Home » » Mengenal Pleci Auriventer

Mengenal Pleci Auriventer

Sampai Saat ini Kissawa dan pecinta burung pleci atau burung mata putih telah mengenal beberapa jenis burung pleci, mulai dari pleci dada kuning atau Pleci Malang, Pleci Auriventer, Pleci Buxtoni maupun Pleci Montanus. Namun bagi pecinta pleci pemula mungkin belum sepenuhnya mengenal jenis burung pleci, oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini saya bakal memperkenalkan ciri ciri burung Pleci Auriventer yg lebih dikenal dengan MP - Mata putih di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
Pleci Auriventer

Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer) | Pleci auri memiliki ukuran badan lebih besar, dengan warna badan bab bawah abu-abu pucat dan badan bab atas bewarna lebih kekuningan.

Perbedaan yg lebih terang dapat dilihat dari bentuk lingkar matanya yg lebih tebal dan agak melebar daripada pleci buxtoni. Adapun iris matanya berwarna cokelat.

Pleci auri lebih sering dijumpai di tempat pesisir pantai, terutama pada hutan bakau (mangrove). mereka hidup bersama dalam koloni kecil, sekitar 2 – 6 ekor, dan langka mau bergabung dengan kelompok pleci lainnya. Tanjung pinang merupakan tempat yg sangat banyak lokasi mangrovenya lantaran merupakan tempat pesisir bahari dan banyak pantainya.

Pleci auri memiliki wilayah persebaran mulai dari ujung selatan Myanmar, pantai barat Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, sampai wilayah pesisir pantai timur Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Kepulauan Natuna Selatan, dan Kalimantan.

Suara kicauan pleci auri lebh ngebass, baik bunyi panggilan (call) maupun bunyi kicauan (song). Sekilas terdengar seakan-bakal dengan kicauan pleci dada kuning.

Melihat wilayah persebaran tersebut, masuk akal Jika pleci auri banyak dipelihara dan dilombakan para plecimania di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain itu, auri dikenal memiliki mental yg sangat baik Jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya. Mental ini sangat sesuai dengan sikap auri yg gemar menjelajah tempat -tempat baru.

Melihat harga pasarannya, pleci auriventer sepertinya menempati urutan teratas untuk kelas burung pleci, bila pleci malang dihargai 50rb per ekor maka auriventer dapat diatas 150rb per ekornya. Namun demikian ada baiknya kita tetap menjaga kelestarian burung ini, lantaran selain memelihara kita juga punya kewajiban menjaga kelestariannya semoga tidak punah.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive