Home » » Myzomela Kepala Merah

Myzomela Kepala Merah

Burung Myzomela kepala merah atau disebut dengan red-headed myzomela ataupun red-headed honeyeater dalam bahasa Inggrisnya dan mempunyai nama latin (Myzomela erythrocephala) ini yaitu jenis burung pengicau dari keluarga Meliphagidae yang sanggup dijumpai di daerah Australia , Indonesia , dan papua nugini .Burung ini mempunyai ukuran kecil (11 cm) dan hanya hidup di hutan mangrove untuk habitat aslinya.
Burung Myzomela kepala merah atau disebut dengan Myzomela Kepala Merah

Jantan gampang dikenali dari kepala dan tunggirnya yang merah. Betina ibarat betina myzomela lainnya yang berwarna lebih kusam. Jenis burung yang mempunyai kemiripan fisik dengan burung ini yaitu Myzomela remang,namun spesies ini tidak mempunyai warna merah-jambu di bab muka dan lebih kecil daripada Myzomela kepala-merah betina.

Suara burung ini terdengar mirip kata “chirp” yang lemah, juga siulan-siulan parau.Maaf untuk bunyi kicaunya belum kami temukan yang orisinil rekaman hutan.

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah:
  1. Myzomela erythrocephala infuscata W. A. Forbes, 1879 – Kep. Aru, pesisir selatan Papua (Teluk Triton ke timur hingga Domara, bab timur Cape Rodney) dan kepulauan di Terusan Torres.
  2. Myzomela erythrocephala erythrocephala Gould, 1840 – Kepulauan di Teluk Torres bab tengah dan selatan, dan Australia. Di habitat aslinya,burung ini sanggup dijumpai menghuni daerah hutan mangrove dan hutan pesisir.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.Reff kutilang.or.id

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive