Home » » Cara Menurunkan Over Birahi Cucak Ijo

Cara Menurunkan Over Birahi Cucak Ijo

Burung cucak ijo merupakan burung semi fighter yang artinya kita harus mengetahui setingan yang pas untuk burung tersebut agar mendapatkan birahi yang stabil, kenapa birahi pada burung cucak ijo harus stabil karena jika burung dalam keadaan over birahi maka burung lebih sering menyerang burung lain daripada mengeluarkan isiannya.

birahi si burung ini tak baik jika terlalu over atau sedikit tinggi dan juga tak baik jika terlalu rendah.
Sebelum kita bahas cara mengatasi Over Birahi burung Cucak Ijo sebelomnya kita harus mengetahui dulu apa itu over birahi agar solusi yang diterapkan tepat sasaran. Over birahi pada cucak ijo terjadi ketika tingkat birahi (pengen kawin) pada burung ini sudah melebihi batas wajarnya, simpelnya sudah terlalu ngebet kawin hahaha. Kondisi ini mengakibatkan burung menjadi terlalu agresif dan enggan berkicau. Biasanya prilaku yang ditunjukkan yaitu sering ngeruji (seperti ingin keluar mengejar musuhnya), naik turun tangkringan, jarang berbunyi ngeplong (hanya cuiitt cuuiitt).

Adapun faktor pemicu yang mudah menyebabkan cucak hijau mengalami over birahi antara lain :
  • Pemberian pakan yang tidak tepat, terutama setelan extra fooding (EF) seperti kroto dan jangkrik.
  • Mendengar suara burung sejenis atau burung dari jenis lain, khususnya cucak jenggot, kapak tembak, anis merah, bahkan burung gereja.
  • Melihat burung lain dengan warna atau jenis tertentu, seperti warna-warna cerah.
  • Tidak sedikit juga cucak hijau yang langsung naik birahinya begitu melihat kehadiran perawat atau pemiliknya.

Tanda-tanda visual dari cucak hijau yang mengalami OB bervariasi, tergantung dari karakter burung itu sendiri. Beberapa tanda visual yang bisa muncul dari cucak hijau over birahi antara lain :

  • Burung yang semula tenang tiba-tiba berubah menjadi galak, suka meloncat-loncat dalam sangkar seperti hendak mengejar musuhnya.
  • Dalam banyak kasus, lidahnya sering menjulur atau melet-melet, termasuk ketika didekati atau ditempel dengan burung sejenis.
  • Burung sering mengembangkan bulu–bulu tubuhnya, termasuk mengembangkan kedua sayapnya.
  • Burung seperti kegirangan begitu melihat pemilik /perawat, yang ditunjukkan dengan mengembangkan kedua sayapnya, melompat / terbang di dalam sangkar, dan memeletkan lidahnya. Hal ini sering dijumpai pada cucak hijau yang sangat jinak dan manja terhadap perawatnya.

Menurunkan birahi burung cucak ijo dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari pengumbaran secara rutin hingga mengawinkannya. Pemberian buah-buahan tertentu juga cukup efektif dalam menurunkan birahi burung cucak ijo.

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo :

1. Mandi Sering
Mandi dengan frekuensi sering juga bisa membantu dalam menurunkan birahi yang tinggi. Jika normalnya Anda memandikan burung 1 atau 2 kali sehari, maka tingkatkan menjadi 3 sampai 4 kali sehari. Mulai dengan mandi pagi hari, sore hari, dan malam hari atau pagi hari, siang, dan malam hari.

2. Mandi Malam dan Mandi Es
Mandi malam adalah mandi pada waktu malam hari karena dingin bisa membuat birahi burung menurun. Cobalah untuk memandikan burung sekitar di atas pukul 7 malam agar mendapatkan hasil yang baik. Selain itu, mandi es juga bisa menjadi pilihan lain di mana Anda akan memandikan burung Anda menggunakan air dingin dari kulkas. Sebelum melakukan mandi es, sebaiknya lakukan pengembunan singkat agar burung tak terkejut.

3. Proses Penjemuran Jangan Terlalu Lama
Jika biasanya Anda menjemur burung 1 sampai 2 jam perhari setelah mandi, maka kurangi lah menjadi 15 sampai 30 menit saja setiap harinya. Penjemuran yang terlalu lama dan panas bisa meningkatkan birahi burung dan malah membuat burung over birahi. Cobalah untuk menjemur burung misalnya mulai dari jam 8 pagi selama 30 menit atau di bawah jam 11 siang. Selain itu, sebagian ahli berkata boleh tak dijemur dan hanya diangin-anginkan saja setelah mandi sampai birahi burung benar-benar sudah stabil.

4. Pengembunan
Pengembunan sangat disarankan untuk cucak ijo yang over birahi bahkan bisa dilakukan setiap pagi. Biasakan diri Anda untuk melakukan pengembunan antara pukul 5 pagi sampai 6 pagi setelah itu, angin-anginkan sejenak. Proses ini bisa bermanfaat untuk menurunkan birahi burung karena udara sejuk pagi hari membantu dalam mengatur emosi si burung.

5. Pemberian Buah
Berikut Jenis buah penurun birahi burung cucak ijo
Sebenarnya banyak sekali jenis buah yang dapat membantu menurunkan birahi burung cucak ijo. Tapi berdasarkan pengalaman para pemain cucak ijo, sedikitnya ada tiga jenis buah yang cukup efektif, yakni:
  • Belimbing
  • Jambu air hijau
  • Buah naga
  • Pepaya lokal
6. Jangan Berikan EF Serangga
Hentikan pemberian EF berupa serangga seperti jangkrik dan lainnya. Pemberian EF seperti serangga yang memiliki kandungan protein tinggi sangat bisa membuat birahi burung menjadi over.

7. Pemberian Ulat Bambu
Makanan utamanya adalah ulat bambu yang sangat berkhsiat dalam menurunkan birahi yang tinggi. Jika tidak ada ulat bambu, bisa digantikan dengan cacing yang telah dipotong kecil dan diberikan ke cucak ijo milik Anda. Selain ulat bambu dan cacing, jenis serangga dan ulat lainnya seperti jangkrik dan ulat hongkong sebaiknya tak diberikan.

8. Lakukan Pengumbaran
Proses pengumbaran sangat disarankan untuk dilakukan setiap pagi karena akan membantu burung berolahraga dan menurunkan birahinya yang tinggi. Tindakan ini sangat lah wajib dilakukan selama burung cucak ijo milik Anda masih memiliki birahi yang tinggi.

9. Perawatan yang Baik
Untuk menunjang tips-tips di atas, Anda perlu melakukan perawatan tambahan lainnya seperti pemberian makanan yang rendah EF peningkat birahi, pemberian minum mineral yang baik, dan pembersihkan kandang secara teratur. Selain itu, bagaimana tindakan Anda dalam merawat mental si burung juga termasuk dalam perawatan yang baik dan menjadi hal yang penting untuk seorang penangkar burung.

Diatas sudah saya terapkan pada burung saya sendiri dan hasilnya dapat terlihat setelah 1 minggu perawatan, jika burung dirasa sudah stabil birahinya maka lakukan evaluasi kenapa burung tadi bisa over birahi dan berikan setelan harian yang cocok untuk burung tersebut.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive