil lainnya maka hal tersebut akan memudahkan anda ketika membeli burung ini. Burung murai medan umumnya sanggup dikenali dari ekornya yang panjang bahkan sanggup mencapai 30 cm. Hal tersebut tentu sanggup menjadi ciri khas yang sanggup anda lihat dengan terperinci ketika ingin memelihara burung murai kerikil medan. Mengingat semakin sedikitnya burung murai di habitat aslinya maka akan lebih baik bila anda membeli burung ini dari penangkaran burung.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive