Home » , » Caranya Membuat Sangkar Ternak Kenari Paling Murah

Caranya Membuat Sangkar Ternak Kenari Paling Murah

Caranya Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah Caranya Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah
Kandang Ternak Kenari

Membuat kandang untuk beternak burung kenari sudah semestinya Musti memperhatikan kenyamanan burung kenari.
Burung kenari dapat di katakan sebagai burung yg tidak rewel dalam pemeliharaannya. Makara tidak membutuhkan perlakuan khusus, sehingga dalam membuat sangkar ternak kenari tidak terlalu sulit.

Untuk membuat sangkar ternak kenari, tidak ada ukuran baku yg Musti di terapkan sebagai ukuran standar kandang untuk berkembang biaknya.
Asal tidak terlalu sempit dan nyaman, kenari bakal tetap berkembang biak dengan baik. Tentu juga dilarang lupa, bahwa kebutuhan nutrisi burung kenari Musti selalu di perhatikan sebagai faktor penunjang keberhasilan beternak burung kenari.

Wiraternak sendiri pernah melihat sebuah peternakan burung kenari di Jogjakarta, dengan ukuran sangkar ternak kenari yg berdasarkan wiraternak terlalu sempit.
Dengan ukuran panjang 30cm, lebar 40cm dan tinggi 40cm, kenari tetap sanggup berkembang biak dengan baik. Bahkan kenari yg di pelihara tersebu yaitu kenari F1 dan F2, bukan kenari-kenari lokal yg memiliki postur lebih kecil.

Seperti yg wiraternak tulis sebelumnya, tidak ada ukuran baku atau ukuran ideal dalam membuat sangkar ternak kenari.
Ukuran sanggup di katakan ideal dikala kenari yg Anda pelihara sehat dan menghasilkan anakan atau berkembang biak dengan baik.
Begitu juga dengan material atau materi baku untuk membuat kandang, tidak ada hukum baku yg mengharuskan sangkar ternak kenari di buat dari materi baku tertentu.

"Video sangkar ternak kenari sistem koloni"

Kandang untuk beternak burung kenari dapat di katakan ideal, apabila sangkar peternakan burung kenari memiliki beberapa point di bawah ini.
Point di bawah ini juga sanggup di jadikan sebagai barometer sangkar ideal untuk beternak burung kenari.

1. Ruang Gerak yg Memadai
Mengingat burung kenari yg di pelihara untuk tujuan ternak, maka ruang gerak dalam sangkar kenari Musti memadai.

Apabila sangkar untuk beternak burung kenari yg terlalu sempit, dikala anak kenari sudah mulai keluar dari sarang, sangkar kenari bakal terasa penuh dan tidak nyaman bagi burung kenari tersebut.
Kandang ternak kenari yg terlalu sempit juga bakal menghasilkan kadar amoniak yg tinggi.

2. Sirkulasi Udara yg Bagus
Mendesain sangkar ternak kenari Musti memperhatikan sirkulasi udara yg manis bagi kesehatan burung kenari yg di ternakkan.

Kurangnya sirkulasi udara, bakal mengundang penyakit yg merugikan peternakan burung kenari.
Material yg di gunakan sebaiknya bukan material yg sanggup mengurangi tingkat sirkulasi udara di dalam sangkar ternak kenari.

Disamping material, penempatan sangkar ternak kenari juga Musti memperhatikan apakah daerah tersebut memiliki sirkulasi udara yg manis atau tidak

3. Kandang Ternak yg Tidak Terlalu Besar
Semakin besar sangkar ternak burung kenari, maka bakal semakin sulit dalam melaksanakan perawatan terhadap burung kenari yg Anda ternakkan.
Kecuali pada metode beternak burung kenari sistem koloni.

Kandang ternak kenari ideal yaitu sangkar ternak burung kenari yg tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Apabila terlalu kecil, sangkar bakal terasa pengap dan sirkulasi udara tidak bagus. Apabila terlalu besar, Anda bakal mengalami kesulitan dalam melaksanakan perawatan terhadap burung kenari yg Musti menerima perlakuan khusus.

Misal ada Keliru satu indukan kenari yg sakit, atau apabila peternakan Memakai sistem kawin cabut,Anda bakal kesulitan dalam menangkap pejantan untuk di pindahkan ke dalam sangkar ternak kenari betina.

Anda  sanggup Memakai kemampuan menjangkau tangan Anda sebagai ukuran dalam membuat sangkar ternak kenari. Jika tangan Anda bisa menjangkau setiap sisi dan sudut dari sangkar ternak, maka sangkar sanggup di katakan memiliki ukuran yg sesuai.

4. Aman Bagi Burung
Usahakan jangan Memakai sangkar bambu yg di jual di pasaran dengan tingkat kehalusan jari-jari bambu yg buruk.

Kandang ibarat ini sangat membahayakan bagi burung. Dalam menentukan kandang untuk beternak, sebaiknya kandang yg di gunakan yaitu sangkar dengan jari-jari yg halus.

Selain sangkar bambu,  biasanya para peternak kenari Memakai sangkar dari kawat kasa atau streamin. 
Untuk membuat sangkar ternak kenari dengan kawat kasa, sebaiknya menentukan kawat yg memiliki lapisan.
Kawat tanpa lapisan cenderung sanggup melukai burung kenari yg Anda ternakkan.

Kandang Ternak Kenari yg Paling Praktis
Beternak burung kenari tidak terlalu membutuhkan ruangan yg luas. Perkandangan yg di butuhkan pun tidak terlalu rumit dimana Anda Musti mengikuti desain sangkar dari para peternak burung kenari yg memiliki modal besar.

Berdasarkan pengalaman wiraternak sendiri dalam membuat kandang beternak kenari yg paling murah, yaitu Memakai sangkar gantung.

Memakai sangkar gantung untuk beternak burung kenari, produktifitasnya tidak jauh berbeda dengan Memakai sangkar besi atau sangkar yg Anda desain sendiri.
Disamping itu, dengan Memakai sangkar gantung, Anda tidak memuang banyak waktu untuk membuat sangkar ternak burung kenari.

supaya lebih rapi, sangkar gantung yg di gunakan sebagai sangkar ternak burung kenari, di tempelkan berjajar di tembok.
Dengan menempelkan berjajar di tembok, ruangan yg Anda gunakan sebagai ruang beternak burung kenari sanggup menampung jumlah sangkar yg lebih banyak di bandingkan dengan  menggantung sangkar tersebut.

Harga pasaran sangkar gantung berkisar antara 35ribu-45ribu per unitnya. Memakai sangkar gantung untuk beternak burung kenari sanggup menghemat anggaran pembuatan kandang.
Jika membuat sangkar ternak burung kenari dengan Memakai triplek atau kawat kasa/streamin, tentu bakal memakan dana lebih besar di banding Memakai sangkar gantung.


Kesimpulan
Kandang yaitu sarana utama dalam setiap wirausaha peternakan, begitu juga dalam peternakan burung kenari.
Membuat sangkar untuk beternak burung kenari tidak Musti mahal, tidak Musti mewah. yg menjadi tujuan utama dalam beternak burung kenari yaitu gimana kenari yg di ternak sanggup memperlihatkan produksi terbaiknya, sehingga laba maksimal sanggup di capai dalam wirausaha peternakan.


Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat






0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive