Home » , » Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples

Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples

trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples

Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
Saat bakal memulai budidaya kroto, beberapa peternak kroto pemula mengalami kesulitan dalam memindahkan koloni semut rangrang yg ada di dalam sarangnya untuk di masukkan ke dalam toples pemeliharaan.

Sebenarnya trik tercepat memindahkan koloni semut rangrang ke dalam toples sudah banyak yg mengetahui, hanya saja mungkin ada keterbatasan waktu untuk membuatkan pengalaman dalam memindahkan koloni semut rangrang ke dalam toples.

Memasukkan koloni semut rangrang ke dalam toples ada dua trik, yaitu dengan trik memagarkan semut rangrang pindah dengan sendirinya mencari tempat bersarang yg gres dan dengan trik memaksa semut rangrang untuk mau tinggal di dalam toples.

Dalam memindahkan koloni semut rangrang, wiraternak lebih sering Memakai trik yg kedua, yaitu dengan trik memaksa semut rangrang untuk pindah ke dalam toples.

Memasukkan semut rangrang ke dalam toples Memakai trik yg kedua bakal lebih menyingkat waktu. Terlebih apabila sarang semut yg di dapatkan dari hasil perburuan cukup banyak. Tentu bakal sangat memakan waktu bila memindah semut rangrang ke dalam toples Memakai trik pertama.

Memasukkan Koloni Semut Rangrang Ke Dalam Toples Hakikatnya Adalah Memaksa
Tidak sedikit peternak semut rangrang  yg terbiasa Memakai satu metode dalam memasukkan semut rangrang, kemudian menyampaikan bahwa Keliru satu trik memasukkan semut rangrang diatas ialah trik memaksa, dan bakal membuat semut rangrang tidak betah berada di dalam sarang barunya.

Walaupun kedua trik yg sudah di sebutkan di atas memiliki perbedaan metode memasukkan koloni semut, pada hakikatnya ialah sama, yaitu memaksa semut rangrang untuk bersarang di sebuah media yg belum pernah di gunakan menjadi sarang di habitat aslinya.

Tentu sangat tidak lazim apabila di sebuah pohon terdapat koloni semut rangrang yg bersarang di dalam toples.
Kalaupun di perkebunan tersebut sudah tidak ada dedaunan, dan hanya ada sebuah toples, kemungkinannya sangat kecil koloni semut rangrang bakal masuk dan bersarang ke dalam toples.

Setrik garis besar, trik memasukkan semut rangrang ke sarang yg barunya yaitu toples, atau botol air mineral, ialah trik yg sama-sama memaksa semut rangrang untuk bersarang di media yg tidak di kenalnya.

Jadi tidak perlu memperdebatkan memaksa atau tidak memaksa semut untuk bersarang, sebab hakikatnya ialah memaksa.

Kelemahan Dan Kelebihan Caranya Memindahkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
Dua trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples, tentu memiliki kelemahan dan kelebihan.
 
Dengan trik memagarkan semut rangrang pindah sendiri
Kelebihan:
Caranya yg pertama ini ialah semut berpindah sarang menurut harapan sendiri, tidak di paksa setrik ekstrim menyerupai pada trik yg kedua.
Dengan trik memagarkan semut rangrang pindah sendiri, tingkat stres semut tidak terlalu tinggi.

Kekurangan:
Kekurangan Memakai metode pemindahan semut rangrang dengan trik memagarkan semut rangrang untuk pindah sendiri ialah memakan waktu terlalu lama, dan apabila hasil perburuan banyak, bakal membutuhkan rak pemindahan yg banyak.

Semut rangrang yg berasal dari koloni yg berbeda, pohon yg berbeda, atau kawasan yg berbeda, cenderung saling menyerang antara satu koloni dengan koloni yg lainnya.
Sehingga untuk mengantisipasi pertarungan antar koloni ini bakal di butuhkan rak yg banyak untuk memindahkan semut dari sarang ke dalam toples.

Memasukkan semut ke dalam toples dengan trik memaksa semut rangrang trik memasukkan semut yg kedua ialah memaksa semut dengan trik memasukkannya ke dalam toples.

Kelebihan:
Waktu yg di perlukan untuk memasukkan semut ke dalam toples lebih singkat di bandingkan dengan trik yg pertama.

Kelemahan:
Tingkat stres lebih tinggi di bandingan dengan Memakai trik yg pertama. Tapi tingkat stres ini sanggup dengan cepat di redam dengan trik melaksanakan karantina selama dua hari.

Langkah-Langkah memasukkan semut rangrang ke dalam toples pemeliharaan.
Untuk memasukkan semut rangrang ke dalam toples pemeliharaan, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Metode Memindahkan semut rangrang dengan trik pindah sendiri:

Alat yg di perlukan:
  • Sarung Tangan
  • Tepung Kanji
  • Rak bertingkat
  • Toples
Caranya Memindahkan semut rangrang:
  1. Tempatkan toples pemeliharan semut rangrang pada rak paling atas.
  2. Ambil sarang semut yg di sanggup dari alam
  3. Letakkan sarang semut rangrang ke dalam rak kedua
  4. Rusak sarang semut rangrang dengan trik menyobeknya
  5. Setelah sarang semut rangrang di sobek, agarkan semut rangrang pindah ke
  6. dalam toples yg terletak di atasnya
  7. Setelah semut rangrang mau menempati toples, tempatkan toples tersebut pad rak karantina yg terdapat pada sangkar budidaya kroto yg sudah di siapkan sebelumnya.
 Metode Memindahkan semut rangrang dengan di paksa: 
Alat yg di perlukan:

  • Sarung Tangan
  • Tepung Kanji
  • Ember
  • Toples
  • Corong yg terbuat dari kertas
  • Gunting
  • Isolasi
trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
Peralatan untuk memindah semut rangrang kedalam toples

  1.  Lubangi toples sebagai sarana keluar masuknya semut rangrang.
    Lubang sebagai sarana keluar masuk semut
  2. Gunakan sarung tangan, apabila kesulitan mendapat sarung tangan, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji.
  3. Lumuri sisi bejana pecahan dalam Memakai tepung kanji, supaya semut tidak sanggup melarikan diri.
    trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
    Melumuri bejana pecahan dalam dengan tepung kanji
  4. Ambil sarang, tempatkan di dalam ember. Anda tidak perlu merasa takut bakal gigitan semut rangrang, bila tidak panik dan sudah terbiasa, gigitan semut rangrang bakal terasa biasa saja.
    trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
    Menempatkan sarang ke dalam ember
  5. Masih di dalam ember, bongkar sarang semut rangrang dengan Memakai gunting, potong satu persatu ranting atau daun yg di jadikan sarang oleh semut rangrang.Lepaskan daun yg menjadi sarang tersebut satu-persatu supaya sarang terbongkar.
  6. Setelah sarang terbongkar, bersihkan semut yg masih melekat pada daun yg di jadikan sarang oleh semut, bersihkan kotoran atau sampah yg terdapat dalam bejana hingga hanya tersisa semut, kroto dan ratu (apabila ada).
  7. Goyang-goyang bejana hingga koloni semut berkumpul menjadi satu.
  8. Siapkan corong yg terbuat dari kertas, dimana pecahan dalamnya sudah di lumuri tepung kanji. Tepung kanji bakal lebih memudahkan semut tergelincir dan masuk ke dalam toples.
    trik memasukkan semut rangrang ke dalam toples Caranya Tercepat Memasukkan Semut Rangrang Ke Dalam Toples
    Memasukan semut rangrang ke dalam toples.
  9. Masukkan semut yg berada dalam bejana ke dalam toples.
  10. Kemudian toples di tutup rapat.
Lubang-lubang pada toples sebagai keluar masuknya sarang, tutup Memakai isolasi selama 1-2 hari untuk mengkarantina semut rangrang yg gres di sanggup dari alam. Oleh karna  pada toples Musti di beri lubang ventilasi supaya semut tidak kehabisan udara dan mati.
Biasanya, saat semut kurang mendapat udara pada masa karantina, semut bakal terlihat lemas kemudian mati.
Setelah masa karantina satu hingga dua hari, kemudian isolasi yg menutup lubang keluar masuk semut tersebut.

Apabila lubang pada toples tidak di tutup, sering terjadi pertarungan antar koloni yg banyak menimbulkan tamat hidup pada semut rangrang.

Pada trik pemindahan dengan memasukkan semut rangrang ke dalam toples setrik alami atau mengikuti kemauan semut untuk pindah dan masuk ke dalam toples, bakal memakan rak lebih banyak dan waktu yg relatif lebih lama.
Bakal tetapi Anda kondusif dari gigitan semut rangrang.
Walaupun Anda kondusif dari gigitan semut rangrang pada awal beternak semut rangrang, Anda juga Musti ingat, saat semut rangrang dalam peternakan bakal di panen, Anda tetap Musti mencicipi manisnya gigitan semut rangrang..hehe..

Memasukkan semut rangrang ke dalam toples dengan Memakai trik yg kedua, Memakai sarung tangan tentunya lebih baik di bandingkan dengan tidak Memakai sarung tangan.
Bukan hanya untuk alasan mengantisipasi gigitan semut rangrang, tapi mengantisipasi tingginya kandungan asam yg terdapat pada cairan bekas gigitan semut rangrang.

Gigitan semut rangrang sebetulnya tidak perlu terlalu di khawatirkan, efek Setelah digigit itulah yg harusnya di antisipasi.
Bekas gigitan semut rangrang biasanya bakal meninggalkan bekas pada kulit, pada telapak tangan bakal menimbulkan kulit ari telapak tangan mengelupas.

Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive