Home » » Perbedaan Trotolan/ Anakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Perbedaan Trotolan/ Anakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Cara membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina memang tidak semudah membedakan cucak ijo jantan dan betina yang sudah dewasa. Sebab untuk cucak ijo remaja tentu sangat terang sekali perbedaan antara yang jantan dan yang betina, baik itu dari bentuk fisik maupun dari kualitas kicauan, lantaran cucak ijo jantanlah yang mempunyai kualitas kicauan yang baik.

Untuk cucak ijo remaja jantan setrik fisik tampak terang sekali yaitu terdapat warna hitam pada potongan muka hingga leher yang biasa disebut dengan istilah "Nopeng". Sedangkan untuk cucak ijo betina terang tidak mempunyai topeng (warna hitam dibagian muka dan leher). Meskipun demikian tidak sedikit penjual burung bandel yang sengaja mengecat burung cucak ijo betina semoga tampak mempunyai topeng menyerupai cucak ijo jantan, oleh lantaran itu bagi anda yang masih awam, sebaiknya berhati-hati kalau ingin membeli burung cucak ijo, khususnya pada penjual yang belum dikenal atau tidak terang dimana alamat kawasan tinggalnya (kios/ rumah) nya.

Untuk mengetahui perbedaan anakan cucak ijo jantan dan betina tentu akan lebih susah lagi, terutama yang belum tampak gejala topengnya. Nah sebagai materi rujukan bagi anda yang ingin membeli trotolan cucak ijo jantan semoga tidak salah menentukan sehingga malah sanggup yang betina, simak ulasan berikut ini:

Inilah perbedaan trotolan/ anakan cucak ijo jantan dan betina


trik membedakan trotolan cucak ijo sebetulnya cukup mudah, asalkan si penjual tidak bandel dan merekayasa anakan cucak ijo tersebut. Permasalahannya kini ini banyak penjual burung yang tidak jujur dan merekayasa semoga trotolan cucak ijo betina seperti tampak menyerupai anakan cucak ijo jantan. Kaprikornus saran aku sebaiknya anda membeli anakan ijo kepada penjual burung yang sudah anda kenal, semoga anda tidak tertipu.


Ciri-ciri trotolan cucak ijo jantan


  1. Lingkar bulu mata, atau alis mata, atau cincin mata, atau apapun itu anda menyebutnya berwarna kuning cerah dan terang (lugas) bukan kuning pudar.
  2. Paruh potongan bawah/ bawah paruh berwarna coklat kehitaman (coklat gelap) dan dikala remaja nanti biasanya berkembang menjadi hitam pekat.
  3. Cekungan pada paruh potongan bawah membentuk huruf  V
  4. Bulu pada potongan dagu hingga leher berwarna kuning cerah (kuning tua) tidak pudar. Seiring bertambahnya usia warna kuning tersebut sedikit-demi sedikit akan rontok dan berkembang menjadi bintik-bintik hitam, dan ketika sudah remaja akan berkembang menjadi full hitam pekat meyerupai topeng pada leher, dagu, hingga muka.
  5. Jarak supit udang lebih rapat dan keras dikala ditekan

Ciri-ciri anakan cucak ijo betina

  1. Ciri-ciri trotolan ijo betina ialah berkebalikan dengan trotolan ijo jantan, yaitu mempunyai lingkar mata/ cincin mata berwarna kuning pudar (keputih-putihan)
  2. Paruh potongan bawah berwarna putih kehitaman (abu-abu)
  3. Cekungan paruh potongan bawah membentuk aksara U
  4. Bulu dagu hingga leher berwarna kuning pudar (kuning keputih-putihan) dan ketika remaja berkembang menjadi putih
  5. Jarak supit udang lebih longgar dan lunak ketika ditekan
Cara membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina Perbedaan Trotolan/ Anakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina
Perbedaan anakan cucak ijo jantan dan betina setrik fisik

CATATAN:

Anakan cucak ijo mempunyai kaki yang tampak kebasah-basahan, sedangkan cucak ijo remaja mempunyai kaki yang tampak kering dan bersisik. Jika ada penjual yang mengatakan anakan cucak ijo jantan yang belum nopeng tapi kakinya sudah tampak kering, sanggup dipastikan itu ialah cucak ijo remaja betina (bukan anakan cucak ijo jantan), jadi jangan tertipu dengan bujuk rayu penjual tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan trotolan cucak ijo jantan dan betina, semoga dengan ulasan ini anda menjadi semakin lebih faham dalam hal jenis kelamin cucak ijo.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive