Home » » Cara Ampuh Melatih Murai

Cara Ampuh Melatih Murai


Cara Melatih Murai-Memiliki burung yang sanggup berkicau dengan bunyi yang merdu tentunya sangat diinginkan oleh setiap pemilik burung kicau. Umumnya terdapat tiga faktor yang sanggup menjadikan burung rajin berkicau yaitu karakter, contoh perawatan yang diberikan dan pakan serta minumannya. Anda tentu saja sanggup membuat burung peliharaan anda menjadi rajin berkicau dengan bunyi yang indah. Hal yang anda butuhkan untuk melatih kicau burung murai ialah konsistensi, sabar, giat dan memahami abjad burung peliharaan anda. Merawat burung sampai menjadikkan ya bakir berkicau memang membutuhkan waktu dan ketelatenan.


Berikut merupakan beberapa trik yang sanggup anda lakukan untuk melatih kicau burung murai peliharaan anda.
1. Pengembunan
Hal pertama yang sanggup anda lakukan dalam melatih kicau burung murai ialah dengan pengembunan. Hal ini dilakukan sebelum burung dijemur, yaitu pada sekitar jam 5 pagi anda sanggup meletakkan sangkar burung pada dahan pohon di halaman rumah anda. Dengan begitu burung sanggup mendapat udara pagi yang masih segar untuk memperlancar pernapasannya. Pengembunan ini penting sebab burung sanggup mencicipi lingkungan menyerupai yang ada di habitat orisinil mereka. Suasana pagi juga lebih disukai burung untuk berkicau dengan begitu burung anda akan lebih rajin berkicau.
2. Membersihkan Kandang
Hal penting berikutnya yang juga harus diperhatikan dalam melatih kicau burung murai yaitu membersihkan kandangnya. Hal tersebut sanggup membuat burung rajin berkicau sebab tidak merasa terganggu dengan sangkar yang kotor dan dipenuhi dengan kotoran. Karena itu, penting untuk membersihkan sangkar dengan setiap hari agar burung rajin berkicau dan terhindar dari penyakit.
3. Berlatih Dengan Cermin
Cara melatih kicau burung murai lainnya juga sanggup menggunakan cermin untuk melatih mental burung agar sanggup mengeluarkan bunyi. Hal itu terjadi sebab naluri burung mereka merasa tersaingi ketika melihat bayangannya di cermin. Hal ini dilakukan agar burung sanggup berani mengeluarkan suara, bukan latihan agar mempunyai kicauan yang indah. Anda sanggup gantungkan cermin tersebut pada dinding sangkar, namun anda harus perhatikan kalau ternyata burung menjadi marah. Jika hal itu terjadi maka cukup dekatkan cermin agar burung tidak mengalami  bulu rontok pada sayap dan ekor.
4. Letakkan Sangkar di Keramaian
Agar burung tidak gampang stress dan terbiasa dengan keramaian anda sanggup melatih kicau burung murai dengan meletakkan sangkar burung tersebut di kawasan yang ramai. Anda sanggup meletakkan sangkar di teras ruah yang banyak dilalui oleh orang. anda juga sanggup memelihara beberapa burung lain sehingga murai anda tidak merasa kesepian. Hal ini akan melatih burung anda ketika mengikuti perlombaan dimana suasana yang ada di sana sangatlah ramai.
5. Berikan Ramuan Jahe
Pemberian ramuan jahe dipakai untuk melatih kicau burung murai. Dipercaya bahwa jahe sanggup merangsang burung untuk berkicau lebih rajin. Hal itu juga sanggup sekaligus menjaga kebugaran tubuh, menghangatkannya ketika trend hujan dan membuat burung lebih aktif. Kandungan pada jahe juga sanggup mengatasi abuh tenggorokan yang sanggup menjadikan burung kesulitan berkicau sebab terjadi penyumbatan udara pada kerongkongan. Ramuan ini sanggup anda berikan setrik rutin pada peliharaan anda.
Beberapa trik tersebut sanggup anda lakukan untuk melatih kicau burung murai sehingga burung anda sanggup mempunyai kicauan yang indah. Tentu saja untuk mewujudkan hal terebut tidak sanggup anda raih dalam waktu yang sebentar, butuh proses yang cukup panjang serta kesabaran dalam melarih burung murai tersebut sampai beliau bakir berkicau. Bahkan kalau burung anda mempunyai kicauan yang indah anda sanggup mengikutsertakan pada sebuah lomba. Hal tersebut tentu akan menaikkan harga pasaran burung milik anda.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive