Home » , » Jenis-Jenis Belibis Pedaging Lokal Primadona Peternak Bebek

Jenis-Jenis Belibis Pedaging Lokal Primadona Peternak Bebek

Permintaan bebek pedaging setiap kabupaten menyentuh angka seribu ekor setiap harinya. Bakal tetapi pasokan angsa pedaging dari peternak masih jauh dari kebutuhan pasar yg ada. Sementara ini kebutuhan suplai angsa pedaging masih di dominasi dari angsa petelur yg sudah memasuki masa afkir.

Mengandalkan pasokan daging angsa dari bebek petelur yg siap di jual sebagai angsa pedaging bakal membutuhkan waktu yg sangat lama, lantaran peremajaan angsa petelur pada umumnya dilakukan Saat angsa petelur sudah memasuk  usia 2.5-3 tahun, dimana sudah terjadi penurunan kemampuan produksi angsa petelur untuk menghasilkan telur.

Kuliner olahan daging angsa pada Saat ini sangat di minati oleh masyarakat. Daging angsa memiliki rasa yg jauh lebih gurih dibandingkan dengan daging ayam.

Daging bebek yg berasal dari angsa petelur memiliki tekstur yg lebih liat dibandingkan dengan daging angsa yg berasal dari angsa pedaging.
Ini di sebabkan lantaran usia angsa petelur yg di jadikan angsa pedaging tersebut sudah berusia di atas 2 tahun.

Sementara daging angsa yg berasal dari jenis bebek khusus pedaging, memiliki daging yg empuk dan tidak liat. Ini yg menimbulkan para pemilik perjuangan masakan lebih menentukan daging angsa yg berasal dari angsa pedaging yg di pelihara khusus untuk menghasilkan daging.

Selain lantaran teksturnya yg tidak liat, juga lantaran lamanya waktu dalam pengolahan lebih singkat lantaran dagingnya tidak liat.





Jenis-Jenis Bebek Pedaging
Untuk sanggup memaksimalkan laba dalam budidaya pembesaran angsa pedaging ini, kita Musti mengetahui jenis-jenis angsa pedaging yg memiliki pertumbuhan cepat dengan bobot sesuai target.




Berikut ini adalah  jenis-jenis itik pedaging yg banyak di pelihara oleh peternak angsa pedaging.

1. Bebek Lokal
 setiap kabupaten menyentuh angka seribu ekor setiap harinya Jenis-Jenis Bebek Pedaging Lokal Primadona Peternak Bebek
Tingginya seruan pasar dan murahnya harga DOD jantan mengakibatkan angsa lokal ini paling banyak di pelihara oleh peternak angsa pedaging.

Bebek lokal memang bukan jenis angsa pedaging murni, konversi ransum yg tinggi,membuat para peternaknya kewalahan memelihara jenis ini lantaran bobotnya yg cukup sulit dikejar dan memerlukan waktu lebih usang dibandingkan dengan angsa pedaging dari jenis yg lain.

Dalam peternakan angsa pedaging lokal, banyak peternak yg menerapkan pemeliharaan setrik tradisional, di sebabkan oleh tingginya konversi ransum yg tentu bakal menunjukkan laba yg tipis bagi peternak angsa pedaging lokal tersebut.
Kecuali peternak yg bersahabat dengan sumber daya makanan yg melimpah, mereka berani Memakai metode peternakan setrik intensif.

Jenis-jenis angsa lokal yg populer ialah angsa Tegal, angsa Mojosari, angsa Solo, angsa Indramayu dan angsa Alabio.

2. Bebek Peking
 setiap kabupaten menyentuh angka seribu ekor setiap harinya Jenis-Jenis Bebek Pedaging Lokal Primadona Peternak Bebek
Bebek yg berasal dari Peking China dimana bulunya di dominasi warna putih dengan paruh dan kaki berwarna kuning, memiliki pertumbuhan yg sangat cepat. Sekilas angsa peking ini seakan-bakal dengan mentok.

Bebek peking merupakan Keliru satu angsa pedaging unggulan, dengan pencapaian bobot yg relatif lebih cepat, dalam waktu 45 hari angsa ini sanggup mencapai berat 1.3kg.

Bebek peking juga di kenal memiliki ketahanan tubuh yg lebih anggun terhadap serangan penyakit.
Harga jual yg bagus, membuat harga DOD ini memiliki harga yg berbeda dengan DOD angsa pedaging lainnya.

Metode pemeliharaan angsa peking sama dengan metode pemeliharaan angsa pada umumnya.
Tidak ada perlakuan khusus lantaran angsa peking yg di pelihara kini ini ialah merupakan angsa yg sudah menyesuaikan diri dengan kondisi alam Indonesia.

3. Bebek Pedaging MA Atau Bebek Raja
 setiap kabupaten menyentuh angka seribu ekor setiap harinya Jenis-Jenis Bebek Pedaging Lokal Primadona Peternak BebekLambatnya pertumbuhan  bebek lokal pejantan untuk di jadikan angsa pedaging, membuat banyak sekali kalangan melaksanakan persilangan angsa lokal dari banyak sekali daerah.

Persilangan antara banyak sekali jenis angsa ini bertujuan untuk sanggup menemukan jenis angsa gres yg sanggup memiliki produktifitas tinggi.

Seperti penelitian yg di lakukan oleh Balai Penelitian Ternak (BALITNAK) Ciawi Bogor pada tahun 1996.
Dari penelitian ini menghasilkan bebek hibrida (lebih di kenal Bebek MA) yg merupakan persilangan antara bebek Mojosari dengan Bebek Alabio.
Bebek MA jantan di kenal dengan "bebek Raja" sedangkan bebek MA betina lebih di kenal dengan "Bebek Ratu"

Ciri-cici bebek  MA
-Itik Raja (MA Jantan)
   DOD     : Berwarna Hitam.
   Dewasa : Berwarna cokelat kehitaman dengan bulu suri sayap biru kehitaman.

-Itik Ratu (MA Betina)
   DOD     : Berwarna cokelat.
   Dewasa : Berwarna cokelat kemerahan.

Berikut ini ialah kualitas produksi dari angsa MA.
MA Raja (Jantan) :
1. Umur potong dicapai kurang lebih 6 minggu.
2. Bobot tubuh rata-rata 1.370 gram.
3. Karkas rata-rata 62,2 %.
4. Rasio konversi pakan 2.14.

MA Ratu (Betina)
1. Produksi telur rata-rata pertahun 250 butir atau 71%.
2. Produksi 50 % dicapai dalam kurun waktu 7 Bulan.
3. Produksi 80 % dicapai dalam kurun waktu 8 Bulan.
4. Puncak produksi mencapai 93,7%
5. Rasio konversi pakan 3.1.
6. Berat telur 69,7 gram.

4. Bebek PMp

 setiap kabupaten menyentuh angka seribu ekor setiap harinya Jenis-Jenis Bebek Pedaging Lokal Primadona Peternak BebekBebek PMp merupakan bibit angsa tipe pedaging yg juga sedang dikembangkan oleh Balai Penelitian Ternak di Ciawi-Bogor.
Bebek PMp merupakan angsa hasil persilangan dari Bebek Peking dan Bebek Mojosari Putih.

PMp sendiri merupakan akronim dari Peking dan Mojosari putih.

Kelebihan Bebek pedaging jenis inin sanggup menghasilkan karkas ukuran sedang ataupun besar dengan kualitas daging itik yg tinggi.

Bebek PMp Jika dikawinkan dengan entog jantan bakal menghasilkan Bebek Serati dengan kualitas yg lebih anggun di bandingkan dengan Bebek Serati pada umumnya.
Pada umur 10 minggun, Bebek serati dari hasil persilangan ini memiliki bobot  tubuh rata-rata 3 kg


Untuk sanggup meraih laba yg maksimal dalam peternakan angsa pedaging, pemilihan jenis angsa yg bakal di pelihara memiliki efek yg besar.
Karena menyangkut masa panen dan konversi ransum dalam peternakan tersebut.

Salam sukses peternakan,
Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive