Home » , » Memilih Murai Watu yg Baik Dan Berkarakter

Memilih Murai Watu yg Baik Dan Berkarakter


Tipsnya burung - Burung murai kerikil merupakan jenis burung kicauan favorit kicau mania di Indonesia, banyak jenis burung Murai yg dijual dan dipasarkan oleh penghobi maupun penjual burung di kios-kios maupun pasar burung.

Jenis murai yg banyak dijual di pasaran antara lain berupa Murai Medan dan Murai Borneo, biasanya Murai dijual dalam kondisi bakalan atau dapat juga trotolan. 
 Burung murai kerikil merupakan jenis burung kicauan favorit kicau mania di Indonesia Memilih Murai kerikil yg baik dan berkarakter
Murai batu

Jika Anda sedang ada rencana ingin membeli burung Murai bakalan, dan belum mengetahui jenis dan ciri Murai yg baik dan berkarakter kuat, alangkah baiknya menyimak terlebih dahulu ulasan Maknakel di bawah ini.

Ciri yg dapat Anda perhatikan dalam menentukan burung Murai yg baik dan bagus.

Perhatikan bab mata burung 

Pastikan burung Murai bakalan pada bab matanya higienis dan menatap tajam “melotot”,  selain matanya tajam, mata Murai bakalan juga terlihat jernih tanpa adanya bintik putih atau berair.
Jika bab matanya terlihat ada bintik putihnya pertanda burung sudah terkena tanda-tanda katarak dan dapat menyebar, sedangkan Jika matanya basah berMakna pertanda burung kekurangan gizi.

Bagian kaki Murai

Kicau mania penyuka burung Murai kebanyakan lebih menyukai burung dengan warna kaki hitam alasannya berdasarkan doktrin Kicau mania Jika burung berkaki hitam pertanda burung memiliki mental yg baik.

Bagian ekor Murai

Pilih burung dengan ekor yg panjang dan rapat namun tidak terlalu tebal, ekor burung Murai memang identik dan menjadi ciri khas dikala burung berkicau dan memainkan ekornya. Jangan menentukan burung dengan ekor yg bercabang alasannya pertanda burung dalam kondisi kesehatan yg kurang baik.

Warna bab bulu dada

Jika kebetulan ada, pilih lah burung Murai dengan warna bulu bab dada berwarna cenderung kekuningan. Burung dengan warna dada kekuningan dipercaya lebih Mudah berbunyi dan cepat jadi, dibandingkan dengan Murai dengan warna bulu kecoklatan.

Usia atau umur burung

Memastikan dan mengukur usia/umur burung tidak dapat hanya melihat sisik pada kaki, untuk lebih tepatnya Jika kita memperhatikan bab rongga mulutnya. Jika bab rongga mulutnya berwarna putih dan cerah maka pertanda burung masih berusia muda, sedangkan Jika bab rongga berwarna hitam maka burung sudah berusia dewasa.

Perilaku burung

Burung dengan mental baik dan berani, Jika sedang kita pegang dengan tangan maka burung bakal meronta berpengaruh dan mematuk tangan kita yg memegangnya.

Demikian ciri dan trik menentukan burung Murai bakalan yg dapat Sobat jadikan rujukan dan contoh sebelum bakal membeli burung Murai bakalan nantinya. Semoga memiliki kegunaan dan bermanfaat. Salam kicau.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive